Tanpa disadari dalam kehidupan sehari-sehari sebenarnya ada banyak peluang usaha rumahan dengan modal kecil namun keberlanjutan dan keuntungannya cukup besar bila ditekuni.

Hal yang menjadi dasar kenapa membuka peluang bisnis di rumah tidak perlu mengeluarkan modal besar adalah tidak diperlukannya kantor, biaya operasional, dan karyawan.

Namun, ide tersebut memang sulit untuk digali dan disadari. Oleh karena itu, saya ingin membagikan beberapa ide usaha rumahan yang menjanjian ini dengan harapan kamu bisa mulai mendapatkan pundi-pundi uang tanpa harus keluar rumah atau sambil menunggu undangan interview bekerja di kantor.

Apa saja peluang usaha rumahan tersebut? Saya bagi menjadi 2 bagian, bagian pertama adalah usaha offline, dan yang kedua adalah usaha online.

Daftar Isi

25 Peluang Usaha Rumahan Offline

peluang usaha rumahan offline

Dimulai dari bisnis offline, berikut ini beberapa ide yang bisa kamu terapkan.

1. Usaha Jahit Baju dan Celana

Semua orang selalu membutuhkan baju dan celana untuk dikenakan sehari-hari, mulai dari yang non-formal sampai yang formal. Tanpa penjahit, baju dan celana yang terbuat dari kain tersebut tidak akan menjadi baju ataupun celana.

Kalau kamu suka dan pintar menjadi, mulailah dengan menawarkan jasa ini kepada tetanggamu. Karena, setiap orang akan membutuhkan penjahit untuk memperbaiki baju yang rusak, kancing yang lepas dan baju yang terlalu besar.

Bangunlah keakrabanmu dengan tetangga, dan buatkanlah banner kecil di depan rumahmu sebagai penunjuk bahwa sekarang ini kamu mulai menawarkan jasa jahit untuk orang-orang sekitar.

2. Usaha Laundry (Cuci atau Setrika Baju)

Tidak punya kemampuan untuk menjahit? Jangan khawatir, masih ada peluang usaha rumahan yang memanfaatkan baju dari pelanggan, yaitu usaha laundry.

Di jaman yang sekarang serba cepat dan banyak orang menginginkan sesuatu yang instan, laundry menjadi solusi paling cepat untuk mengatasi solusi cucian baju yang menumpuk.

Entah itu di perkotaan ataupun kampung, bisnis laundry tetap menjadi peluang usaha yang trend dan dibutuhkan. Seperti pria bernama Andry Tri Kurniadi yang memulai usaha laundrynya di Depok. Sekarang ia sudah memiliki lebih dari 5 cabang di seluruh Indonesia.

Yang perlu diketahui, bisnis laundry tidak selalu memerlukan mesin cuci sebagai alat utama untuk mencuci. Untuk mengawalinya, kamu bisa mencucikan baju seseorang dengan cara manual. Kumpulkan uang hasil usaha tersebut untuk mendapatkan mesin cuci.

3. Usaha Cuci Sepatu

Bila kamu ragu untuk memulai usaha laundry, kamu bisa memulainya dari sesuatu yang lebih spesifik, usaha contoh sepatu contohnya.

Di Jakarta, sudah ada banyak pengusaha yang memulai usaha cuci sepatu karena dianggap sebagai peluang bisnis modal kecil dengan keuntungan yang menjanjikan.

Reza Fahlevi adalah salah satu contoh pemilik usaha cuci sepatu yang sudah berhasil meraup keuntungan 3 juta Rupiah per hari selama masa pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu.

4. Usaha Cuci Motor dan Mobil

Tidak kalah menjanjikannya dengan bisnis lain, usaha cuci motor dan mobilpun menjadi alternatif terbaik saat ini untuk kamu yang sedang menganggur dan punya segudang stok air bersih di rumah.

Mulailah bisnis ini dari pencucian motor, kemudian tingkatkan lagi bisnisnya menjadi usaha pencucian mobil.

5. Menjadi Fotografer

Di dunia yang serba online ini, hampir semua orang membutuhkan dokumentasi foto yang menarik untuk dijadikan sebagai foto sampul di sosial media mereka.

Menjadi fotografer merupakan salah satu opsi terbaik untuk bisa mendapatkan uang dengan cepat. Kamu bisa memulai dari fotografi makanan, pernikahan, alam, hingga fotografi bayi.

Biaya yang diperlukan untuk menjadi fotografer tidak terlalu besar. Hanya bermodalkan satu kamera DSLR dilengkapi dengan kemampuanmu membidik objek menjadi lebih menarik sudah cukup.

