“Iko” Uwais Qorny, aktor dari berbagai film Hollywood yang mendunia serta membanggakan nama negara Indonesia. Belakangan ini, Iko dikabarkan akan memainkan suatu peran di film action satu frame bersama Jason Statham, The Expendables 4.

Sangat banyak penikmat film yang menanti-nanti rilisnya film yang (tentu) akan menjadi sangat menarik dengan kedatangan Iko Uwais. Termasuk kita, kan?

Sambil menunggu perilisan The Expendables 4, masih ada 11+ film yang diperankan Iko Uwais yang sangat menarik untuk kita tonton kembali.

Daftar Kumpulan Film Iko Uwais Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Mulai dari Merantau, film lokal pertamanya Iko Uwais yang ditayangkan tahun 2009, hingga salah satu episode serial global, Star Wars: The Force Awakens, ada banyak daftar film Iko Uwais yang harus dimasukkan ke dalam playlist.

Berikut ini 11 daftar urutan terbaik Iko Uwais.

1. The Art of Action by Scott Adkins

the art of action iko uwais

The Art of Action merupakan film dokumentasi 36 episode yang dibawakan oleh Scott Adkins bersama berbagai aktor & aktris Hollywood, yang juga bisa disebut kelas dunia.

Iko Uwais dan Joe Taslim adalah 2 aktor asal Indonesia yang ikut mewarnai 2 episode The Art of Action.

Melalui The Art of Action, kita dapat melihat dan mengenal lebih jauh lagi dengan Iko Uwais secara personal maupun profesional, mulai dari background skill yang dimiliki hingga perjalanan karir di dunia entertainment.

Dokumentasi ini mungkin akan terdengar seperti Podcast. Tapi, dengan pembawaan Scott Adkins sebagai moderator sekaligus pemilik channel, informasi yang akan kita dapatkan jauh lebih berkualitas dibandingkand dengan yang lainnya.

2. The Raid 2

the raid 2

Pernah mendengar nama Iko Uwais, tidak mungkin kalau kita tidak pernah mendengar film The Raid-nya yang sangat brutal dan fenomenal.

The Raid 2 merupakan film yang diperankan Iko Uwais sebagai aktor utama dengan review tertinggi kedua di IMDb setelah The Art of Action.

The Raid 2 menceritakan tentang bagaimana seorang Iko Uwais sebagai Rama (anggota kepolisian) yang selalu berupaya untuk menuntas organisasi kejahatan dan operasional narkoba di Jakarta.

Ditambah lagi dengan dendamnya kepada Bejo (Alex Abbad) yang telah membunuh kakaknya, Andi (Donny Alamsyah) di sebuah ladang tebu karena suatu alasan.

Melalui penyusupan dan berbagai prosedur sebagai anggota kepolisian, Rama berhasil masuk menjadi salah satu anggota dan bertemu dengan Uco (Arifin Putra), putra kepala keluarga geng Bangun yang terkenal kuat dan beringas.

Penyusupan tersebut diakhiri dengan aksi Rama memberantas seluruh anggota geng kriminal dengan tangan kosong dan darah kemenangan.

Tertarik dengan bagaimana cerita selengkapnya? Tonton selengkapnya di Netflix atau lihat trailernya melalui link di dalam tabel di bawah ini.

InformasiThe Raid 2
DirectorGareth Evans
PemainIko Uwais, Yayan Ruhian, Artifin Putra dan lainnya
Tayang2014
GenreAction, Crime, Thriller
Review8.0/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

3. Star Wars: Episode VII – The Force Awakens

star wars

Keren, terkenal di semua negara, fantasi, menyenangkan, kata apa lagi yang bisa menggambarkan Star Wars? Ditambah lagi dengan adanya Iko Uwais bersama Yayan Ruhian dan Cecep Rahman di dalamnya.

Star Wars: Episode VII yang tayang pada 18 Desember 2015 ini disambut sangat meriah dan bangga oleh penonton Indonesia meskipun Iko Uwais dan teman-temannya hanya muncul sebagai cameo tak lebih dari 5 menit.

Mereka bertiga berperan menjadi penjahat yang sedang mengincar Han Solo dan tewas terpelanting saat dimakan hewan buas.

Keikutsertaa Iko Uwais serta lainnya dalam Star Wars menjadi kebanggaan tersendiri karena telah menjadi bukti bahwa para aktor di Indonesia dapat dipercaya dalam film serial kelas dunia yang dibuat oleh sutradara J.J. Abrams.

