Fitur membuat link WhatsApp menjadi salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pebisnis online di Indonesia untuk dijadikan sebagai jalan calon konsumen berkoneksi dengan mereka tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu.

Hal ini terjadi karena tidak semua calon konsumen yang datang pada produk yang telah kamu promosikan di website ataupun sosial media langsung melakukan checkout. Banyak diantara mereka yang masih ingin bertanya seputar spesifikasi dari produknya. Dan WhatsApp adalah aplikasi terbaik untuk berkomunikasi.

Apakah kamu salah satu yang ingin tahu cara membuat link WhatsApp? Kalau iya, ikuti salah satu dari tutorial berikut ini yang menurut kamu paling mudah untuk diterapkan.

Setidaknya ada 3 langkah mudah yang bisa dilakukan. Silahkan pilih sesuai kebutuhan kamu.

Saya merekomendasikan 3 langkah ini karena 3 langkah inilah yang saya lakukan sehari-hari ketika membuat tombol “Hubungi Saya” ketika saya sedang membuat website.

Pertama, basic membuat link WA dapat dilakuan dengan menggunakan API yang dari awal sudah disediakan oleh pihak WhatsApp. API ini memberikan akses kepada kita untuk saling bertukar pesan tanpa harus menyimpan nomor lawan bicara terlebih dahulu.

Bagaimana bentuk dan cara penggunaan API WA untuk membuat link WA tanpa isi pesan ini? Berikut adalah kode-nya.

Ketika berada di dalam browser, masukkan URL berikut “https://wa.me/nomorWA” dengan mengganti variabel nomorWA menjadi nomor WhatsApp yang akan dituju seperti contoh berikut ini.

https://wa.me/6289502667050

Dengan begitu, secara otomatis ketika kamu menekan tombol “Enter”, kamu akan dibawa menuju ke halaman WhatsApp Web atau dekstop dengan kondisi sudah masuk ke ruang chat dengan nomor tersebut.

Dari versi basic URL yang tadi, sebenarnya kamu masih bisa mengisi pesan secara otomatis. Pesan ini akan masuk ke dalam kolom chat ketika sudah masuk ke dalam aplikasi.

Untuk membuatnya, kamu perlu menambahkan baris kode tambahan pada URL yang tadi telah dibuat seperti yang telah saya buat pada baris kode di bawah ini.

https://wa.me/6289502667050?text=Saya%20tertarik%20dengan%20mobil%20Anda%20yang%20dijual

WA Wizard adalah aplikasi berbasis website yang digunakan untuk membuat link WhatsApp menuju nomor yang kita tentukan lengkap dengan pesan yang otomatis tersisipkan.

Ikuti langkah-langkah pengguna WA Wizard Generator berikut ini.

1. Masuklah ke halaman https://wa.wizard.id/.

2. Pilih kode negara dan nomor WhatsApp tujuan. Pada contoh di bawah ini, saya nomor WhatsApp dummy milik dibalikmeja, “+62 89502667050”.

3. Masukkan pesan yang ingin kamu sisipkan secara otomatis lengkap dengan format yang kamu inginkan, bisa teks tebal, miring, maupun strikethrough. Lihat contoh pada gambar di bawah ini.

buat link whatsapp dengan wa wizard

4. Klik tombol “Generate Link”, konfirmasi dengan klik tombol “Yes”.

5. Kemudian, copy link yang sudah disediakan oleh WA Wizard Generator. Bila kamu ingin membuat barcode atau HTML untuk link WhatsApp ini, pilihlah pada menu yang sudah disediakan.

hasil buat link whatsapp dengan wa wizard

6. Selesai, silahkan sisipkan kode tersebut pada profile sosial media usaha online kamu, atau langsung masukkan ke dalam bar URL di browser untuk melakukan testing.

Informasi tambahan, WA Wizard ini bisa digunakan secara gratis tanpa batasan. Tapi, kalau kamu ingin membuat link-nya menjadi action untuk order produk/jasa, kamu bisa melakukannya dengan WA Wizard versi berbayar.

Author

I'm UI/UX Enthusiast who passionate about startup business things

Write A Comment