6. Menjadi Videografer

Sama halnya dengan profesi menjadi fotografer, videografer juga dibutuhkan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi menarik untuk dibagikan di sosial media.

Memang biaya yang dibutuhkan untuk menjadi videografer cukup mahal. Tapi, hal ini akan menjadi murah ketika banyak orang yang mempercayaimu karena hasil videomu mengagumkan.

Cobalah juga untuk membagikan hasil karya videomu di sosial media.

7. Produksi Makanan Ringan

Bisa dibilang, makanan adalah usaha terbaik untuk dilakukan. Tidak ada satupun orang di dunia ini yang tidak membutuhkan makanan sebagai cara untuk mengisi perut.

Beberapa produk makanan yang sekarang menjadi trend untuk dijual antara lain makaroni, cilok, bakso, seblak, keripik singkong, singkong keju, batagor, donat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mulailah dengan memanfaatkan bahan pokok yang ada di sekitarmu. Gunakanlah keahlian dan resep yang kamu ketahui sekarang untuk membuat produk makanan ringan yang sedang untuk dinikmati sehari-hari.

8. Usaha Katering Rumahan dan Kantoran

Punya keahlian memasak yang enak? Jangan sia-siakan keahlian tersebut dengan tidak membuka usaha katering sendiri di rumah.

Konsep katering rumahan dan kantoran sebenarnya sudah pernah diambil kesempatannya oleh salah satu startup di Indonesia bernama Kulina.

Tapi, jangan mau kalah dengan Kulina, selagi kamu punya bakat untuk memasak masakan yang lebih enak, murah dan sehat.

9. Franchise dengan Bisnis Makanan yang Terkenal

Tidak punya kemampuan yang enak untuk memasak tapi punya keahlian untuk berbisnis dan manajemen orang? Cobalah untuk mengunggah konsep franchise dengan beberapa bisnis makanan yang sebelumnya sudah terkenal di Indonesia.

Beberapa bisnis makanan yang membuka franchise secara terbuka antara lain Ayam Pak Gembus, Geprek Bensu, Warunk Upnormal, Martabak Orins dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hubungilah manajemen mereka dan nyatakan bahwa kamu tertarik untuk membuka franchise di suatu tempat yang penjualannya menjanjikan.

10. Buka Kedai Kopi

Siapa yang tidak tertarik untuk membuka kedai kopi. Sekarang ini, kedai kopi menjadi peluang usaha rumahan yang lagi trend di Indonesia.

Tiba-tiba di sepanjang tahun 2019 – 2020 banyak kedai kopi bermunculan di tengah kota dan desa. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam meracik kopi yang dicampur dengan susu.

Sebagai inspirasi, salah dua kedai kopi yang sudah berhasil di Indonesia antara lain Kopi Kenangan dan Kopi Kulo. Mereka membuka kedai kopi dengan konsep yang enak, kekinian dan mudah didapatkan.

11. Berjualan Thai Tea

Selain membuka kedai kopi, thai tea pun sempat menjadi fenomena di Indonesia. Ada banyak orang yang rela meninggalkan tempat kerjanya yang sekarang demi membuka kedai thai tea.

Saking larisnya, ada banyak mahasiswa yang membuat skripsi mereka dengan meneliti sejumlah gerai thai tea di Indonesia. Mereka menganggap bisnis ini adalah bisnis yang unik. Salah satu bisnis yang bisa tiba-tiba booming.

12. Berjualan Seblak

Suka dengan makanan yang satu ini? Bagus! Kenapa kamu tidak memanfaatkannya? Sekarang cobalah membuat seblak dengan kreatifitasmu.

Cukup bermodalkan mie, dan makaroni sebagai bahan dasar, kamu seharusnya bisa membuat seblak yang lebih enak daripada yang aslinya.

13. Budidaya Ikan Hias

Wah, siapa lagi sih yang tidak tertarik dengan budidaya ikan hias di tahun 2021 ini. Sebelumnya trend budidaya ikan hias juga sudah pernah terjadi di Indonesia, mulai dari ikan louhan hingga cupang.

Mulailah dari ikan-ikan yang menurut kamu mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan. Salah satu contoh yang paling menarik adalah ikan cupang. Bentuknya yang kecil, dan mudahnya perawatan tidak membuat ikan cupang harganya menjadi murah.

Saat kamu sudah memiliki cukup banyak ikan hias untuk dipamerkan. Segeralah pasang banner di depan rumahmu untuk mengumumkan bahwa saat ini kamu mulai aktif menjual ikan hias dari berbagai macam jenis.

