Tara Basro adalah seorang wanita kelahiran 11 Juni 1930 yang bekerja sebagai model sekaligus aktris dalam beberapa film layar lebar terkenal di Indonesia.

Berkat kecakapannya dalam berakting membuat Tara Basro sempat 2 kali menjadi pemenang dalam nominasi pemeran utama wanita terbaik dalam Festival Film Indonesia dan Usmar Ismail Awards 2016.

Terhitung sudah ada lebih dari 10 film yang diperankan Tara Basro dengan baik. Apa saja film tersebut? Berikut ini daftarnya.

10 Film Tara Basro Terbaru dan Terbaik

Mulai dari genre action, drama, hingga horor. Inilah urutan & kumpulan daftar film Tara Basro paling menarik untuk ditonton.

1. Perempuan Tanah Jahanam

film tara basro - perempuan tanah jahanam

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film terbaru yang diperankan oleh Tara Basro. Direktur sekaligus penulis dari film ini adalah Joko Anwar.

Di dalam memainkan perannya, Tara Basro (Maya) didampingi bersama artis besar lain seperti Ario Bayu (Ki Saptadi) dan Marissa Anita (Dini).

Di dalam aksinya menjadi pemain utama, Tara Basro berhasil memikat hati penonton yang menggemari film horor dan drama hingga pada akhirnya membawa namanya masuk ke dalam nominasi Piala Citra sebagai pemain utama wanita terbaik.

Penasaran seperti apa aksi Tara Basro dan rekan-rekannya di Perempuan Tanah Jahanam? Saksikan trailer melalui link yang ada di dalam tabel berikut.

InformasiPerempuan Tanah Jahanam
DirectorJoko Anwar
GenreDrama, Horror, Mystery
PemainTara Basro, Ario Bayu, Marissa Anita dan lainnya
Tayang17 Oktober 2019
Durasi1jam 46menit
Review6.7/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

2. Gundala

film tara basro - gundala

Film terbaru selanjutnya yang juga pemain utamanya dimainkan Tara Basro adalah Gundala. Tayang pada tanggal 29 Agustus 2019 dan disutradarai oleh Joko Anwal.

Gundala menceritakan tentang seorang insinyur yang tersambar petir, membuatnya menjadi seorang manusia super yang dikenal sebagai Gundala.

Tara Basro berperan menjadi wanita bernama Wulan. Awalnya, dia adalah tetangga rumah yang ditinggali oleh Gundala hingga pada akhirnya mereka berdua menikah menjadi sepasang suami-istri.

Konon, karakter Wulan tersebut merupakan karakter asli di dalam film Gundala yang disebut Merpati dengan kekuatan super yang mana tenaganya setara dengan 20 pria dewasa.

InformasiGundala
DirectorJoko Anwar
GenreAction, Adventure, Drama
PemainAbimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae dan lainnya
Tayang29 Agustus 2019
Durasi2jam 3menit
Review6.4/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

3. Halustik

film tara basro - halustik

Setelah film dengen genre action dan horor, Tara Basro juga bermain di film bergenre drama, yaitu Halustik. Tara Basro bermain sebagai pemeran utama menjadi Kanti seorang penasihat keuangan.

Halustik sendiri adalah film serial yang sudah dirilis sejak tahun 2018 dengan jumlah episodenya ada 18. Rata-rata berdurasi 48menit.

Halustik bercerita tentang Kanti yang menjadi penasihat keuangan karena terdesak keuangan setelah dipecat dari kantor sebelumnya. Untuk lebih tahu banyak ceritanya, kamu bisa menonton Halustik melalui platform VIU secara gratis.

InformasiHalustik (serial)
DirectorAndri Cung, Lucky Kuswandi, dan Nia Dinata
GenreTV Shows Drama
PemainTara Basro, Richard Kyle, Natalius Chendana dan lainnya
Tayang2018
DurasiRata-rata 48menit
Review
TrailerTonton Disini

4. Pengabdi Setan

film tara basro - pengabdi setan

Pengabdi Setan merupakan film daur ulang dari “Satan’s Slave 1982” yang digarap oleh Joko Anwar dengan melibatkan sejumlah pemeran ternama, termasuk Tara Basro, Bront Palarae, dan Dimas Aditya.

