Bahasa pemrograman adalah simbol, kode yang digunakan di dalam komputer untuk membuat sebuah program dan menjalankan sebuah instruksi dari awal hingga selesai, seperti yang pernah disebutkan oleh Munir pada bukunya yang berjudul “Algoritma dan pemrograman : dalam bahasa pascal, C, dan C++”.

Dari sekolah, kamu akan mendapatkan pelajaran bahasa pemrograman bahwa ada 4 tingkatan yang dibedakan berdasarkan tingkat kesulitannya. Ada tingkatan Bahasa Mesin (Machine Language), Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language), Bahasa Tingkat Menengah (Middle Level Language), dan Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language).

Setidaknya, ada 53 bahasa pemrograman yang sekarang sudah ada di dunia teknologi ini. Apakah kamu ingin mempelajari semua bahasa tersebut? Mari kita coba seleksi beberapa dan sisakan 10 bahasa pemrograman dengan bayaran paling mahal di Indonesia dan banyak digunakan di aplikasi. Jadi, kamu bisa lebih fokus untuk mempelajarinya.

Urutan Bahasa Pemrograman Paling Banyak Diminati

bahasa pemrograman paling diminati

53 bahasa pemrograman, dari tingkat tinggi sampai tingkat rendah, tentu nggak bisa semuanya kamu pelajari. Kecuali kamu adalah anak yang terlahir jenius yang bisa menyelesaikan sekolah sampai tingkat S2 hanya dalam waktu 16 tahun.

Berdasarkan data yang diambil dari Stackoverflow, dari 72.525 dapat disimpulkan bahwa Javascript, HTML/CSS, dan SQL adalah 3 bahasa pemrograman paling populer diikuti oleh 7 bahasa pemrograman lainnya dalam peringkat 10 besar.

bahasa pemrograman paling diminati

Di dalam peringkat 4 – 10 besar tersebut diduduki oleh bahasa pemrograman Python, Bash/Shell/PowerShell, C#, PHP, Typescript, C++, dan C.

Buat yang belum tahu, Stackoverflow ini adalah website ataupun platform komunitas IT dan developer saling tanya jawab seputar pemrograman dan coding. Nggak jarang juga, Stackoverflow ini juga digunakan sebagai tempat berbagi aplikasi open-source.

Data ini bisa kamu gunakan sebagai penunjang mana bahasa pemrograman yang ingin kamu kuasai saat ini berdasarkan apa yang paling banyak diminati oleh orang-orang sedunia. Karena, komunitas programmer di dunia teknologi sangatlah solid dan punya pengaruh besar.

Semakin banyak peminatnya, semakin mudah juga kamu menemukan rekan kerja, mentor maupun tutorial di internet.

Urutan Skill Bahasa Pemrograman Paling Banyak Dicari

bahasa pemrograman paling dicari

Berbicara mengenai 10 urutan bahasa pemrograman paling banyak diminati rasanya kurang lengkap tanpa membahas juga 10 urutan bahasa yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Bukan karena apa-apa, kita belajar tentu mengikuti perkembangan zaman dan trend yang sedang trending sekarang ini.

Dengan mempelajari yang sedang banyak dicari, tentu harapannya kamu bisa masuk ke perusahaan besar dengan skill pemrograman yang akan dikuasai ini.

bahasa pemrograman paling dicari

Masih dengan data yang diambil dari Stackoverflow menunjukkan bahwa Python, Javascript, dan Go adalah 3 pemrograman di jajaran teratas, disusul oleh Typescript, Kotlin, Rust, C++, WebAssembly, Java, dan SQL.

Definisi dari data di atas adalah data tentang bahasa pemrograman apa yang ingin dikuasai oleh programmer yang belum menguasai bahasa tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak programmer di dunia yang ingin menguasai bahasa lain karena adanya peningkatan kebutuhan di industri aplikasi, website dan sistem informasi.

Pengertian Masing-masing Bahasa Pemrograman

Dari data survei di atas, saya menyimpulkan bahwa ada 10 bahasa pemrograman yang mulai sekarang sudah harus kamu kuasai, yaitu Python, Javascript, HTML/CSS, Java, SQL, Typescript, Go, Kotlin, C++, dan Rust.