14. Budidaya Ikan Konsumsi

Kamu tahu darimana asalnya pemilik warung lamongan mendapatkan stok ikan lele setiap hari? Mereka itu bekerjasama dengan pembudidaya ikan konsumsi.

Kalau kamu punya lahan yang cukup di sekitar rumahmu untuk membudidayakan ikan, inilah saatnya kamu untuk ikut terjun ke dalam bisnis ini.

Satu contoh ikan yang paling banyak dikonsumsi adalah ikan lele. Mulailah dengan membeli benih ikan lele yang biasanya dijual Rp 300,- per ekor. Ketika sudah besar, ikan lele yang tadinya benih itu kamu jual Rp 32.000,- per kilogram.

15. Ternak Ayam Potong

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menjadi seorang pengusaha yang memulai usahanya dari nol. Sama halnya seperti beternak ayam potong, semua orang tahu kemudahan dan kesulitannya. Tapi, semua orang juga tahu bahwa harga daging ayam di pasar selalu memiliki nilai jual yang tinggi. Terpantau terakhir kali di pasar, harga ayam potong berkisar di angka Rp 39.000,- per kilogram.

Seperti yang telah disebutkan tadi, beternak ayam bukanlah sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Butuh pemahaman mengenai cara memberi pakan, mengembangbiakkan sampi mendistribusikannya ke warung kuliner atau pembeli langsung.

Namun, usaha tersebut tentu akan menjadi sangat menjanjikan bila kamu konsistem dalam menternaknya. Karena, hampir semua restoran di Indonesia, dan hampir semua orang di Indonesia sangat menyukai olahan daging ayam. Ini artinya, usahamu akan tetap memiliki kemungkinan laku di pasar.

16. Budidaya Burung Hias

Burung hias memiliki perhatian sendiri bagi kalangan dan komunitasnya. Bila kamu merupakan salah satu orang yang juga tertarik dengan beraneka ragam burung, cobalah untuk memulai bisnis ternah burung hias.

Peluang usaha rumahan ini sangat menjanjikan, loh. Ada banyak burung di luar sana yang harga beli benihnya cukup murah dan harga jualnya cukup tinggi kalau sudah dewasa. Terutama bagi burung-burung yang punya sertifikat menang dalam suatu perlombaan.

Namun, bila kamu tidak tertarik sama sekali dengan burung. Jangan pernah coba-coba untuk memulainya, perlu pemahaman tentang cara ternak burung yang baik agar tidak cepat mati dan tumbuh dewasa menjadi burung yang cantik dan gacor.

17. Usaha Potong Rambut (Barbershop)

Jangan pernah takut untuk mencoba usaha potong rambut. Semua tekniknya bisa dipelajari melalui media online. Ada banyak penata rambut di Indonesia yang mulai memposting berbagai teknik tersebut untuk dikonsumsi secara gratis.

YouwinBarber Shop merupakan salah satu pembuat konten di Youtube yang sudah aktif sejak 2017. Kini semua videonya sudah ditonton oleh lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia.

Kamu bisa mempelajari berbagai macam teknik melalui kanal akun tersebut, mulai dari apa saja trend potong rambut bagi pria, cara bikin gradasi rambut, hingga detail-detail lain yang sebelumnya hanya bisa kamu dapatkan melalui program kursus potong rambut.

18. Menjadi Penata Rias

Selain menjadi penata rambut, peluang usaha rumahan lain yang bisa kamu lakukan adalah menjadi penata rias, entah itu untuk pernikahan, tunangan, ataupun wisudawan/ti.

Memang tidak cukup mudah untuk mengembangkan usaha menjadi penata rias. Tapi, kalau kamu punya jaringan komunitas dan marketing mulut ke mulut yang kuat. Percayalah usaha penata riasmu bisa menjadi besar.

Bila sedang sepi job, jangan hentikan kreatifitas otamku untuk menjual berbagai barang yang ada kaitannya dengan pernikahan, dan tunangan. Seperti menjual kebaya dan gaun penganti. Tidak punya stoknya? Jadilah dropshipper.

19. Jual Pulsa (Agen PPOB)

Di jaman yang serba modern ini, hampir semua orang membutuhkan jasa penjualan pulsa untuk memenuhi kebutuhan kuota mereka. Ambillah kesempatan ini untuk menjadi agen PPOB di area sekitar rumahmu.

Daftarkanlah diri kamu di berbagai aplikasi penjualan pulsa yang tersedia di internet. Mereka adalah distributor PPOB yang harganya jauh di bawah harga pasar.

