Dika Angkasaputra Moerwani Nasution (Raditya Dika) adalah seorang penulis, komedian, sutradara, dan aktor terkenal di Indonesia. Karirnya telah lama dia bangun dimulai dari menjadi seorang blogger dan penulis.

Buku berjudul Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh tahun 2005 menjadi karya pertama yang membuat namanya dikenal, dan Kambing Jantan jugalah film pertama yang membuat namanya semakin terkenal di Indonesia.

Tidak hanya itu, ada lebih dari 10 judul film lain yang diperankan Raditya Dika yang telah sukses diperankan dengan lucu, asik dan menarik untuk ditonton. Apa saja film tersebut? mari kita bahas satu per satu.

Daftar Kumpulan Film Raditya Dika yang Wajib Kamu Tonton

Mulai dari film layar lebar hingga web-series. Mulai dari Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, sampai Single 2. Berikut ini 14 judul film yang sukses diperankan Raditya Dika.

1. Malam Minggu Miko (TV Mini-Series)

judul film raditya dika - malam minggu miko series

Meski bukan film pertama yang digarap dan diperankan oleh Raditya Dika, Malam Minggu Miko versi mini-series mendapatkan rating tertinggi hingga saat ini.

Film mini-series ini pertama kali tayang pada tahun 2012 dengan judul Nissa dan diakhiri dengan 2 season berjumlah 54 episode yang mana episode terakhirnya berjudul Malam Perpisahan Miko.

Film ini mengangkat tiga tokoh utama, ada Miko (Raditya Dika), Anca (Hadian Saputra), dan Dovi (Andovi da Lopez) dengan kekocakannya masing-masing.

Bagi fans Raditya Dika, series ini berada di urutan pertama dari keseluruhan film yang diperankan oleh Raditya Dika.

InformasiMalam Minggu Miko (TV Mini-Series)
Tayang2012 – 2013
DurasiBervariasi
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Hadian Saputra, Andovi da Loper, dan lainnya
Genre
Review7.4/10 (IMDb)
TontonTonton Disini

2. Malam Minggu Miko Movie

judul film raditya dika - malam minggu miko movie

Kalau yang pertama dalam versi mini-series, yang kedua ini dalam versi Movie-nya.

Pemeran utama Malam Minggu Miko masih disangga Miko (Raditya), Dovi (Andovi), Ryan (Ryan), serta Anca (Hadian). Beberapa tokoh lain dijadikan penguat sekaligus pembeda antara seri televisi dan versi layar lebar serta menambah bobot naskah.

Premis di dalam film ini sebenarnya terdengar lemah, tidak jauh berbeda dengan apa yang sering dicuitkan Raditya di akun Twitternya. Tapi, menurut saya pribadi, karena kedekatannya dengan dunia nyata, premis tersebut pasti akan dirasa sangat menarik bagi sebagian orang.

InformasiMalam Minggu Miko Movie
Tayang2014
Durasi1 jam 30 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Ryan Adriandhy, Sheila Dara Aisha, dan lainnya
GenreComedy
Review7.3/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

3. Marmut Merah Jambu

judul film raditya dika - marmut merah jambu

Marmut Merah Jambu bercerita mengenai kilas balik Dika saat masih bersekolah di SMA dan petualangannya dari mulai sekolah, persahabatan, hingga cinta.

Tayang pertama kali pada tahun 2014 dengan durasi 1 jam 31 menit, Marmut Merah Jambu menjadi sebuah film panjang garapan Raditya Dika yang alur ceritanya bisa dibawa pulang untuk diceritakan.

Buat kamu yang masih berumur 18 – 21 tahun, film ini akan sangat relate dengan kehidupanmu. Karena, peran umur segitulah yang dibawakan oleh Raditya Dika sebagai Dika dalam film Marmut Merah Jambu.

InformasiMarmut Merah Jambu
Tayang2014
Durasi1 jam 31 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Christoffer Nelwan, Franda, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review6.9/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

4. Single

judul film raditya dika - single

Seperti Raditya Dika yang dahulu, komedinya penuh dengan cerita kepolosan dan kejombloannya dalam menjalani hidup. Tertuang juga di dalam berbagai film yang diperankannya, termasuk Single pertama.

Raditya Dika menjadi pemeran utamanya (Ebi). Selain itu, ada juga beberapa bintang seperti Annisa Rawles, Pandji Pragiwaksono, dan Chandra Liow.

Di dalam film ini, kamu akan mendapatkan cerita yang penuh dengan canda dan romantisme seorang Ebi yang mengejar cinta Angel.

Penasaran sama filmnya? Langsung aja cek trailernya di bawah ini.

