Memilih model rambut pria yang cocok dengan bentuk muka adalah gaya hidup yang harus diperhatikan agar terlihat lebih rapih, maco, tampan dan trendy.

Meskipun rambut seorang pria rata-rata pendek, di dunia ini ada setidaknya 24 nama potongan rambut pria yang paling sering dipakai dan tidak pernah ketinggalan zaman.

Selain dicocokan dengan bentuk muka, 24 model di bawah ini bisa kita cocokkan juga dengan bagaimana jenis rambut yang kita miliki, apakah itu jenis rambut lurus, bergelombang, ikal ataupun kribo.

Daftar Model Rambut Pria yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

Berikut ini 24 nama potongan rambut pria trendy dan modis yang akan menjadi inspirasi kita sebelum pergi ke salon atau barbershop.

1. Undercut

gaya rambut pria - undercut

5 tahun terakhir ini, undercut menempati posisi pertama perihal model rambut pria yang sangat modis.

Meskipun mainstream, potongan ini bisa dengan mudah dipadudayakan dengan berbagai model rambut yang lain, seperti quiff, pompadours ataupun yang lain.

Selain itu, undercut juga termasuk model rambut yang mudah diatur, cocok untuk jenis rambut lurus ataupun bergelombang. Membuatnya mudah diterapkan pada orang-orang bertipe elegan, junkies, rock n roll dan kalem sekalipun.

2. Regulation Cut (Cepak ala Militer)

nama potongan rambut pria - Regulation Cut

Regulation cut atau yang lebih sering disebut rambut cepak ala militer ini populer di kalangan anak muda yang ingin tampil lebih rapih dan sopan.

Seperti namanya, cepak ala militer yang mana model rambut ini akan sangat menunjukkan kepribadian yang disiplin bagi siapapun yang memilihnya.

3. Side Parted Short Wavy Hair

nama potongan rambut pria - Side Parted Short Wavy Hair

Side parted short wavy hair adalah model rambut pria bergelombang yang sangat modis serta bisa dijadikan sebagai alternatif mendapatkan perawatan rambut yang mudah.

Model ini menonjolkan bagian atas depan tentang bagaimana seksinya rambut kamu ketika bergelombang. Sedangkan bagian pinggir akan tetap dibiarkan pendek.

4. Crew Cut

model rambut pria - Crew Cut

Sejak abad ke-18, potongan crew cut sudah ada dan dipakai oleh beberapa pria di dunia. Namun, baru benar-benar populer ketika masuk ke tahun 1960-an.

Crew cut menjadi favorit karena sederhana, minimalis dan mudah dirawat. Sangat cocok bagi orang yang punya mobilitas tinggi.

5. Disconnected Undercut

model rambut pria - Disconnected Undercut

Inilah salah satu varian dari undercut yang tadi sudah coba saya sebutkan pada daftar pertama.

Gaya rambut disconnected dengan mengambil base potongan undercut, ini artinya paduan rambut yang panjang tapi terpotong di bagian belakang lengkap dengan potongan tipis di pinggirnya.

Maco, dinamis dan tentunya banyak disukai wanita. Meski begitu, kamu harus memperhatikan perawatannya yang tidak mudah.

6. Low Fade

model rambut pria - Low Fade

Ingin punya gaya rambut yang mirip dengan kebanyakan geng motor / biker di film dan sinetron? Jangan ragu untuk menggunakan model low fade ini.

Karena, low fade punya pengaruh besar dengan kharisma yang akan kamu pancarkan. Kharisma pada rambut model low fade ini kebanyakan dimiliki oleh pria-pria yang hobi dengan otomotif, utamanya motor.

7. Mid Fade

model rambut pria - Mid Fade

Mid Fade adalah potongan rambut pria yang meruncing dan berhenti satu baris dengan telinga. Membuat kebanyakan orang yang menggunakannya akan terlihat lebih muda.

