Sejak pertama kali dirilis, PUBG Mobile dengan cepat menjelma menjadi salah satu game battler royale yang paling populer di platform mobile. Salah satu alasan mengapa PUBG Mobile bisa begitu populer adalah karena update rutin yang dilakukan oleh sang developer – PUBG Corporation – terhadap game tersebut. In fact, PUBG Mobile mendapatkan update yang lebih rajin ketimbang versi PC nya.

Selain PUBG Mobile yang dirilis untuk global, game battle royale favorit itu juga memiliki versi regional – versi eksklusif yang dirilis untuk area tertentu – yang dirilis untuk beberapa negara. Nah, kali ini kita akan membahas negara mana saja yang memiliki PUBG Mobile versi mereka sendiri.

Daftar Negara Yang Memiliki PUBG Mobile Versi Regionalnya Sendiri

Mulai dari Korea Selatan hingga India, inilah 5 regional yang memiliki versi PUBG Mobile berbeda.

1. KRJP (Korea Selatan dan Jepang)

PUBG Mobile KRJP adalah salah satu versi regional dari PUBG Mobile yang paling terkenal. PUBG Mobile KRJP diluncurkan oleh PUBG Corporation untuk negara Korea Selatan dan Jepang. PUBG Mobile KRJP ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu kemunculan in-game currency yang bernama “Donkatsu Medal” yang dapat digunakan untuk membeli item di dalam game.

2. Game For Peace (Cina)

Apa kamu tahu kalau PUBG Mobile pernah di-ban di negara Cina? Kendati PUBG Corporation bekerja sama dengan Tencent Games, perusahaan game asal Cina, untuk mengembangkan dan memasarkan PUBG Mobile, game battle royale itu sendiri sempat dicekal di negeri tirai bambu tersebut.

Pada tahun 2019, PUBG Mobile di-ban oleh pemerintah Cina lantara unsur kekerasan yang ditampilkan oleh game tersebut. Demi dapat tetap memasarkan PUBG Mobile di Cina, Tencent Games kemudian me-rebranding game tersebut dan mengganti namanya menjadi Game For Peace.

Beberapa elemen-elemen kekerasan dihilangkan dari versi tersebut. Contohnya seperti cipratan darah yang muncul saat kamu menembaki lawan diganti menjadi cat paintball berwarna hijau. Selain itu player tidak lagi tergeletak dan berlumuran darah saat dikalahkan oleh player lain. Saat kamu mengalahkan lawan, alih-alih mati mereka akan menyerahkan kotak loot dan melambaikan tangan sebelum akhirnya kembali ke lobi. Benar-benar game perdamaian ya!

3. PUBG Mobile Vietnam

Sesuai dengan namanya, PUBG Mobile Vietnam adalah versi region yang dirilis untuk negara Vietnam. Hal yang paling menonjol dari PUBG Mobile Vietnam adalah user interface yang tidak lagi menggunakan bahasa Inggris, melainkan bahasa Vietnam.

PUBG Mobile Vietnam dirilis oleh VNG Game Publishing. Untuk menarik dan memotivasi player PUBG di Vietnam, PUBG Mobile Vietnam juga memberikan reward serta privilege eksklusif yang tidak dimiliki oleh PUBG Mobile global dan regional lainnya.

4. PUBG Mobile Taiwan

PUBG Mobile Taiwan ada versi region dari PUBG Mobile yang dirilis untuk negara Taiwan. Sama seperti PUBG Mobile Vietnam, PUBG Mobile Taiwan dioptimalisasi dan diperuntukkan untuk player PUBG di negara tersebut, mulai dari segi server, bahasa, user interface, dan lain-lain.

PUBG Mobile Taiwan dirilis oleh HotCool Games pada tahun 2019 kemarin, dan dapat diakses oleh player lewat Google Play Store dan Apple App Store di negara tersebut.

5. PUBG Mobile India (To be released)

India adalah salah satu negara yang baru-baru ini meng-ban sekaligus meng-unban PUBG Mobile di negaranya. Pada bulan September lalu, pemerintah India mengeluarkan keputusan untuk meng-ban PUBG Mobile setelah mengetahui kalau game tersebut mengirimkan data pribadi player ke server tencent di Cina.

Untuk mengakomodasi player PUBG di India, yang mana merupakan salah satu playerbase PUBG Mobile terbesar di Asia, PUBG Corporation mengumumkan kalau mereka akan segera merilis PUBG Mobile India yang nantinya akan memiliki server tersendiri dan terpisah dari PUBG Mobile global. Hingga artikel ini dibuat, PUBG Corporation masih belum mengumumkan tanggal perilisan dari versi tersebut, jadi nantikan saja ya sobat!

Author

Journalist. Passionate about superhero movies, video games, and technology.

Write A Comment