InformasiSingle
Tayang2015
Durasi2 jam 7 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Annisa Rawles, Chandra Liow, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review6.8/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

5. Koala Kumal

judul film raditya dika - koala kumal

Koala Kumal adalah film yang disutradarai Radit dan diperankan juga oleh Radit. Film ini menjadi film keempat yang diangkat dari novel Raditya Dika.

Koala Kumal sendiri bercerita tentang Dika, seorang cowok yang sedang sibuk-sibuknya mengurus rencana pernikahannya dengan pacarnya Andrea (Acha Septriasa) namun harus kandas di tengah jalan karena perselingkuhan.

Yang membuat ceritanya semakin seru karena ada seorang perempuan yang mengajak Dika untuk membalaskan dendam perselingkuhan mantan pacarnya, Andrea dengan berbagai motif yang nekat.

InformasiKoala Kumal
Tayang2016
Durasi1 jam 32 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Acha Septriasa, Sheryl Sheinafia, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review6.6/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

6. The Guys

judul film raditya dika - the guys

Melihat dari poster promosi filmnya, awalnya banyak yang bertanya tentang genre apa yang akan dibawakan oleh Raditya Dika dalam film The Guys bersama Pevita Pearce, dan Phongsiree Bunluewong ini.

Ternyata, tidak jauh dari drama komedi dan percintaan seperti film-film yang pernah diperankan Raditya Dika sebelumnya.

Tapi, sedikit berbeda dengan film sebelumnya, di The Guys, Raditya Dika berperan menjadi Alif seorang pegawai kantoran yang punya ambisi untuk menjadi seorang bos.

Meski berada di urutan ke-6, The Guys tetap cocok untuk masuk ke dalam daftar film Raditya Dika yang harus kamu tonton.

InformasiThe Guys
Tayang2017
Durasi1 jam 55 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Pevita Pearce, Phongsiree Bunluewong, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review6.6/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

7. Cinta dalam Kardus

judul film raditya dika - cinta dalam kardus

Cinta dalam Kardus atau yang biasa disingkat CDK merupakan film ketiga tayang setelah Kambing Jantan dan Cinta Brontosaurus. Banyak yang bilang, CDK ini merupakan project iseng dari mini-series Malam Minggu Miko.

Fakatnya, film ini telah berjalan dengan disutradarai oleh Salman Aristo dan tayang pertama kali tahun 2013. Kolaborasi antara sutradara apik dan penulis hebat membuahkan hasil yang menarik.

Cinta dalam Kardus yang dimainkan pemeran utama Raditya Dika mendapatkan review yang bagus dari penikmat film. Tidak mungkin saya tidak merekomendasikan CDK ke dalam urutan 7.

InformasiCinta dalam Kardus
Tayang2013
Durasi1 jam 30 menit
DirectorSalman Aristo
PemainRaditya Dika, Ryan Adriandhy, Hadian Saputra, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review6.5/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

8. Single 2

judul film raditya dika - single 2

Menjawab kekecewaan penonton setelah melihat Single pertama yang kurang lucu, Raditya Dika merilis kembali film Single, kali ini versi kedua. Versi yang sudah kita ketahui bahwa ini versi polesan dari versi pertama.

Tentu dengan adanya perombakan daftar pemain dan plot twist yang lebih menarik dari sebelumnya, lebih lucu dari yang sebelumnya.

Menurut saya pribadi, adegan terlucu terjadi ketika Ebi berkenalan dengan perempuan di kelab malam. Setelah berkenalan, berjoget dan bercengkerama, Ebi baru tahu ia transeksual.

Tapi, bagaimana bisa saya menceritakan kejadian lucu itu ke dalam sebuah artikel, kan? Lebih baik kalian simak saja langsung trailernya di bawah ini.

InformasiSingle 2
Tayang2019
Durasi2 jam 8 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Annisa Rawles, Yoga Arizona, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review6.4/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

9. Cinta Brontosaurus

judul film raditya dika - cinta brontosaurus

Seperti bukunya, film Cinta Brontosaurus menceritakan pengalaman cinta Radit sendiri yang memerankan Dika. Kali ini dikisahkan Dika adalah penulis novel yang sulit untuk menjalin hubungan dalam waktu yang lama.

Selain Raditya Dika, ada juga nama komedian lain yang ikut menjadi pemeran di dalamnya, dia adalah Soleh Solihun. Tentu ada karakter perempuan yang menarik perhatian sepanjang film, dan tak terduga ia adalah Eriska Rein.

Fajar Nugros menjadikan novel Cinta Brontosaurus tayang di tahun 2013 dengan durasi 1 jam 38 menit. Durasi yang cukup panjang untuk membuat kita selalu tertawa dalam beberapa adegannya.