Kemudian, diikuti dengan bagian belakang yang disisir rapih, sehingga menciptakan kesan penampilan maskulin pada pria.

8. High Fade with Hard Part

model rambut pria - High Fade with Hard Part

Kamu seorang eksekutif muda atau ingin terlihat seperti eksekutif muda berumur 30-35? Coba deh model rambut pria yang satu ini.

High Fade adalah potongan rambut yang konsepnya terlihat sekilas mirip dengan mid fade dan low fade. Perbedaannya terletak pada tinggi runcingan yang dihasilkan pemotong.

Jika low fade dan mid fade punya kharisma yang unik bagi anak mudah. High fade punya kharisma yang membuat kamu bisa lebih mudah dihormati orang lain.

9. Buzz Cut

model rambut pria - Buzz Cut

Buzz cut merupakan model rambut yang fleksibel atau cocok pada kesempatan apapun yang akan kamu hadiri, baik itu casual ataupun formal.

Kalau kamu punya lingkungan yang ketat terkait potongan rambut, cobalah buzz cut yang satu ini. Karena, buzz cut akan memangkas rambut kamu secara rapih dan hanya menyisakan sekitar 1-2 sentimeter pada bagian atasnya.

Namun, buzz cut akan menonjolkan bagian wajah dan menciptakan kesan bahwa kamu pria yang tajam.

10. Clean Shave

model rambut pria - Clean Shave

Tidak punya banyak waktu untuk mengurus rambut bukan berarti membiarkan rambut kamu tumbuh lebat dan tidak terawat.

Kalau kamu orang yang seperti itu, cobalah untuk lebih berani dengan menggunakan tampilan clean shave, yaitu memangkas semua rambut dan akan terlihat polos.

Namun, kepolosan inilah yang justru akan menciptakan kesan pria yang tangguh, kuat dan percaya diri. Lihatlah orang-orang sekitarmu yang punya badan besar, rata-rata mereka menggunakan model rambut dengan nama clean shave ini.

11. French Crop

model rambut pria - French Crop

Berani tampil sebagai pria yang berponi? French crop mungkin cocok untuk kepribadian yang kamu miliki.

French crop merupakan nama potongan rambut pria yang didesain kurang lebih mirip dengan undercut, tapi dengan poni yang beragam, bisa meruncing ataupun membulat.

Pikirkanlah nama potongan rambut pria yang satu ini jika kamu memiliki bentuk wajah oval, karena sudah pasti akan sangat cocok.

12. Caesar Cut

gaya rambut pria - Caesar Cut

Caesar cut pertama kali diperkenalkan oleh Julius Caesar yang sering dikaitkan dengan sebuah kekuasaan.

Caesar haircut cocok bagi pemilik rambut tebal maupun tipis dan akan memberikan tampilan klasik yang cocok dengan pakaian kasual maupun formal.

13. Taper Fade

gaya rambut pria - Taper Fade

Taper fade melibatkan pemotongan bagian samping dan belakang rambut secara bertahap sambil membiarkan bagian atas lebih panjang.

Namun, di bagian atas akan dibuat lama kelamaan semakin memudar ke belakang dan cenderung lebih meruncing. Potongan ini, baru akan cocok bila kamu punya rambut lurus.

14. Edgar Haircut

gaya rambut pria - Edgar Haircut

Potongan edgar haircut sangat mirip dengan potongan rambut caesar cut, tapi dengan pinggiran yang terlihat lebih tipis.

Sangat cocok untuk kamu yang sudah memiliki rambut pendek namun ingin memperbaharui penampilan dengan potongan yang muda, modern, dan edgy serta dapat menyamarkan garis rambut yang tidak rata.

15. Burst Fade

gaya rambut pria - Burst Fade

Burst fade didefinisikan sebagai rambut yang meruncing di sekitar telinga dan bagian belakang kepala, seringkali dengan tampilan bulat dan setengah lingkaran.