InformasiStar Wars: Episode VII – The Force Awakens
DirectorJ.J. Abrams
PemainDaisy Ridley, John Bageya, Oscar Isaac, Iko Uwais dan lainnya
Tayang18 Desember 2015
GenreAction, Adventure, Sci-Fi
Review7.8/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

4. The Raid: Redemption

the raid redemption

Inilah sekuel pertama Iko Uwais di The Raid, film aksi kriminal ini menceritakan tentang Rama (Iko Uwais) yang bergabung dengan pasukan elite polisi.

Disutradarai Gareth Evans dan tayang pertama kali di Indonesia pada 23 Maret 2012 dan telah mendapatkan sejumlah penghargaan dunia, antara lain Amsterdam Fantastic Film Festival, Dublin Film Critics Circle Awards, Toronto International Film Festival serta 2 lainnya.

The Raid: Redemption menceritakan kehidupan Iko sebagai Rama persis sebelum The Raid 2, dimana dia harus melakukan penggerebekan di sebuah blok apartemen di daerah kumuh Jakarta, dengan maksud untuk menangkap penguasa kejahatan dan bandar narkoba, Tama Riyadi (Ray Sahetapy).

Disinilah pertama kali kehebatan Iko Uwais dalam memerankan pemain yang hebat dalam bela diri (pencak silat) bersinar, dimana dia harus mengalahkan gerbang terakhir dari gerbang bandar narkoba yang kala title-nya dimiliki oleh Yayan Ruhiyan (Mad Dog).

InformasiThe Raid: Redemption
DirectorGareth Evans
PemainIko Uwais, Ananda George, Ray Sahetapy dan lainnya
Tayang23 Maret 2012
GenreAction, Thriller
Review7.6/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

5. Wu Assassins

wu assassins

Wu Assassins adalah tayangan serial yang tayang perdana di Netflix pada 8 Agustus 2019 lalu. Iko Uwais telah beberapa kali dipercaya untuk ikut serta berperan menjadi aktor utama, Kai Jin.

Kai Jin tersebut merupakan seorang kaki yang memiliki kemampuan bela diri yang sangat hebat, dalam hal ini pencak silat, dan tinggal di Pecinan, San Francisco.

Dalam ceritanya, kekuatan yang ada pada diri Kai didapatkan dari suatu benda pemberian seorang perempuan. Benda ini juga memaksa Kai menjadi orang yang harus menjaga perdamaian dan berperang melawan panglima perang Wu.

InformasiWu Assassins
DirectorChris Rudolph
PemainIko Uwais, Byron Mann, Li Jun Li dan lainnya
Tayang2019
GenreAction, Crime, Drama
Review6.4/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

6. The Night Comes for Us

the night comes for us

The Night Comes for Us adalah film yang diperankan oleh 2 aktor utama dan tampan dari Indonesia yang namanya sudah terdengar di dunia, Joe Taslim dan Iko Uwais.

Dua aktor yang memang sering memainkan film action ini berlaga pada The Night Comes For Us menjadi 2 kubu yang saling berlawanan dan pada akhirnya harus saling baku hantam.

Alur maju mundur, aksi yang menakjubkan dan tak pernah istirahat akan membuat adrenalin kita seperti ikut ke dalam setiap menit adegan mereka.

Kalau kamu penasaran, sekarang The Night Comes For Us sudah bisa ditonton melalui Netflix dengan kualitas yang sangat baik.

InformasiThe Night Comes for Us
DirectorTimo Tjahjanto
PemainIko Uwais, Joe Taslim, Hanna Al Rashid dan lainnya
Tayang22 September 2018
GenreAction, Thriller
Review7.0/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

7. Merantau

merantau

Akhirnya kita sampai kepada daftar film Iko Uwais nomor 7, yakni Merantau.

Merantau merupakan film action yang disutradarai oleh Gareth Evans dan diperankan oleh aktor utama Iko Uwais, yang mana ini adalah film perdananya.

Iko Uwais yang memang sejak dulu pintar bermain pencak silat dilirik oleh Evans untuk menjadi pemeran utama Merantau menghidupkan perannya menjadi Yuda, seorang pendekar silat Minangkabau aliran Harimau.

Di saat pertama kali inilah, tidak sedikit orang yang menjuluki Iko Uwais sebagai Jackie Chan versi Indonesia dengan aksinya yang tak kalah menarik.

InformasiMerantau
DirectorGareth Evans
PemainIko Uwais, Sisca Jessica, Christine Hakim dan lainnya
Tayang6 Agustus 2009
GenreAction, Drama
Review6.7/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

8. Headshot

headshot

Headshot diperankan dan dimainkan oleh pemain film hebat-hebat kala itu, seperti Chelsea Islan, Sunny Pang, Julie Estelle serta Iko Uwais sebagai Ishmael, pemeran utamanya.

Headshot bercerita tentang bagaimana seorang Ishmael yang baru saja sadar dari koma dan terdampar di tepi pantai harus melawan komplotan kriminal yang juga menculik teman baiknya, Ailin (Chelsea Islan).