1. Python

bahasa pemrograman - python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat mudah dipelajari, bahkan bagi pemula sekalipun. Syntax, dan code-nya mirip seperti kata dengan bahasa Inggris. Sehingga, memudahkan bagi programmer memahami apa isi perintah dari syntax tersebut.

Meskipun begitu, Python tetap menjadi skill bahasa pemrograman yang banyak dicari oleh perusahaan besar untuk membuat aplikasi berbasis website, maupun mobile. Hal ini dikarenakan cepatnya perkembangan Python untuk memenuhi setiap kebutuhan fitur yang diinginkan oleh pengguna.

Terbukti beberapa perusahaan besar yang juga menggunakan Python sebagai dasar aplikasi yang mereka buat antara lain Pinterest, Youtube, Quora, dan Instagram.

2. Javascript

bahasa pemrograman - javascript

Cepat. Tanpa perlu refresh. User-friendly. Inilah kehabatan Javascript, sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Netscape untuk membuat tampilan (antarmuka) website dan aplikasi menjadi lebih menarik serta tetap user-friendly.

Buat kamu yang sudah pernah mempelajari pemrograman antarmuka website dengan HTML/CSS yang akan dijelaskan pada poin selanjutnya mungkin nggak akan asing lagi dengan Javascript. Karena, kedua bahasa pemrograman ini saling berhubungan untuk menciptakan tampilan yang lebih powerfull.

Hampir semua perusahaan besar pasti membutuhkan Javascript untuk membuat tampilan websitenya, seperti Google, Youtube, Wikipedia, Facebook, dan Amazon. Nggak heran kan kenapa banyak orang yang mencari programmer Javascript? Lihat aja siapa yang pakai.

3. HTML & CSS

bahasa pemrograman - html dan css

HTML & CSS, ini adalah dua bahasa programming yang berbeda namun selalu digunakan pada saat yang sama. Tanpa CSS, HTML nggak bisa berjalan dengan baik, dan tanpa HTML, CSS nggak bisa berjalan dengan baik.

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk membuat kerangka sebuah website. Sudah semestinya, HTML ada di semua website perusahaan besar dan kecil di dunia.

“Mba, HTML bukan bahasa pemrograman,”. Tunggu…tunggu… Memang banyak yang berpendapat bahwa HTML bukanlah bahasa pemrograman. Menurut saya, HTML adalah bahasa pemrograman.

Kalau bukan, kenapa masuk ke dalam survei yang dilakukan oleh Stackoverflow? Lagipula, bagi saya HTML adalah bahasa yang wajib dipahami oleh orang yang pertama kali ingin belajar programming, kok.

Selanjutnya ada CSS.

CSS (Cascading Style Sheet). Kalau saya ambil dari Wikipedia, CSS merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.

Bagi saya, CSS merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mempercantik tampilan website, mulai dari pengaturan warna, font, sampai tata letaknya.

4. Java

bahasa pemrograman - java

Pada urutan ke-4, kamu bisa menemukan Java sebagai bahasa programming yang harus dikuasai selanjutnya. Bukan tanpa alasan kamu mempelajari Java. Karena, Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat responsif, powerfull, lengkap dan strukturnya jelas.

Banyak orang bilang, Java mudah dipelajari karena berjalan secara OOP (Object-Oriented Programming), yaitu paradigma pemrograman berdasarkan konsep “objek”, yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Pusing, ya? Saya juga, itulah kenapa saya ambil pengertiannya dari Wikipedia.

Anyway, apapun itu pengerti OOP atau PBO. Bagi saya, Java wajib dikuasai kalau kamu ingin membuat satu aplikasi/sistem informasi yang bisa berjalan di semua sistem operasi, serta wajib dikuasai juga kalau kamu ingin membuat aplikasi berbasis Android.

5. SQL

bahasa pemrograman - sql

SQL (Structured Query Language) merupakan sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi…

…tunggu, jadi SQL bukan bahasa pemrograman?

Kalau begitu, kita skip pembahasan tentang SQL. Tapi, tetap ingat, bahwa SQL juga skill yang kamu butuhkan untuk membuat tempat penyimpanan data, ya. Jadi, nggak boleh dilupakan.

