Hampir semua orang di dunia ini sangat suka bernyanyi. Bahkan, ada yang mempercayai bahwa dengan bernyanyi mampu mengembalikan otak menjadi lebih kreatif dan membuang kebosanan.

Namun, nggak semua orang memiliki akses untuk menyewa ruang karaoke untuk bernyanyi setiap waktu. Itulah sebabnya, ada banyak aplikasi karaoke yang bermunculan di internet seperti gambar yang di bawah ini.

duet karaoke online

Baik di PC, laptop, maupun smartphone. Semuanya memiliki akses untuk mengunduh aplikasi karaoke yang dijamin seru untuk bernyanyi sendirian maupun duet bersama teman yang lainnya.

Apa saja aplikasi karaoke tersebut? Mari kita simak satu persatu di bawah ini.

5 Aplikasi karaoke PC dan laptop gratis dan menyenangkan

PC dan laptop nggak hanya berfungsi sebagai alat untuk bekerja, ada pula beberapa aplikasi yang berguna untuk mencari hiburan, salah satunya adalah aplikasi karaoke PC dan laptop.

1. KaraFun

aplikasi karaoke pc dan laptop - karafun

Bukan hanya sekedar aplikasi pemutar musik, KaraFun adalah aplikasi karaoke untuk PC dan laptop yang saat ini paling populer dibandingkan yang lainnya.

Ada jutaan playlist yang bisa kamu unduh dan nyanyikan bareng bersama teman-teman. Saya biasanya memainkannya di dalam aplikasi versi desktop. Namun, kalau kamu nggak mau instal KaraFun, KaraFun pun bisa dimainkan secara online melalui peramban (browser).

Menggunakan KaraFun pun kamu bisa mengatur chord dan tempo pada musik yang sedang kamu jalankan.

2. Karaoke 5

aplikasi karaoke pc dan laptop - karaoke 5

Lebih daripada KaraFun, Karaoke 5 adalah aplikasi karaoke untuk penyanyi dan mixer yang profesional. Jadi, di dalam Karaoke 5 kamu bisa mengatur seluruh tempo, memodifikasi lirik, chord dan apapun yang terjadi di dalam musik tersebut.

Karena ini adalah aplikasi karaoke profesional, maka nggak heran jika tampilannya sedikit lebih rumit daripada aplikasi lainnya. Tapi, dijamin kamu pasti akan mendapatkan fitur yang sangat lengkap untuk bernyanyi dan membuat lagu.

3. Advanced Karaoke Player

aplikasi karaoke pc dan laptop - advanced karaoke player

Advanced Karaoke Player adalah aplikasi pemutar karaoke yang memungkinkan kamu memasukkan konten media seperti video, file musik yang disimpan di komputer atau CD, dan DVD.

Aplikasi karaoke PC yang satu ini bisa menjadi solusi yang sangat efektif untuk menghibur diri dan keluarga. Penggunaannya pun sangat mudah karena tampilannya yang mudah untuk dipahami dibandingkan aplikasi karaoke lainnya.

4. MiniLyrics

aplikasi karaoke pc dan laptop - MiniLyrics

Aplikasi karaoke offline selanjutnya adalah MiniLyrics. Aplikasi yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi pemutar musik lainnya seperti iTunes, Winamp, dan Windows Media Player jadi bisa menampilkan lirik dari berbagai musik yang kamu mainkan.

MinyLyrics bisa kamu mainkan di laptop dengan sistem operasi Windows maupun Mac. Jadi, sudah pasti akan kompatibel dengan laptop yang kamu miliki.

5. CDG Plug-in for Winamp

aplikasi karaoke pc dan laptop - CDG Plug-in for Winamp

Masih ingat dengan aplikasi pemutar musik bernama Winamp? Aplikasi pemutar musik ini memang sangat populer pada zamannya. Bahkan, kerap dijadikan sebagai aplikasi wajib diinstal pada laptop.

Nyatanya, banyak yang nggak sadar bahwa ternyata Winamp punya Plug-in, semacam alat, yang membuat kamu bisa menampilkan lirik dari berbagai musik yang dimainkan.

Sekarang kamu masih punya Winamp nggak?

4 Aplikasi karaoke terbaik di Android online dan offline

Kamu nggak punya PC dan laptop? Hanya punya smartphone Android? Jangan khawatir, di Google Play Store juga setidaknya punya 5 rekomendasi aplikasi karaoke yang menurut saya pribadi paling oke dan wajib kamu coba salah satunya.

1. Sing! Karaoke by Smule

aplikasi karaoke android - smule

Sing!, sebuah aplikasi karaoke yang dikembangkan oleh Smule ini sangat populer di jajaran pengguna smartphone dan para konten kreator yang mengcover lagu hanya mengandalkan satu buah smartphone dan suara yang cukup bagus.