InformasiCinta Brontosaurus
Tayang2013
Durasi1 jam 38 menit
DirectorFajar Nugros
PemainRaditya Dika, Eriska Rein, Soleh Solihun, dan lainnya
GenreComedy, Drama, dan Romance
Review6.1/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

10. Hangout

judul film raditya dika - hangout

Bosan dengan beberapa judul film Raditya Dika yang selalu ber-genre Romance? Jangan khawatir! Karena ada Hangout yang disutradarai dan diperankan Raditya Dika dengan mengusung genre Thriller.

Hangout bercerita tentang sejumlah publik figur yang mendapat undangan misterius untuk datang ke sebuah pulau terpencil. Dika (Raditya Dika) mendapat undangan misterius dari seorang pria bernama Toni P. Sancalu.

InformasiHangout
Tayang2016
Durasi1 jam 41 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Soleh Solihun, Prilly Latuconsina dan lainnya
GenreComedy dan Thriller
Review5.9/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

11. Manusia Setengah Salmon

judul film raditya dika - manusia setengah salmon

Ada yang merasa aneh dengan judul film yang satu ini? Ya, memang seperti ini adanya film komedi yang dibuat oleh Radit. Namun, struktur jalan cerita yang lebih terpadu pada Manusia Setengah Salmon sehingga membuatnya menjadi lebih matang dalam bercerita dan jauh lebih menyenangkan untuk diikuti.

Buat yang suka dengan komedi garing, kamu wajib nonton Manusia Setengah Salmon. Di sana, Anda akan disuguhkan dengan berbagai adegan yang akan membuat kamu mikir “nggak lucu nih” tapi ujung bibirmu akan tersenyum tipis.

InformasiManusia Setengah Salmon
Tayang2013
Durasi1 jam 40 menit
DirectorHerdanius Larobu
PemainRaditya Dika, Kimberly Ryder, Eriska Rein, dan lainnya
GenreComedy dan Romance
Review5.8/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

12. Kambing Jantan

judul film raditya dika - kambing jantan

Inilah dia judul film yang diperankan pertama kali oleh Raditya Dika. Film yang diadaptasi dari buku, dan buku yang diadaptasi dari artikel blog yang ditulis oleh Raditya Dika.

Rudi Soedjarwo lah orang yang tertarik sekaligus menjadi sutradara film pertama Radit. Rilis pada tahun 2009, bisa dikatakan Kambing Jantang hadir sebagai warna di industri film yang saat itu sedang kental dengan nuansa horor.

Siapa sangka, meski rilis di tahun yang mana industri film sedang kental dengan nuansa horor, Kambing Jantan mendapat perhatian lebih dari 1jt+ penonton di Indonesia.

InformasiKambing Jantan
Tayang2009
Durasi1 jam 58 menit
DirectorRudy Soedjarwo
PemainRaditya Dika, Meity Josefina, Anggi Nasution, dan lainnya
GenreComedy, Drama, dan Romance
Review5.6/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

13. Target

judul film raditya dika - target

Film yang disutradarai dan ditulis naskahnya oleh Raditya Dika ini masih akan menempatkan unsur komedi dalam jalan ceritanya. Namun, Radit kali ini terlihat lebih berani bereksplorasi dengan menambahkan unsur aksi dan thriller di film terbarunya.

Artis cantik Cinta Laura dan sederet Youtuber terkenal di Indonesia turut serta dibawa oleh Radit untuk mengisi film Target, seperti Ria Ricis, Samuel Rizal, Hifdzi Khoir, dan Abdur Arsyad.

InformasiTarget
Tayang2018
Durasi1 jam 33 menit
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya Dika, Cinta Laura Kiehl, Samuel Rizal, dan lainnya
GenreComedy dan Thriller
Review4.0/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

14. Webseriesnya Radit

judul film raditya dika - webseriesnya radit

Kalau yang satu ini sih, saya pribadi belum bisa berkata banyak tentang kualitas dari alur cerita dan pengambilan film-nya.

Tapi, siapa sih yang mau meremehkan kepintaran Raditya Dika dalam membuat sebuah film? Apalagi, dia sudah ada di industri ini lebih dari 10 tahun.

Buat yang penasaran dengan Webseriesnya ini, kamu bisa langsung saksikan di channel Youtube-nya Raditya Dika secara gratis.

InformasiWebseriesnya Radit
Tayang2021
DurasiBervariasi
DirectorRaditya Dika
PemainRaditya dan teman-teman stand up comedian
GenreComedy
Review
TontonTonton Disini

Itulah dia 14 daftar rekomendasi judul film yang diperankan Raditya Dika, yang beberapa diantaranya juga disutradarai olehnya.

Menurutmu, bagian film manakah yang paling menarik untuk ditonton pertama kali? Saya yakin, beberapa diantara kalian ada yang sudah menonton 1 atau 2 film di atas.

Ada daftar film Raditya Dika lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Penikmat film. Pembaca buku. Penulis.

Write A Comment