6. Typescript

bahasa pemrograman - typescript

Dikutip dari Codepolitan, Typescript adalah bahasa pemrograman berbasis JavaScript yang menambahkan fitur strong-typing & konsep pemrograman OOP klasik (class, interface).

Sederhananya, Typscript ini adalah bahasa pemrograman yang membantu Javascript lebih mudah dan cepat dikerjakan. Walaupun kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jihad Dzikri Waspada, pernah membagikan ceritanya melalui blog di Medium tentang perjalanan dia selama menggunakan Javascript dan Typescript pada proyek besar.

Jihad pun menyimpulkan bahwa, “Typescript akan sangat sangat membantu jika scope projek kita cukup besar dan dikembangkan bersama oleh banyak developer. Komunikasi bisa terbantu lewat type dan interface,”.

7. Go Lang

bahasa pemrograman - Go Lang

Bahasa pemrograman Go, atau yang biasa dan lebih mudah disebut dengan Go Lang ini adalah bahasa programming yang dikembangkan oleh Google dengan mengkombinasikan bahasa-bahasa terdahulu agar lebih kompatibel dengan perangkat-perangkat dan perkembangan zaman saat ini.

Ada banyak kelebihan Go Lang, beberapa diantaranya karena ketersediaan garbage collector, concurrency, prosesnya lebih cepat dan tentunya mudah untuk dipelajari.

Sampai saat ini saya pun belum pernah sama sekali mempelajari Go Lang. Tapi, dari banyak artikel dan omongan orang yang pernah mempraktekannya, Go Lang ini tetap cocok dipelajari oleh orang yang sebelumnya belum pernah sama sekali mengenal programming.

Saya kasih bocoran satu lagi, tapi jangan bilang siapa-siapa yah. Takutnya salah. Katanya sih Tokopedia juga pakai Go Lang, loh.

8. Kotlin

bahasa pemrograman - Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern yang diketik secara statis yang digunakan oleh lebih dari 60% developer Android profesional yang membantu meningkatkan produktivitas, kepuasan developer, dan keamanan kode.

Terlihat pada data survei yang dikumpulkan oleh Stackoverflow, belum ada programmer yang menguasai Kotlin tapi ada sekitar 11% programmer yang ingin mempelajari. Ini bisa jadi kesempatan besar buat kamu untuk mempelajarinya mulai dari sekarang, karena kompetitormu masih sedikit.

Berbicara mengenai teknologinya, perusahaan besar seperti Gojek, Slack, dan Trello adalah contoh pengguna Kotlin saat ini.

9. Swift

bahasa pemrograman - Swift

Swift adalah satu-satunya bahasa programming yang sangat cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dan dekstop yang berjalan di ekosistem Apple. Karena, memang Swift dikembangkan oleh Apple Inc. itu sendiri.

Swift termasuk dalam golongan objek fungsional (Functional – Object), dan dirancang agar dapat bekerja dengan Objective-C.

10. Rust

bahasa pemrograman - Rust

Last but not least, ada Rust. Programming language dengan general purpose language, bahasa low level yang bisa membantu kita untuk mengeksplorasi potensi sisi system yang dikembangkan berdasarkan bahasa C.

Salah satu aplikasi menarik yang dibuat dengan rust programming language adalah pembuatan servo sebuah parallel browser engine https://servo.org/.

Masih sedikit orang yang tahu tentang Rust. Sayapun belum begitu paham. Sependek pengetahuan saya membaca mengenai Rust, dia adalah bahasa pemrograman yang sangat powerfull untuk membuat engine.

###

Sekian informasi mengenai 10 bahasa pemrograman yang paling banyak dicari, harganya mahal dan mudah untuk dipelajari. Semoga kamu suka dengan artikel yang satu ini. Tinggalkan komentar di bawah kalau ada sesuatu yang masih kurang jelas, dan ikuti Instagram dibalikmeja.com untuk update informasi menarik lainnya.

Ada bahasa pemrograman lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

I'm UI/UX Enthusiast who passionate about startup business things

Write A Comment