Sekarang mulailah untuk menjual pulsamu ke teman-teman terdekat. Usahakan meminta mereka untuk memberi testimoni dan rekomendasi kepada teman yang lain agar usaha pulsamu semakin meningkat pemasukannya.

20. Sedia Galon Isi Ulang

Air adalah kebutuhan primer setiap orang untuk bertahan hidup. Galon adalah salah satu alat yang paling sering dijumpai di berbagai pintu rumah. Sudah hampir 90% orang yang sudah mulai meninggalkan cara memasak air sendiri untuk melengkapi kebutuhan minumnya sehari-hari.

Jadi, kenapa tidak untuk memanfaatkan momen ini. Carilah distributor galon tangan pertama yang punya harga jual murah. Stok beberapa galon di rumah dan mulailah berjualan ke tetangga sekitar rumahmu. Bila penghasilannya sudah meningkat, jangan ragu untuk membuka toko kelontongan.

21. Jasa Servis Elektronik

Kamu lulusan sekolah teknik elektronika? Kesempatan bagus ada di depanmu. Cobalah untuk memulai jasa servis berbagai macam barang elektronik, mulai dari TV, AC, komputer, printer, hingga smartphone.

Jasa ini sangat dibutuhkan banyak orang, mengingat di jaman ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang sudah memiliki gadget lebih dari satu.

22. Jasa Bersih-bersih Rumah

Tidak ada yang salah dengan usaha bersih-bersih rumah. Kemampuan ini tidak dimiliki juga oleh orang lain, loh. Banyak orang di perkotaan dan desa yang sibuk dengan pekerjaannya sehari-hari menjadi karyawan dan pengusaha.

Beberapa dari mereka membutuhkan jasa bersih-bersih semata-mata karena terbatasnya waktu serta tenaga yang mereka miliki. Ingat dimana Go-Clean sempat jaya pada masanya? Jika bukan hanya karena pandemi, kemungkinan besar jasa Go-Clean masih akan terus berlanjut sampai sekarang.

23. Menjadi Reseller

Kamu tahu apa kekuatan dari penjual di internet? Mereka menjual produknya dengan harga yang lebih murah dibandingkan di toko offline. Hal ini disebabkan adanya persaingan yang ketat di internet.

Kabar baiknya, kesempatan ini bisa kamu ambil sebagai peluang untuk membeli produk secara online kemudian menjualnya lagi secara offline.

Bila perlu, daftarkan diri kamu di Sahabat Dropshipper atau Reseller Dropshipper untuk mendapatkan penawaran produk yang harganya jauh di bawah pasaran. Kemudian, jual lagi produk tersebut ke tetanggamu.

Tri Widayanti adalah salah satu contoh reseller yang sudah menghasilkan uang 60 Miliar dari hasil penjualan baju bola, futsal dan berbagai macam fashion lainnya. Bisnis reseller ini sudah dia tekuni sejak menginjak bangku kuliah. Kisah suksesnya tersebut sudah tersebar di berbagai media berita nasional di Indonesia.

24. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan bisa menjadi alternatif terbaik ketika kamu ingin memulai usaha di rumah tanpa bermodalkan uang yang besar. Seperti yang telah dilakukan oleh seller bernama aydanosy di Shopee.

aydanosy telah menjual lebih dari 10 ribu kerajinan tangan yang harganya rata-rata dimulai dari Rp 4.000,-.

Adapun ide kerajinan tangan tersebut bisa berupa masker, kain rajut, gelang, dompet, hijab, rak sepatu, kaos kaki motif, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Modalnya tergantung dari bahan dasar yang akan kamu modif, bisa menjadi besar dan bisa menjadi sangat murah.

25. Jasa Servis Motor dan Mobil

Peluang terakhir ini sangat terbuka bagi kamu orang yang lulus dari sekolah teknik mesin dan otomotif ataupun orang-orang yang punya hobi otomotif.

Jasa servis motor dan mobil tidak boleh kamu remehkan, mereka sangat dibutuhkan baik di desa maupun perkotaan. Tidak ada banyak pemilik kendaraan di Indonesia memiliki keahlian dalam memperbaiki kendaraan, meskipun itu hanya sebatas mengganti busi.

25 Peluang Usaha Rumahan Online

peluang usaha rumahan online

Beralih dari usaha offline, kini kita berbicara mengenai apa saja peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan secara online. Berikut ini daftarnya.

1. Menjadi Penulis Freelance

Kalau kamu punya kemampuan untuk menulis, ada banyak perusahaan di Indonesia yang siap membayar kamu untuk menulis di blog atau sosial media mereka. Hal ini mengingat salah satu media promosi terbaik sebuah perusahaan adalah melalui content marketing.