Sing! Sendiri sebenarnya lebih akrab disebut dengan aplikasi karaoke Smule. Selain karena Smule-lah developernya, kerap kali ada watermark berupa logo Smule di dalam setiap hasil rekaman karaoke yang pengguna kirimkan di sosial media.

Semua jenis lagu, dan genre ada di dalam aplikasi ini, sangat cocok buat kamu yang suka explore lagu baru dan menginginkan suara yang bisa dipoles. Ya, bisa dipoles.

Smule menyediakan fitur yang membuat kamu leluasa untuk mengubah suara kamu menjadi lebih keren dari biasanya.

KeteranganSmule: Aplikasi Karaoke dan Video ke Sosial
Ditawarkan OlehSmule
Ukuran81 MB
Jumlah Instal100.000.000+
Perlu Sistem Operasi5.0 dan yang lebih tinggi
Produk dalam AplikasiRp 200 – Rp 1.538.346 per item
Ulasan3.9/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

2. Wesing

aplikasi karaoke android - wesing

Aplikasi karaoke android online yang kedua adalah Wesing. Layaknya aplikasi karaoke Sing! Karaoke by Smule, Wesing pun dapat digunakan untuk berdua bersama teman kamu secara online.

Terdapat ratusan ribu album, musik dan band yang terdaftar di Wesing dan dapat kamu mainkan sendiri maupun bersama teman. Bahkan, dengan artis favorit kamu sekalipun.

Uniknya, Wesing memiliki event juga yang berhadiahkan uang tunai. Jadi, selain menyalurkan bakat dan hobi, di Wesing kamu bisa mendapatkan uang.

KeteranganKaraoke Nyanyikan & Rekam musik – WeSing Menyanyi
Ditawarkan OlehTencent Music Entertainment Hong Kong Limited
Ukuran40 MB
Jumlah Instal50.000.000+
Perlu Sistem Operasi4.1 dan yang lebih tinggi
Produk dalam AplikasiRp 12.000 – Rp 990.000 per item
Ulasan4.5/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

3. Yokee

aplikasi karaoke android - Yokee

Aplikasi karaoke offline dan online di Android selanjutnya adalah Yokee dengan judul di Google Play Store adalah Karaoke – Bernyanyi Karaoke, Lagu Tak Terbatas.

Semua lagu dan lirik yang disediakan bisa kamu mainkan secara gratis tanpa harus subscribe terlebih dahulu.

Fitur utama dari Yokee sendiri adalah “Nyanyi, Rekam, dan Bagikan”. Jadi, kamu berkaraoke sendiri secara offline, sambil merekam, dan kalau kamu cukup PD dengan hasilnya, kamu bisa membagikannya langsung di berbagai channel sosial media, seperti Facebook, Instagram maupun Twitter.

KeteranganKaraoke – Bernyanyi Karaoke, Lagu Tak Terbatas
Ditawarkan OlehYokee™
Ukuran34 MB
Jumlah Instal50.000.000+
Perlu Sistem Operasi5.0 dan yang lebih tinggi
Produk dalam AplikasiRp 12.000 – Rp 1.439.620 per item
Ulasan4.0/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

4. SingPlay

aplikasi karaoke android - singplay

Layaknya ketiga aplikasi karaoke Android sebelumnya, SingPlay pun bisa kamu gunakan sebagai alat untuk berkaraoke di smartphone. Kelebihannya adalah kamu bisa memainkannya tanpa menggunakan koneksi internet sama sekali.

Meskipun begitu, SingPlay nggak kalah juga dengan aplikasi karaoke Android lainnya, terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, seperti pengaturan tempo, mengurangi volume dari suara vokal asli, dan pengaturan pitch kurang lebih 4x.

KeteranganSingPlay: Karaoke your MP3
Ditawarkan OlehKineMaster Corporation
Ukuran25 MB
Jumlah Instal10.000.000+
Perlu Sistem Operasi4.4 dan yang lebih tinggi
Produk dalam AplikasiRp 11.000 – Rp 68.000 per item
Ulasan3.7/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

###

Itu dia 5 dan 4 aplikasi karaoke yang bisa kamu mainkan di laptop, PC dan Android. Semuanya bisa kamu unduh secara gratis. Beberapa diantara perlu subscribe untuk mendapatkan fitur yang lebih menarik.

Sudah siap untuk menyalurkan bakat dan hobi kamu? Tunggu apalagi, download salah satu yang menurut kamu paling menarik dan mainkan bersama teman-teman kamu.

Ada aplikasi karaoke lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Penikmat film. Pembaca buku. Penulis.

Write A Comment