Setiap bisnis maupun usaha rumahan membutuhkan content creator untuk membuat iklan yang mampu menarik perhatian masyarakat semaksimal mungkin.

Apalagi, di dunia yang serba digital ini, hampir semua pengguna internet cenderung akan memutuskan untuk menjadi pengguna/pembeli dari produk/jasa yang dipromosikan dengan menggunakan konten yang menarik.

Inilah alasan kutipan semacam ini menjadi sangat familiar dan medunia,

“Content is the king,”.

Namun, sudahkah kamu tahu apa itu content creator? Siapa orang yang bertugas menjadi content creator? Bila sudah ketemu, apa sebenarnya tugas dan fungsinya dalam sebuah bisnis? Mari kita ulas lebih dalam melalui artikel berikut ini.

Apa itu Content Creator?

Content creator adalah orang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang dipublikasikan ke publik yang umumnya bisa diakses secara online, baik melalui website, sosial media maupun berita.

Informasi tersebut berupa konten dengan format artikel blog, foto, video, ebooks, infografik ataupun yang lainnya. Informasi inilah yang akan menjadi pesan yang akan disampaikan kepada publik dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya, baik edukasi, hiburan maupun promosi produk.

Terlepas dari apa nama brand yang akan digunakannya, content creator adalah individu yang menciptakannya. Contoh content creator bisa dilihat pada Youtube milik Andre Taulany, belum tentu Andre-lah yang menjadi content creator-nya, melainkan setiap orang yang menciptakan ide konten videonya.

Umumnya, content creator dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dari berbagai industri, mulai dari fashion, kuliner, teknologi hingga ekonomi. Perusahaan pun secara umum akan mencari content creator yang mampu beradaptasi dengan cepat mengenai apa yang sekarang menjadi trending topik di internet.

Tanggung Jawab dan Tugas Content Creator

tugas content creator

Sudah jelas bahwa tugas content creator cukup berat, mengingat dia adalah orang yang masuk ke dalam departemen marketing. Tugasnya tentu untuk men-deliver strategi digital marketing yang sudah ditentukan ke arah yang tepat.

Tidak heran kalau content creator juga membutuhkan sumber daya untuk belajar digital marketing, terutama pada bagian social media marketing (SMM) dan content marketing. Bila perlu, punya sertifikasi digital marketing di dua bidang ini.

Lalu, apa tugas content marketing selengkapnya? Daftar di bawah ini mempunyai jawabannya.

1. Membuat Konten yang Orisinal

Setiap bisnis yang ingin menjangkau target market lebih banyak membutuhkan konten orisinal yang bisa dinikmati oleh mereka.

Tugas dan tanggung jawab ini dipegang penuh oleh content creator. Sehingga, dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar mampu menciptakan konten yang tidak asal copy paste atau membuat konten yang sudah pernah dipublikasikan di waktu sebelumnya.

2. Membuat Konten yang Unik

Untuk mendapatkan perhatian dari calon pengguna/pembeli, konten yang bersifat mempromosikan produk sangat direkomendasikan untuk lebih unik dibandingkan yang lainnya.

Bagaimana dengan konten yang tidak unik? Tentu, calon pengguna/pembeli sama sekali tidak akan tertarik, mengingat konten tersebut yang bisa jadi sudah pernah mereka lihat di kesempatan yang lalu.

Unik disini tidak selalu tentang out of the box dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh siapapun. Unik disini maksudnya adalah mampu menarik perhatian calon pengguna/pengunjung minimal membuatnya mendapatkan likes, dan komen yang lebih tinggi.

3. Membuat Pesan Bersifat Ajakan yang Paling Persuasif

Persuasif adalah kalimat yang bersifat mengajak, membujuk, atau mempengaruhi audiens agar mau melakukan sesuatu seperti yang disampaikan.

Hanya sedikit perusahaan dan pebisnis yang ingin menyampaikan pesan tanpa memikirkan ulang apa tindakan yang seharusnya dilakukan oleh audiens setelah melihatnya.

Kalimat ajakan tersebut bisa berupa ajakan untuk membeli produk, memesan jasa, membagikan artikel, menyukai postingan, dan subscription. Saya ambil contoh kalimat persuasif yang saat ini sedang terjadi di Indonesia dari Aqua melalui gambar di bawah ini.

iklan persuasif dari aqua

Billboard unik ini menyimpan makna dan pesan kepada masyarakat di Indonesia untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu untuk memutus rantai Covid-19. Bagi saya, iklan ini sangat persuasif dan menarik.

4. Membangun Branding yang Konsisten dan Profesional

Konten bisa dibilang sebagai wajah dari sebuah bisnis dan perusahaan di mata masyarakat. Wajah inilah yang akan menjadi branding dari bisnis tersebut.

Mengingat betapa pentingnya brand awareness di mata masyarakat, konten haruslah diciptakan dengan konsisten. Bilamana bisnis yang dipegang olehnya memiliki citra yang gembira dan dekat dengan pengguna, maka harus dipastikan konten yang dibuat sehari-hari tetap mencitrakan 2 hal itu.

Menurut saya, Hotman Paris adalah seorang pengacara dan content creator yang mampu menyampaikan pesan dengan konten yang selalu konsisten dan profesional sesuai citranya di masyarakat Indonesia.

5. Membuat Strategi Konten

Pada tahap tertentu, content creator memiliki tugas untuk mengelola strategi konten yang akan dipublikasikan. Hal ini sebagai salah satu bentuk dukungan dari strategi digital marketing yang lebih luas.

Tips Menjadi Content Creator

Ada seribu jalan untuk menjadi content creator yang banyak dicari. Tapi, sebelum memutuskan untuk menjadi salah satu orang yang mengambil profesi ini, alangkah baiknya kamu mengetahui 8 cara menjadi content creator berikut ini.

  1. Punya kreativitas tinggi
  2. Rasa penasarannya tinggi
  3. Selalu update dengan industri terkait
  4. Mampu melakukan analisa
  5. Dapat berkomunikasi dengan baik
  6. Punya pengusaan bahasa Indonesia dan Inggris yang baik
  7. Bisa mempelajari target market / target audience
  8. Mampu mempertahankan citra brand dengan apik
  9. Punya dasar manajemen waktu

Itulah dia seputar content creator, mulai dari pengertian, tugas, tanggung jawab, skill yang harus dimiliki hingga tips yang direkomendasikan agar menjadi content creator.

Karena, jika profesi ini diambil oleh orang yang tepat, maka akan sangat menguntungkan bagi perusahaan dan bisnis tempat dia bekerja. Dia akan menjadi orang yang paling kreatif untuk menemukan konten baru yang tentunya selaras dengan tujuan perusahaan.

Sekian dari saya, semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa share dan likes artikel ini. Bila kamu punya sudut pandang lain tentang definisi content creator, silahkan diskusikan bersama di kolom komentar.

Author

Penikmat film. Pembaca buku. Penulis.

Write A Comment