Bukan hal baru ketika kita melihat sudah banyak warung sembako, pedagang makanan mulai dari gerobak sampai ruko yang sudah meninggalkan kertas nota konvensional menjadi nota digital dan print menggunakan printer.

Hal tersebut diyakini oleh beberapa pelaku usaha sebagai tindakan preventif terhadap kesalahan saat mencatat pemasukan dan pengeluaran uang yang digunakan untuk bisnis mereka.

Dengan bantuan teknologi, banyak perusahaan mengembangkan aplikasi kasir atau yang biasa dikenal aplikasi POS (Point Of Sales). Aplikasi POS ini diklaim akan dapat memudahkan pelaku usaha dalam melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan uang pada bisnis mereka.

Manfaat penggunaan POS sendiri adalah dapat memangkas waktu untuk menginputkan transaksi jual beli, mengetahui perhitungan laba rugi dengan mudah, dan dapat meminimalisir kesalahan hitung yang sering terjadi pada nota konvensional.

Kamu pengusaha yang sedang bingung memilih aplikasi POS yang mana yang akan kamu pakai? mari simak 6 rekomendasi aplikasi POS di bawah ini.

6 Rekomendasi Aplikasi Kasir (POS) Terbaik di Indonesia

Mulai dari Moka POS yang pernah diakuisisi oleh Gojek hingga AIO Pos. Inilah daftar rekomendasi aplikasi kasir (POS) terbaik di Indonesia.

1. Moka POS

aplikasi kasir - moka pos

Rekomendasi aplikasi POS yang pertama adalah Moka POS. Aplikasi Moka POS merupakan aplikasi yang berbasis cloud. Moka POS sendiri memiliki beberapa layanan, yaitu GoStore, FB & IG Shops, Google Shopping, Selly, Point of Sale, E-Wallet, Management Pelanggan, Management Stock, Management Meja dan Management Karyawan.

Layanan yang paling cocok untuk kamu pemilik outlet offline adalah Point Of Sales, selain kamu bisa menambahkan list barang, transaksi penjualan, pembayaran menggunakan e-money, kamu juga bisa mendapatkan laporan penjualan harian.

Moka Pos sendiri dapat diakses secara gratis selama 14 hari. Hari ke 15 kamu akan dikenakan biaya langganan sebesar 299.000/bulan.

Selain biaya bulanan, Moka Pos juga mengadakan promo Moka Starter Paket dimana berisi Samsung Galaxy Tab, Moka Stand, Print Moka Bluetooth, paket GoStore dan langganan 13 bulan paket dasar Moka Pos dengan harga 4.900.000 saja. Layanan Moka Pos ini bisa diakses menggunakan laptop, tab maupun handphone.

2. Majoo

aplikasi kasir - majoo

Aplikasi POS kedua yang direkomendasikan adalah Majoo. Tidak berbeda dengan Moka POS, Majoo juga menawarkan fitur-fitur pendukung bisnis mulai dari aplikasi kasir hingga aplikasi management karyawan. Semua fitur tersebut dapat kamu rasakan hanya dengan satu kali membeli paket langganan.

Majoo sendiri menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk pebisnis pemula yang. Cukup dengan 129.000 kamu sudah bisa berlangganan setiap bulan untuk banyak fitur tanpa biaya tambahan. Bagi pebisnis yang besar, kamu dapat berlangganan dengan 249.000 setiap bulan.

3. Qasir

aplikasi kasir - qasir

Rekomendasi ketiga adalah Qasir. Qasir merupakan sistem point of sale yang diciptakan untuk membantu UMKM dalam mencatat penjualan, mengelola produk, mengawasi stok barang, dan memantau laporan transaksi.

Pada prakteknya, Qasir dapat diakses secara online dan offline. Jangan khawatir akan ada kesalahan pencatatan ketika aplikasi offline, karena apabila Qasir kamu terhubung kembali dengan internet semua transaksi akan tersinkronisasi.

Qasir sendiri hanya memiliki dua paket langganan, paket gratis yang tak terbatas dengan fitur POS, pengaturan outlet, pegawai, produk, pembayaran QRIS, struk digital dan laporan penjualan dasar.

Kamu juga bisa memilih paket PRO yang hanya dibandrol 30.000 setiap bulannya. Sayangnya, untuk sekarang ini Qasir hanya dapat dinikmati oleh pengguna android saja.

4. Pawoon

aplikasi kasir - pawoon

Pawoon adalah aplikasi kasir online yang juga bergerak seperti aplikasi lainnya. Mulai dari mempercepat dan mempermudah bisnis, cetak struk atau kirim via email, serta transaksi online dan offline bisa kamu lakukan dengannya.

Bahkan, kamu bisa menggunakan Pawoon secara gratis tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Tapi, hanya ada sekitar 500 transaksi yang bisa dilakukan. Bila angka ini, kamu harus subscribe paket Basic atau Pro mulai dari Rp299.000 per bulan.

5. Olsera

aplikasi kasir - olsera pos

Olsera juga aplikasi POS yang memiliki beragam fitur di dalamnya, khususnya untuk akses toko melalui Android, iPhone, dan dekstop PC. Beberapa fitur yang diandalkan Olsera antara lain Online Take Away Order, Online Dine In Order, Online Reservation Order, Website Katalog, dan Toko Online (retail).

Hanya ada dua pilihan paket yang ditawarkan oleh Olsera, yaitu Lite dan Premium. Hal ini membuat kamu lebih mudah untuk memutuskan apakah benar-benar membutuhkan Olsera versi berbayar atau cukup menggunakan versi gratisnya. Lagipula, harga Olsera ini cukup terjangkau, hanya perlu Rp140.000 per bulan jika kamu berlangganan per tahun.

6. AIO POS

aplikasi kasir - aio pos

AIO Pos dibuat dan dikembangkan oleh tim bernama ‘Teman AIO’ dari Yogyakarta untuk membuat solusi yang berguna bagi pebisnis dan UMKM di Indonesia, yaitu aplikasi kasir (point of sale) berbasis online (cloud). Hadirlah kini aplikasi POS beserta perangkatnya.

Beberapa fitur yang bisa diandalkan antara lain support printer dapur, draft nota, split bill, manajemen outlet, manajemen karyawan, support ewallet, dan manajemen meja. Fitur yang cukup lengkap untuk sebuah bisnis yang berjalan secara offline seperti cafe, dan restaurant.

###

Jadi, aplikasi kasir mana yang akan kamu gunakan?

Bagian penting dari aplikasi ini terletak pada fitur-fiturnya yang harus sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Meskipun kita semua tahu, untuk mendapatkan fitur yang lengkap, kita harus membayar paket bulanan.

Author

I'm UI/UX Enthusiast who passionate about startup business things

Write A Comment