Para jomblo yang sedang mencari jodoh sejatinya, kerap bingung jika berhadapan dengan seorang lawan jenis yang membuat hati berdebar hingga muncul pikiran, “apakah dia ciri-ciri jodoh aku?”.

Urusan jodoh memang kerap menjadi pelik karena dekat urusannya dengan mencari pasangan sehidup semati. Tidak ada yang menginginkan pernikahan lebih dari kali dalam hidup.

Untuk itulah, kenali 10 ciri-ciri jodoh berikut ini untuk memastikan pasangan yang saat ini menjalin hubungan denganmu dapat menemani sisa perjalanan hidupmu hingga di surga kelak.

10 Ciri-ciri Jodoh Sejati Dalam Hidup Kamu

Dari berbagai sumber terpercaya, berikut inilah 10 tanda-tanda bahwa pasangan kamu saat ini adalah jodoh dalam hidupmu.

1. Membuatmu Semakin Dekat dengan Tuhan

Jodoh adalah seseorang pasangan yang akan membuatmu selalu memperbaiki diri dan mendekatkan dirimu kepada sang Pencipta.

Dia adalah orang yang akan membuatmu sadar akan kehidupan ini. Kehidupan yang sudah diatur garis jalannya oleh Tuhan.

Jika seseorang yang saat ini dekat dengan hidupmu, bisa jadi dia adalah seorang yang akan menjadi jodohmu dan menemanimu sepanjang masa. Inilah sinyal jodoh dari Tuhan.

Gunakanlah perasaanmu ketika tiba-tiba hidupmu menjadi dekat dengan Tuhan karenanya. Jangan pernah sia-siakan momen ini hanya karena dirimu kurang peka terhadap apa yang sedang terjadi saat ini.

2. Ada Dorongan untuk Memperbaiki Diri

Menurut psikolog, seseorang yang membuat dirimu senantiasa untuk memperbaiki diri, baik dalam dunia maupun akhirat, kelak dia akan menjadi jodohmu.

Hal ini terjadi karena sinyal kuat dari dalam dirimu yang ingin menjadi lebih baik dan lebih dewasa dari pasanganmu saat ini.

Menata kehidupan, memperbaiki finansial, merapihkan ibadah hingga hal-hal kecil lain akan mendapatkan perhatian besar ketika kamu sedang berhadapan dengan jodohmu.

Tidak ada sama sekali jodoh yang akan membuat dirimu semakin buruk, terpuruk dan terancam.

3. Saling Menerima Apa Adanya dan Memahami

Jodohmu adalah dia seorang yang mau menerima kamu apa adanya tanpa memerhatikan segi duniawi lain dalam dirimu.

Dan kalian merupakan jodoh sejati jika saling memahami satu sama lain jika dalam kehidupan sehari-harimu selalu tidak pernah saling membantah opini.

saling menerima dan memahami

Dalam kehidupan nyata, mungkin kamu akan berseberangan pendapat. Kamu berpendapat bahwa A benar, dan dia berpendapat bahwa B benar.

Namun, pada akhirnya kalian akan paham bahwa itu hanyalah pendapat yang tidak ada salahnya dan tidak ada benarnya. Sekalipun itu adalah semua masalah yang harus cepat diselesaikan, kalian paham bahwa kedua pendapat tersebut akan menjadi solusi bila ditemukan mufakatnya.

4. Membuat Hati Tenang Saat Bersamanya

Ciri-ciri jodoh dalam islam juga sudah dijelaskan di dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21, yang artinya, “…Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang…,”.

Sudah jelas dalam kutipan Surat Al-Quran tersebut bahwa seorang jodoh akan dipertemukan kepada kamu untuk membuat hatimu menjadi lebih tenang dan tentram.

Meskipun dalam keadaan yang membuatmu harus berdebat dengannya, tapi kalian sama-sama paham bahwa pasangan kamu adalah tempat terbaik untuk kembali dan merasakan ketenangan hati yang sebenarnya.

5. Merasa Cukup

Lihatlah dirimu saat ini yang sedang berpasangan dengannya. Apakah kamu merasa puas dan cukup untuk berpasangan dengannya? Jika iya, ini adalah pertanda dia adalah jodohmu.