Rambut di leher dibiarkan lebih panjang, dan fokusnya ada di tepi garis rambut. Gaya ini sangat fleksibel, cocok untuk berbagai panjang rambut, gaya dan tekstur.

16. Curtains (Gorden)

nama potongan rambut pria - Curtains

Curtains adalah potongan rambut pria yang panjangnya sedang dan menyerupai sebuah gorden. Lengkap dengan poni panjang yang terbelah ke tengah atau samping.

Gaya rambut curtains bagi pria populer pertama kali dengan adanya gerakan hippie pada 1960-an. Kemudian di tahun 90-an dipopulerkan kembali oleh berbagai artis dunia, seperti grup band Nirvana, Brad Pitt dan Leonardo Dicaprio.

Tertarik untuk mencoba model rambut pria belah tengah yang satu ini?

17. Blowout

nama potongan rambut pria - Blowout

Untuk kamu yang sangat percaya diri dengan jambul, ada gaya rambut pria bernama blowout yang akan menampilkan jambul kamu dengan sangat kontras.

Dari Asia hingga Eropa, pria di mana-mana mengguncang tren rambut yang dihidupkan kembali ini dengan gaya. Potongan rambut blowout tidak hanya eye-catching tetapi juga fashion-forward dan keren.

19. Faux Hawk

nama potongan rambut pria - Faux Hawk

Faux hawk terinspirasi dari gaya rambut mohawk yang dipopulerkan selama gerakan punk. Ini menjadi salah satu model rambut pria paling populer di segala usia, terutama di kalangan anak muda.

Jadi, kalau kamu adalah orang yang narsis dan percaya diri terhadap penampilan yang formal tapi tetap bernuansa punk, faux hawk jawabannya.

20. Half-Up (Kuncir Kuda)

nama potongan rambut pria - Half-Up

Rambut kuncir kuda, itulah sebutan yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia tentang gaya rambut pria half-up. Inilah kehebatan rambut panjang pada pria, bisa memainkan lebih banyak gaya rambut.

21. Long and Straight Hair

nama potongan rambut pria - Long and Straight Hair

Memiliki rambut lurus panjang merupakan gaya yang sangat menarik. Bisa jadi sebuah cara untuk tampil lebih ekspresif dan enerjik kepada pacar atau jodoh kamu nanti.

Kamu hanya perlu sesekali mengunjungi barbershop untuk merapihkan rambut sedikit saja. Karena, disinilah letak kerennya rambut kamu. Apalagi ketika bagian atas disingkap ke belakang untuk mempertegas wajahmu.

22. Long Loose Curls

nama potongan rambut pria - Long Loose Curls

Kalau kamu memiliki rambut panjang keriting alami dan sedang mencari cara yang sangat alami untuk menatanya, membiarkannya longgar adalah salah satu pilihan terbaik.

Ini menciptakan estetika yang sangat santai dan riang tetapi juga merupakan cara yang fantastis untuk memamerkan tekstur dan volume rambut kamu.

23. Topknot

nama potongan rambut pria - Topknot

Topknot adalah gaya rambut pria yang paling banyak ditemui di majalah dan foto model. Sesekali mungkin diterapkan oleh anak band dan pesepakbola seperti Ibrahimovic.

Ini bukanlah gaya rambut pria yang rumit, tapi dapat dijadikan sebagai alternatif yang lebih profesional dan formal ketika kamu punya rambut panjang dan ingin menghadiri pertemuan penting.

24. Dreadlocks (Gimbal)

nama potongan rambut pria - Dreadlocks

Tidak suka dengan gaya rambut yang rapih, mainstream, tertata dan begitu-gitu aja? Cobalah ekspresikank dirimu untuk lebih berani menggimbal rambut (dreadlocks).

Tampilan ini menonjolkan helaian rambut dan lebih mudah dirawat daripada gaya lainnya, dan tidak membutuhkan banyak waktu perawatan setiap hari.

Author

Penikmat film. Pembaca buku. Penulis.

Write A Comment