Mulailah mencari klien di berbagai situs freelancer terpercaya dan unggahlah portofolio selama kamu pernah menulis. Jangan pernah terputus koneksi dengan klien yang sudah pernah kamu tangani. Bisa jadi, mereka akan datang kembali untuk memesan jasa penulisan ke kamu.

Seperti yang sedang saya lakukan, saya menulis di dibalikmeja.com dengan hasil pembayaran setiap bulan. Jika kamu tertarik, hubungi rendy@dibalikmeja.com untuk mendapatkan penawaran darinya.

2. Menjadi Desainer Grafis

Semua perusahaan punya sosial media, dan sosial media membutuhkan grafis yang menarik untuk dipertunjukan kepada usernya. Kalau kamu punya keahlian dalam hal menggambar, cobalah untuk unggah hasil desainmu ke sosial media.

Unggahan desainmu ke sosial media diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilik perusahaan di luar sana untuk melirik kamu menjadi seorang desainer grafis freelance.

3. Menjadi Editor Video

Salah satu fenomena yang terjadi di dunia kerja saat ini dari sisi produksi video bisa menjadi alternatif terbaik buat kamu yang memiliki hobi editing video dan ingin mencari uang tambahan dari internet.

Pasalnya, tidak semua perusahaan besar di Indonesia memiliki anggota tim internal yang mampu membuat video bagus seperti yang sudah mereka bagikan di sosial media.

Sebagian besar masih mengandalkan vendor pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan yang satu ini. Hal ini sudah saya lihat pada grafik yang ditampilkan oleh Ahrefs, kata kunci “jasa pembuatan website” muncul lebih dari 1.000 kali setiap bulan.

4. Menjadi Pembuat Animasi

Selain menjadi penulis, desainer grafis dan video editor, masih ada satu lagi kemampuan yang berhubungan dengan komputer yang bisa dimanfaatkan untuk mencari uang di internet.

Kali ini kita berbicara mengenai produksi animasi. Sudah sangat jelas, animator di Indonesia jumlahnya tidak banyak. Banyak perusahaan yang mencari-cari vendor ketiga untuk membuatkan video animasi.

Jika kamu punya skill dalam membuat animasi, mulailah bangun portofoliomu melalui sosial media. Bila perlu, kirimkan proposal kepada beberapa perusahaan yang membutuhkan, carilah informasi ini melalui teman-temanmu.

5. Manfaatkan Peluang Jasa Desain Website

Kita semua tahu, sekarang ini femonena perusahaan startup sedang naik daun. Mereka mempromosikan produknya melalui website dan aplikasi berbasis mobile.

Dan hampir semua pendiri startup yang baru saja membuat sebuah produk/layanan, bisa dipastikan tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk melanjutkan karyanya.

Sedangkan, desain website merupakan tugas pertama yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum produk itu dirilis. Maka, sudah dapat dipastikan, peluang usaha desain website tentu sangat besar.

99designs, Sribu, dan Fiverr adalah bukti nyata bagaimana mereka bisa melayani kebutuhan jasa desain website bagi para pendiri perusahaan. Bila kamu tertarik, cobalah untuk mempelajari salah satu diantaranya dan segera dapatkan uang dari sana.

6. Jual Jasa Pembuatan Website

Peluang usaha rumah menjanjikan selain menjadi web designer adalah menjadi web developer. Bahkan, harganya bisa lebih mahal dari seorang web designer.

Bila kamu sudah mengenal beberapa bahasa pemrograman terpopuler di dunia serta paham dengan bagaimana logika berjalannya sebuah website, sangat direkomendasikan untuk menjalankan usaha pembuatan website.

Selain harga jasanya yang mahal, menjadi web developer pun hanya membutuhkan kemampuan saja tanpa adanya modal yang harus dikeluarkan. Jikapun ada modal, itu digunakan untuk mempromosikan layananmu melalui berbagai media sosial.

7. Jual Barang Tanpa Stok di Rumah (Dropshipper)

Lagi cari peluang usaha rumahan tanpa modal dan tanpa pengetahuan sama sekali? Cobalah untuk belajar menjadi dropshipper.

Apa itu dropship? Dropship adalah konsep berjualan di internet tanpa harus memiliki modal dan tanpa harus sedia stok barangnya. Karena, semuanya akan diambil dari pihak ketiga yang mana pembeli tidak akan menyadarinya.

Lihat gambar berikut ini agar lebih mudah dipahami.

model bisnis dropship

Meskipun pembeli tidak menyadarinya, bukan berarti kita akan berbohong kepada mereka.