Karena, siapapun orangnya yang sudah bertemu dengan pasangan yang mampu menenangkan hati, bisa saling menerima, dan mampu memahami, mereka akan cenderung berhenti untuk mencari pasangan lainnya.

Tidak ada yang bisa mengalahkan besarnya kekuatan sinyal jodoh kalian meskipun dihadapkan pada keadaan yang sulit.

6. Pihak Keluarga Saling Menerima dan Merestui

Tidak ada yang salah dengan ciri-ciri jodoh keenam ini. Apapun kondisi dan siapapun orangnya, jika orang tua dari salah satu pihak ada yang tidak merestui, sebaiknya urungkan niat pernikahanmu.

Karena, jodoh bukan hanya tentang menikahi pasanganmu saja. Jodoh adalah tentang menikahi dia dan keluarganya.

Tapi, kamu tidak boleh menyerah jika sampai saat ini rasa sayangmu kepadanya masih sangat besar. Besarkan semangatmu untuk mendapatkan restu dari orang tuanya.

Lakukan segala macam cara (yang benar) untuk mendapatkan hati orang tuanya. Jangan pernah lelah untuk bisa membuktikan bahwa dirimu layak untuk menjadi pasangan sejatinya.

7. Saling Menjaga Satu Sama Lain

Selanjutnya adalah ciri-ciri bahwa kalian saling menjaga satu sama lain. Menjaga dalam hal selalu berada di jalan yang benar. Menjaga dalam hal kebaikan, kesehatan dan ketentraman.

Kalian akan senantiasa selalu mengingatkan diri untuk tetap tidak terjerumus dalam sesuatu yang buruk, dan sesat.

Bila hal ini sudah terjadi padamu, perhatikanlah dengan baik bahwa dia adalah jodohmu di hidup ini.

8. Punya Banyak Kemiripan

Banyak orang bilang, ciri-ciri jodoh punya wajah yang mirip, mulai dari rambut, bentuk muka, hidung, mulut dan semuanya.

punya banyak kemiripan

Apakah ini memang benar? Tentu beberapa psikolog ada yang menyatakan bahwa hal ini benar.

Tapi, sesungguhnya jodohmu tidak hanya diukur dari seberapa mirip wajah kalian berdua.

9. Satu Tujuan

Jika cita-cita, harapan, dan tujuan dalam hidup kalian memiliki kesamaan, bisa dipastikan bahwa kalian memang benar-benar jodoh.

Untuk saling memahami apa yang menjadi tujuan hidup pasanganmu, sebaiknya ajaklah dia untuk berdiskusi dan bercerita dengan lebih serius.

Bawalah ke suasana yang tenang, damai dan asik untuk mengobrolkan cita-cita masing-masing. Pastikan bahwa kalian punya visi yang sama.

10. Dimantapkan Setelah Solat Istikharah

Urusan jodoh, semua sudah diatur oleh Tuhan. Manusia memiliki kekuasaan untuk mencari, meminta dan berdoa kepada Tuhan untuk memantapkan hatinya meminang seorang pasangan.

Salah satu jalan yang paling efektif dalam islam untuk memantapkan bahwa pasanganmu adalah jodohmu adalah melalui solat Istikharah.

Bagi yang belum tahu, sholat Istikharah adalah solat sunnah yang dianjurkan dilakukan untuk memohon petunjuk kepada Tuhan mengenai keputusan dalam hidup yang akan dilakukan.

Dalam hal ini termasuk memutuskan memilih jodoh dari pasangan yang sekarang sedang menjalani hidup bersama.

Kesimpulan

Rejeki, mati dan jodoh ada di tangan Tuhan. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha dan berdoa untuk segera diberi petunjuk mengenai ciri-ciri jodoh kita.

Tidak ada yang salah untuk selalu berdoa dapat jodoh secepatnya, dan berusaha mencari pasangan melalui apapun caranya.

Karena, jodoh tidak selalu dipertemukan dalam keadaan yang sempurna. Jodoh bisa dipertemukan dalam keadaan apapun, kapanpun dan dimanapun.

Author

Ibu rumah tangga. Penikmat film.

Write A Comment