Awalnya, Ailin hanya seorang mahasiswi kedokteran yang hanya ingin mencoba menyelamatkan seorang pria terdampar, yang nantinya diberi nama Ishmael olehnya.

Namun, penyelamatannya tersebut justru membuat Ailin harus menjagi target penculikan komplotan kriminal sebagai upaya pembunuhan Ishmael.

Tertarik dengan bagaimana Ishmael bisa menyelamatkan Ailin dari komplotan itu? Tonton trailernya dalam tabel di bawah ini atau langsung tonton filmnya di Netflix.

InformasiHeadshot
DirectorKimo Stamboel dan Timo Tjahjanto
PemainIko Uwais, Chelsea Islan, Sunny Pang dan lainnya
Tayang8 Desember 2016
GenreAction, Drama, Thriller
Review6.4/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

9. Mile 22

mile 22

Sudah menonton film Iko Uwais yang penuh dengan aksi-aksinya, baik dengan senjata ataupun tangan kosong? Masukin Mile 22 ini ke dalam daftar playlist pertama kamu.

Sepanjang Mile 22 ditonton, sutradara Peter Berg terlihat jelas ingin menampilkan sosok Iko Uwais sebagai Li Noor, seorang polisi yang rela menukar informasi tentang cesium ke Amerika demi mendapatkan bantuan untuk keluar dari negaranya.

Alur film yang maju mundur akan sangat membuat kita, sebagai penonton, merasa penasaran dan harus menduga-duga sendiri sebenarnya plot twist apa yang akan disajikan.

InformasiMile 22
DirectorPeter Berg
PemainMark Wahlberg, Lauren Cohan, Iko Uwais dan lainnya
Tayang21 Agustus 2018
GenreAction, Thriller
Review6.1/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

10. Triple Threat

triple threat

Triple Threat adalah film action dan thriller yang diperankan oleh Iko Uwais pada pertengahan tahun 2019 lalu. Disini, Iko berperan menjadi seorang pembunuh bayaran bernama Jaka.

Jaka dibayar dan diminta oleh keluarga milyuner bernama Xian untuk melindungi dirinya dari sekelompok organisasi jahat beranggotakan Collins (Scott Adkins), Devereaux (Michael Jai White) dan Joey (Michael Bisping).

Akan ada paket lengkap aksi koreografi beladiri khas Asia dengan pertarungan penuh senjata model Hollywood di dalam film yang berdurasi 1 jam 36 menit ini.

InformasiTriple Threat
DirectorJesse V. Johnson
PemainTony Jaa, Tiger Hu Chen, Iko Uwais dan lainnya
Tayang20 Maret 2019
GenreAction, Thriller
Review5.6/10 star (IMDb)
TrailerTonton disini

11. The Expendables 4 (TERBARU)

the expendables 4

Lanjut ke daftar terakhir dari panjangnya karir Iko Uwais di dunia per-film-an, ada The Expendables 4 yang saat ini dinanti-nanti oleh banyak penggemarnya Iko Uwais serta Jason Statham di seluruh penjuru dunia.

The Expandables 4 adalah film Iko Uwais terbaru yang rencananya akan ditayangkan pada pertengahan tahun 2022 dengan membawa genre action, adventure dan thriller.

Keseruan dan ketangguhan 2 aktor action hebat ini kerap muncul di Instagram pribadi mereka, seperti ketika Jason membagikan pengalamannya melalui Instagram Feed-nya.

Jason sangat mengapresiasi dan menghormati betapa tangguhnya Iko Uwais menjadi seorang aktor laga terpopuler dunia dengan menuliskan caption, “A real honour to spend some screen time with the incredibly talented @iko.uwais. A true master of his game and a powerhouse of speed and skills that take a lifetime to achieve. Massive respect for all that you do brother.”

InformasiThe Expendables 4
DirectorScott Waugh
PemainJason Statham, Megan Fox, Iko Uwais dan lainnya
Tayang
GenreAction, Adventure, Thriller
Review-/10 star (IMDb)
Trailer

Bonus 5 Judul Film Iko Uwais Lainnya

Sudah ada 11 tapi masih ada yang lain? Tentu, Iko Uwais memang hebat dan keren. Meskipun beberapa diantaranya hanya menjadi cameo atau penjahat yang hanya muncul beberapa scene pendek.

Berikut ini 5 bonus judul film yang diperankan Iko Uwais lainnya.

  1. The IMDb Show (2017)
  2. Stuber (2019)
  3. Man of Tai Chi (2013)
  4. Snake Eyes (2021)
  5. Beyond Skyline (2017)

Ada daftar film Iko Uwais lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Penikmat film. Pembaca buku. Penulis.

Write A Comment