Rilis pertama kali pada tanggal 28 September 2017, Pengabdi Setan menjadi film paling laris pada tahun itu dengan jumlah penontonnya lebih dari 4,7 juta.

Berbagai nominasi dan pemenangan pun telah didapatkan oleh film Pengabdi Setan, salah satunya Best Visual Effect pada Festival Film 2017. Sayangnya, tidak ada satupun nama Tara Basro yang masuk menjadi nominasinya.

Meskipun begitu, bukan berarti aksi yang dilakukan oleh Tara Basro kurang menarik. Justru, Tara Basro sebagai pemeran utama berhasil menyedot perhatian pemirsa yang menyukai film dengan genre drama dan horor.

InformasiPengabdi Setan
DirectorJoko Anwar
GenreDrama, Horror, Mystery
PemainTara Basro, Bront Palarae, Dimas Aditya dan lainnya
Tayang28 September 2017
Durasi1jam 47menit
Review6.6/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

5. Ini Kisah Tiga Dara

film tara basro - ini kisah tiga dara

Film drama musikal “Ini Kisah Tiga Dara” terinspirasi dari film klasik karya Usmar Ismail tahun 1956 yang tayang perdana pada 1 September 2016 dengan membawa Tara Basro sebagai Ella salah satu pemeran utamanya.

Film ini menceritakan tentang 3 gadis yang memiliki dilema masing-masing pada kehidupannya setelah ibu mereka meninggal dunia.

Jalan ceritanya diambil dari kehidupan percintaan sehari-hari yang dikemas ke dalam film drama musikal yang epik. Bahkan soundtrack-nya sempat menjadi trending topik di hati pemirsa.

Buat yang suka dengan film yang diperankan Tara Basro bergenre romantis, Ini Kisah Tiga Dara wajib banget kamu tonton.

InformasiIni Kisah Tiga Dara
DirectorNia Di Nata
GenreDrama, Musical, Romance
PemainTitiek Puspa, Shanty Paredes, Tara Basro dan lainnya
Tayang1 September 2016
Durasi2jam 4menit
Review6.7/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

6. 3 Srikandi

film tara basro - 3 srikandi

Diperankan oleh 3 pemeran utama wanita cantik, Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro, 3 Srikandi merupakan film yang diangkat dari kisah nyata bahwa ada tiga atlet panahan yang pernah mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Seoul 1988.

Bahkan, tanggal perilisan 3 Srikandi pun bertepatan dengan Olimpiade 2016 di Rio de Janeire, Brazil. Menurut produser Raam Punjabi, tanggal tersebut memiliki makna semangat patriotisme yang tinggi.

Tertarik dengan kisah nyata dan peran 3 wanita cantik ini? Yuk, langsung saja lihat trailernya melalui link yang tersedia dalam tabel berikut ini.

Informasi3 Srikandi
DirectorIman Brotoseno
GenreBiography, Drama, Sport
PemainBunga Citra Lestari, Chelsea Islan, Tara Basro
Tayang4 Agustus 2016
Durasi2jam 1menit
Review6.5/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

7. A Copy of My Mind

film tara basro - a copy of my mind

Pada tahun 2018 dan 2019 Tara Basro berhasil memerankan film terbaik yang ditulis oleh Joko Anwar. Faktanya, Tara Basro pun pernah berhasil memerankan film lain yang tidak kalah berhasilnya, yaitu A Copy of My Mind.

Film a Copy of My Mind adalah sebuah drama yang menceritakan kisah cinta sederhana sepasang kekasih yang Rock ‘n Roll di Jakarta dengan membawa pemeran laki-laki Chicco Jerikho sebagai pasangannya Tara Basro.

Best Song, Best Actress, dan Best Sound adalah penghargaan piala citra yang dibawa oleh Joko Anwar, Tara Basro dan sejumlah kru lainnya.

Film ini sempat laku keras di festival film di Indonesia sebelum dirilis di negeri sendiri, Indonesia. Setelah melalui proses sunting dan uji sensor, barulah film ini dirilis pada 11 Februari 2016?

Tertarik dengan cerita kisah percintaan sederhana namun menaik ini? Sekarang kamu bisa menontonnya di Netflix.