Konsep ini justru menjadi solusi paling tepat bagi kamu yang sedang terdesak ingin mencari uang dengan menjual barang tapi tidak punya alat produksi dan sejumlah modal untuk mendapatkannya melalui pusat grosir.

8. Bangun Akun Sosial Media dan Tawarkan Endorse

Menurut data yang diambil oleh lembaga internasional terpercaya, Hootsuite, Indonesia memiliki jumlah pengguna sosial media lebih dari 160 juta pada tahun 2020. Jumlah ini akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Dalam ebooknya, Getcraft merilis harga postingan influencer mulai dari Rp1,3 juta untuk foto feed Instagram, Rp2,7 juta untuk video feed Instagram, dan Rp900.000 untuk Instagram Stories.

Bangun Akun Sosial Media dan Tawarkan Endorse

Angka yang menarik, bukan? Daripada membuang waktu setiap hari scroll feed Instagram, TikTok dan sosial media lainnya. Lebih baik gunakan waktu kamu untuk membuat akun sosial media yang berpotensi bisa meng-endorse sebuah brand.

Bacaan rekomendasi: Cara Mendapatkan Uang di TikTok

9. Jual Jasa Penerjemah

Di tengah dunia yang sebar digital, tidak ada batasan untuk mengakses informasi dari negara manapun. Membuat semakin banyak orang yang memiliki keterbatasan bahasa membutuhkan jasa translate.

Yasa merupakan seorang Tech Enterpreneur yang juga aktif menjual jasa translator di Fastwork. Dia dapat menjadi salah satu contoh betapa banyaknya kebutuhan penerjemahan yang bisa ia selesaikan.

Dari 2019 hingga kini, total sudah ada 174 klien yang mempercayakan Yasa untuk menerjemahkan bahasa Indonesia ke Inggris (dan sebaliknya) dengan harga yang dimulai dari Rp50.000.

Bila kamu punya keahlian berbahasa selain bahasa Indonesia, cobalah untuk mengikuti jejak yang sudah dilakukan oleh Yasa di atas.

10. Buka Toko Online

Peluang bisnis tidak harus memiliki toko fisik. Sudah ada banyak platform di internet yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menjual produkmu. Manfaatkanlah platform tersebut dengan sebaik-baiknya, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, JD.ID, atapun yang lainnya.

Seperti yang dilakukan di China, masyarakat di sana hampir tidak ada yang berpikiran untuk membuat ecommerce lain untuk menyaingi Alibaba. Yang mereka lakukan justru bagaimana cara memanfaatkan Alibaba untuk menjual produk-produk yang mereka miliki.

Joko adalah sosok yang dapat menjadi inspirasi bagi kamu yang ingin coba berjualan online di ecommerce. Dia adalah sosok yang awalnya coba-coba memanfaatkan usaha rumahan ini. Tidak disangka, sekarang omsetnya sudah lebih dari Rp400 juta.

11. Reviewer di Youtube

Suka beli barang online yang aneh-aneh atau hobi dengan sesuatu? Yuk, coba untuk direview terus upload di Youtube. Mengingat video adalah konten yang paling banyak di konsumsi di Indonesia.

Seperti fakta yang sudah diriset oleh techjury, video adalah sumber informasi nomor 1 bagi 66% pengguna internet dan lebih dari 500 juta orang menonton video Facebook setiap hari.

David GadgetIn adalah bukti nyata bahwa banyak orang yang mencari informasi mengenai berbagai gadget dan terbukti mampu membuatnya kaya raya dari iklan Adsense, promosi konten, dan endorse.

12. Jual Ebook

Kalau kamu punya keahlian dan suka menulis, sebaiknya manfaatkan peluang penjualan ebook. Karena, di tengah informasi yang serba digital ini, informasi bisa dijual melalui media apapun.

Informasi yang tadinya hanya bersumber di buku, sekarang sudah bisa dengan mudah didapatkan melalui internet, terutama informasi yang berbentuk ebook.

13. Jualan Template Website

Suka membuat website dan punya banyak waktu senggang tapi keahlian membuat websitemu belum dipesan oleh klien? Jangan khawatir! Sekarang ada banyak perusahaan dan perorangan yang juga aktif mencari template website di internet.

Daftarkan diri kamu di Envato ataupun Themeforest sebagai tempat untuk kamu mencari uang di internet dengan cara menjual template website.

Jegtheme adalah orang Indonesia yang sudah aktif menjual template di website sejak lama. Saat ini, jumlah template yang sudah dia jual lebih dari 5.000 dengan masing-masing template harganya Rp800.000,-.

