Selama menjalani hidup, kita bertemu dengan banyak orang yang beberapa diantaranya menginspirasi, membahagikan, bahkan membuat jantung berdebar-debar. Jodoh bisa ditemukan dimanapun, dan kapanpun dengan skenario Tuhan yang tidak terduga. Sebagai manusia, kita hanya bisa berusaha sambil berdoa terhadap apa yang sudah ditentukan oleh Tuhan.

Saat ini, banyak orang tidak hanya menginginkan sebuah cinta. Mereka menginginkan cinta belahan jiwa yang akan menemani hidup sampai ke surga.

Salah satu bagian terpenting dari perjalanan mencari jodoh sejati adalah doa mendapatkan jodoh beserta amalan-amalan yang harus dilakukan. Apa saja doa dan amalan tersebut? Ini dia jawabannya.

6 Doa Agar Mendapatkan Jodoh Sejati dengan Cepat

Tidak lepas dari sebuah usaha, doa adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Berikut ini kumpulan doa mendapatkan jodoh.

1. Surat al-Furqan ayat 74

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallażīna yaqụlụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqīna imāmā

Artinya: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Bagi sebagian pria jomblo yang sedang aktif mencari jodoh, doa ini paling sering dilafalkan seusai melaksanakan salat Wirid. Tapi, tidak menutup dibolehkannya melafalkan doa ini setelah 5 salat wajib setiap hari.

Di antara sifat-sifat hamba Allah ialah mereka selalu bermunajat dan memohon kepada-Nya agar dianugerahi keturunan yang saleh dan baik. Istri dan anak-anaknya benar-benar menyenangkan hati dan menyejukkan perasaan karena keluarga mereka terdiri dari orang-orang yang saleh dan bertakwa kepada Tuhan.

2. Surat al-Anbiya ayat 89

وَزَكَرِيَّآ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗ رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

Surat al-Anbiya ayat 89 berawal pada jaman Nabi Muhammad SAW bertemu dengan Zakaria, seorang rasul yang sedang terus berusaha dan berdoa selama puluhan tahun kepada Tuhan agar dikaruniai seorang keturunan.

3. Surat al-Baqarah ayat 201

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

rabbanā ātinā fid-dun-yā ḥasanataw wa fil-ākhirati ḥasanataw wa qinā ‘ażāban-nār

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.

Doa ini termasuk ke dalam doa sapu jagat yang mana dipanjatkan oleh seorang hamba kepada Tuhan untuk memperoleh kebajikan dunia dan akhirat sekaligus memantapkan langkah hamba dalam berupaya meraih kebajikan itu.

Bahkan, dalam suatu cerita yang ditulis di dalam buku Membumikan Al-Qur’an (1999) karya Quraish Shihab, diceritakan ketika Nabi Muhammad SAW melakukan iktikaf sepuluh hari dan malam terakhir bulan puasa, doa ini merupakan doa yang paling banyak beliau panjatkan.

4. Doa Mencari Jodoh dari Pihak Laki-laki yang Sedang Mencari Perempuan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddini waddunyaa walaakhiroh.

Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dan sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.

Bagi semua pria, lafalkankah doa ini dimanapun kamu berada, sebelum maupun sesudah menunaikan salat, ataupun di sela-sela sibuknya bekerja untuk mencari tabungan biaya nikah nanti. Jangan lupa untuk tetap menunaikan kewajiban salat 5 waktunya.

5. Doa Mencari Jodoh dari Pihak Perempuan yang Sedang Mencari Laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهَ وَأَتَزَوَّجُ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya: Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.

Di sela-sela belajar, bekerja, ataupun urusan dunia lainnya, usahakanlah untuk tetap mengingat kewajiban kamu sebagai seorang muslimah yang siap untuk menjadi istri dari seorang suami, sekaligus melafalkan doa mencari jodoh pria ini.

6 Amalan Agar Cepat Mendapatkan Jodoh

Di sisi lain, sebagai seorang manusia yang taat dan berbakti kepada setiap keputusan yang sudah ditentukan oleh Tuhan, alangkah baiknyalah untuk mengamalkan kebaikan-kebaikan berikut ini demi mendapatkan jodoh lebih cepat.

  1. Menjaga salat 5 waktu sebagai kewajiban.
  2. Menjaga wudhu.
  3. Perbanyak salat tahajud di sepertiga malam dan salat hajat.
  4. Menjaga sosialisasi dan silaturahmi yang lebih baik.
  5. Memperbaiki sikap dan akhlak.
  6. Mempersiapkan mental dan kesabaran.
  7. Berserah diri dan bertawakal.

Itu dia setidaknya 7 amalan yang akan jauh lebih baik dilakukan apabila ingin mendapatkan jodoh lebih cepat. Jangan lupa, amalan nomor 1 adalah amalan yang sama sekali tidak boleh ditinggalkan karena sebenarnya amalan tersebut adalah kewajiban bagi semua umat muslim.

###

ٱلَّذِينَ جَٰهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ ٱللَّهَ لَمَعَ ٱلْمُحْسِـــنِين

Walladzina jahadu fina lanahdiyannahum subulana, wainnallaha lama’al muhsinin.

Artinya: Mereka yang berjuang untuk melawan hawa nafsu kerana menempuh jalan Kami, sesungguhnya Kami akan tunjukkan jalan Kami. Sesungguhnya Allah itu berserta dengan orang yang berbuat baik.

Janganlah kamu ragu dan khawatir kepada apa yang sudah Tuhan tentukan kepadamu. Siapapun yang bisa menjaga diri menjadi lebih baik, berserah diri dan selalu bertawakal, inshaAllah di saat itulah Tuhan beserta dengannya.

Semoga artikel doa mendapatkan jodoh ini bermanfaat buat kamu. Selepas dari membaca ini bisa konsisten dan disiplin untuk menerapkan setiap doa dan amalannya. Untuk yang sudah mencoba cari-cari di aplikasi cari jodoh, mohon untuk tetap bersabar, bertawakal dan jangan terburu-buru oleh hawa nafsu.

Author

Ibu rumah tangga. Penikmat film.

Write A Comment