InformasiA Copy of My Mind
DirectorJoko Anwar
GenreDrama
PemainTara Basro, Chicco Jerikho, Maera Panigoro dan lainnya
Tayang11 Februari 2016
Durasi1jam 56menit
Review7.2/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini
film tara basro - menuju rembulan

Menuju Rembulan atau yang juga dikenal dengan judul “Another Trip To the Moon” adalah film karyan Ismail Basbeth yang dirilis pada tanggal 25 Januari 2015 diangkat dari cerita legenda Indonesia.

Tara Basro berakting menjadi pemeran utama dalam film ini yang bernama Asa, seorang putri dari peramal. Dia dikenal sebagai putri yang selalu dikekang dalam cengkeraman ibunya. Hingga pada suatu hari, Asa pergi dari rumah dan tinggal di hutan bersama temannya, Laras.

Sepanjang film dengan durasi 1jam 20menit, Menuju Rembulan menceritakan tentang kerinduan Asa terhadap kebebasan dengan hidupnya sendiri tanpa ada cengkeraman ibunya.

InformasiMenuju Rembulan
DirectorIsmail Basbeth
GenreDrama, Fantasy
PemainTara Basro, Ratu Anandita, Cornelio Sunny dan lainnya
Tayang25 Januari 2015
Durasi1jam 20menit
Review6.1/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

9. The Right One

film tara basro - the right one

Jauh dari tahun 2021, Tara Basro sempat bermain dalam film drama romantis yang dikenal dengan The Right One, film yang digarap oleh sutradara Stephen Odang bersama Renee Pictures.

Dalam film Tara Basro tahun 2014 ini, dia berperan menjadi Alice, seorang ahli biologi laut yang ilmunya tidak pernah diaplikasikan di lapangan. Dia hanya berkutat dengan ilmunya di kantor.

Hingga pada suatu hari, Alice dipertemukan dengan seorang pria bernama Jack yang diperankan oleh Gandhi Fernando di dalam sebuah bar. Dari sinilah, percakapan tentang kehidupan, cinta, dan rasa frustasi dari dunia pasca-kuliah dimulai.

InformasiThe Right One
DirectorStephen Odang
GenreDrama, Romance
PemainGandhi Fernando, Tara Basro, Dave Alexandre dan lainnya
Tayang27 Februari 2014
Durasi1jam 32menit
Review7.3/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

10. Pendekar Tongkat Emas

film tara basro - pendekar tongkat emas

Pendekar Tongkat Emas adalah film Tara Basro, Eva Celia Latjuba dan Nicholas Saputra yang disutradari oleh Ifa Isfansyah pada tahun 2014. Film ini mengangkat cerita tentang 4 legenda pendekar silat yang memperebutkan tongkat pusaka.

Konon, film ini telah digarap selama 2 tahun dan menghabiskan biaya produksi lebih dari Rp20 Miliar. Hasilnya, film ini berhasil membuat penikmat film kagum dan tidak menyangka akan lebih liar dari ekspektasinya mereka sebelum benar-benar dirilis pada 18 Desember 2014.

Buat kamu yang tertarik dengan judul film Tara Basro dengan genre film legenda, wajib banget nonton Pendekar Tongkat Emas ini.

InformasiPendekar Tongkat Emas
DirectorIfa Isfansyah
GenreAction, Adventure, Drama
PemainEva Celia Latjuba, Nicholas Saputra, Tara Basro dan lainnya
Tayang18 Desember 2014
Durasi1jam 51menit
Review6.2/10 (IMDb)
TrailerTonton Disini

3 Bonus Film yang Diperankan oleh Tara Basro Lainnya

Berbagai judul film Tara Basro yang diperankan dari tahun 2014 sudah kita ulas pada daftar di atas. Namun, jauh dari sebelum itu, sebenarnya ada banyak juga film yang sudah dituntaskan dengan apik oleh Tara Basro.

Berbagi film tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Rumah dan Musim Hujan
  • Hi5teria
  • Make Money
  • Catatan (Harian) Si Boy
  • Halfworlds

Ada daftar film Tara Basro lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Ibu rumah tangga. Penikmat film.

Write A Comment