14. Menjual Stok Foto dan Video

Menjadi fotografer dan videografer bukan hanya sebatas peluang usaha rumahan yang dilakukan secara offline. Bila kamu mampu memanfaatkan platform microstock yang tersedia di internet, kamu bisa mendapatkan uang untuk setiap foto yang kamu miliki.

Salah satu orang yang cukup berhasil menekuni bisnis ini adalah Sangpena. Dalam satu artikelnya, dia membagikan bagaimana pengalamannya mendapatkan Rp162 juta hasil menjual foto dan video di Shutterstock.

Nah, buat kamu yang hobi hunting foto dan video, cocok banget bisnis ini, loh. Tunggu apalagi? Cobain sekarang!

15. Kursus Online

Ketika kamu sedang mencari peluang usaha rumahan, mulailah dari sesuatu yang sebenarnya sudah kamu miliki sampai sekarang. Bila dilihat dengan seksama, hampir semua peluang tersebut berasal dari kemampuan diri kita sendiri.

Mulai dari membuka usaha jasa fotografi, videografi, pembuatan website, sampai kepada membuka usaha pencucian motor. Semuanya bisa kamu pilih menyesuaikan dari apa yang sudah kamu miliki sekarang.

Tapi, ketika kamu ternyata merasa kesulitan untuk mencari klien, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membuka kursus online (webinar).

16. Membuat Kanal Podcast

Selain teks dan video, kanal suara merupakan sumber informasi selanjutnya yang tidak kalah populernya. Podcast dapat dijadikan sebagai lahan untuk mendapatkan uang dari rumah bila kamu sudah memiliki kontrak dengan pengiklan.

Seperti apa sih kanal podcast yang dicari oleh pengiklan di Indonesia. Tentu ada banyak faktor, beberapa faktor yang mempengaruhinya adalah jumlah followers, jumlah pendengar, target market, dan gaya bahasa yang disampaikan olehmu.

17. Menjadi Streamer Game

Tidak ada yang salah dengan bermain game. Ada banyak gamers seperti Jess No Limit, EJ Gaming, dan Pew Die Pie yang telah mendapatkan ratusan juta Rupiah setiap bulan dan konten streaming game yang telah mereka buat. Yang salah dari bermain game adalah bermain hingga lupa waktu.

Jadi, saya sarankan buat kamu yang memang hobinya main game setiap hari. Cobalah untuk mulai membuat kanal di Facebook, Youtube, dan Nimo untuk dijadikan sebagai tempat streaming.

18. Menjadi Freelance Admin Sosial Media

Emang bisa admin sosial media dikerjakan oleh freelance? Tentu sangat bisa. Apalagi, pekerjaan admin sosial media sebenarnya tidak terlalu berat. Hanya saja, siapapun yang menjadi admin harus siap 24 jam untuk menjawab berbagai keluhan dan pertanyaan yang disampaikan oleh netizen.

Tipe pekerjaan ini juga sering dicari oleh perusahaan-perusahaan besar melalui berbagai website penyedia freelancer seperti Sribulancer. Harga yang ditawarkan variatif, mulai dari Rp500.000,- per bulan sesuai dengan tugasnya.

19. Jual Voucher Game

Semenjak pandemi pada tahun 2020, industri game dan esports merangkak naik hingga memiliki nilai Rp15,4 triliun. Banyak perusahaan yang mengadakan turnamen secara online dan berlomba-lomba membuat game dengan pengalaman terbaik, terutama game mobile.

Sebagai orang yang bergerak secara individu, kesempatan seperti ini sebenarnya masih bisa diambil untung. Karena, dari semua game yang sudah ada di internet membutuhkan voucher untuk membeli sesuatu di dalamnya.

Inilah kesempatan yang harus diambil, dimana semua orang sedang suka bermain game. Marilah kita menjual voucher game-nya kepada mereka.

Tips paling utama untuk memanfaatkan peluang usaha rumahan ini tentu dengan mencari distributor voucher paling murah agar mendapatkan keuntungan yang tinggi.

20. Manfaatkan Ecommerce untuk Menjadi Makelar

Ingat konsep usaha rumahan dropship? Konsep tersebut bisa kamu terapkan dengan menjadi seorang makelar di ecommerce.

Bagaimana caranya? Carilah properti (rumah, apartemen, kost, dll) dan kendaraan (motor ataupun mobil). Mintalah izin kepada mereka bahwa kamu ingin ikut mempromosikan produk tersebut kepada teman-teman yang lain.

Kemudian, masuklah ke situs ecommerce seperti rumah.com, garasi.com, posting foto serta nama produknya disana.

21. Ikut Program PTC dari Neobux

Neobux adalah situs untuk mendapakan uang secara online yang mana penggunanya akan dibayar dengan uang dollar setelah melihat beberapa iklan dalam hitungan 5 detik.

Arenapublik adalah salah satu media yang sudah membuktikan hal tersebut benar melalui artikelnya yang dijelaskan dalam satu bulan mendapatkan uang $73 atau setara dengan Rp1.070.000,-.

Bagaimana cara menggunakannya? Daftarkan diri kamu di Neobox, tonton iklan yang disediakan, selesaikan survey dan dapatkan uangnya.

22. Belajar dan Jadilah Konsultan SEO

Peluang usaha rumahan online yang paling menjanjikan selanjutnya adalah dengan menjadi seorang konsultan SEO (Search Engine Optimization).

Apa itu SEO? SEO adalah salah satu bagian dari digital marketing yang berfungsi untuk mempromosikan produk di website agar mendapatkan lebih banyak pengunjung dan pembeli.

Kenapa SEO sekarang menjadi penting? Karena, Indonesia memiliki sekitar 93% pengguna internet yang menggunakan mesin pencari Google untuk mencari sebuah produk di internet. Hal ini menjadi daya tarik bagi pemilik bisnis untuk mulai menerapkan SEO di semua websitenya.

Bacaan rekomendasi: Belajar SEO Mulai dari Nol

23. Menjual Domain

Di dunia yang serba internet ini, hampir semua orang tertarik untuk membuat website, entah itu karena iseng, untuk pribadi ataupun sebagai tempat promosi produk.

Tentu mereka membutuhkan domain sebagai alamat yang mudah diakses oleh pengunjung.

Uniknya, semua orang memiliki akses untuk membeli domain tanpa menggunakannya secara publik. Domain tersebut bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang dengan harapan di masa depan nanti ada orang yang tertarik untuk membelinya.

Seperti yang telah dilakukan oleh QuinStreet, mereka berani membeli domain carinsurance.com dengan harga Rp700 miliar pada 2010 karena dianggap domainnya unik dan punya potensi yang tinggi.

24. Buka Usaha Pembuatan Company Profile

Punya pengalaman dalam membuat desain branding di dalam sebuah perusahaan? Pernah bekerja di bagian administrasi perusahaan yang baru dirintis? Coba deh buka jasa pembuatan company profile.

Nyatanya tidak semua pemilik bisnis baru punya loh pengalaman ini. Apalagi, masalah branding itu sangat berpengaruh pada citra perusahaan di mata masyarakat.

25. Buat dan Jual Resep Masakan

Punya hobi memasak atau membuat makanan dengan resep yang menarik tapi tidak punya kemampuan untuk membuka bisnis makanan? Coba deh sekarang kamu tuliskan resep dari setiap masakan yang sudah pernah kamu buat.

Posting dan jual resep tersebut melalui website dan sosial media. Dengan ketekunan dan strategi marketing yang menarik, perlahan-lahan pasti akan ada banyak orang yang membeli resepmu.

5 Tips Memanfaatkan Peluang Usaha Rumahan dengan Baik

tips memanfaatkan peluang usaha rumahan

Jadi, mana peluang yang ingin kamu ambil? Semuanya memiliki potensi yang tinggi di pasar. Tapi, harus diimbangi dengan beberapa tips yang membuatnya bisa lebih mudah sukses. Berikut ini tipsnya.

  1. Jangan lupa untuk mempromosikan usahamu di sosial media dan buatlah konten yang menarik.
  2. Manfaatkan ecommerce besar di Indonesia sebagai tempat untuk menjual jasa/produk kamu.
  3. Konsisten dan jangan mudah menyerah.
  4. Mulailah untuk menjual kepada teman dan kerabat terdekat.
  5. Berikan layanan terbaik agar mereka mau kembali lagi membeli produk/jasa yang kamu tawarkan.

Kesimpulan

Itu dia 50 kumpulan ide usaha rumahan yang menjanjikan. Beberapa diantaranya bisa dilakukan dengan modal kecil untuk mendapatkan untuk besar.

Satu hal pasti yang mempengaruhi kesuksesanmu untuk menjalankan salah satu dari ide usaha rumahan tersebut, jangan pernah melupakan tips-tips berbisnis seperti yang disebut di atas.

Potensi ada dimana-mana. Tindakan, konsistensi dan doa adalah kunci kesuksesan.

Author

Penikmat film. Pembaca buku. Penulis.

Write A Comment