Dari sekian banyak platform yang tersedia di internet, website adalah platform terbaik untuk menunjukan profesionalitas dari sebuah brand perusahaan maupun personal untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Kamu mungkin salah satu orang yang menganggap hal itu benar, dan itu sebabnya sekarang kamu sedang mencari cara membuat website gratis.

Dan kali ini, saya ingin membagikan pengalaman saya mengenai cara membuat web gratis, cepat dan mudah secara lengkap.

Saya akan memulai dari tahap pertama hingga kesimpulan. Lihat daftar ini untuk memulai dari yang ingin kamu baca.

CMS Terbaik untuk Membuat Website

CMS (Content Management System) adalah platform yang tersedia di internet dan digunakan sebagai alat untuk membuat website, entah itu gratis maupun berbayar.

CMS dapat digunakan meskipun kamu belum sepenuhnya paham dengan berbagai bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website.

Dari sekian banyak CMS yang tersedia di internet, saya sudah merangkumnya berurutan dan yang terbaik, dan paling mudah untuk pemula.

  1. WordPress
  2. Wix.com
  3. Google Sites
  4. Blogspot

WordPress bertengger di tempat pertama karena hampir semua web di internet yang mengandalakannya sebagai CMS mereka.

Bahkan, WordPress menjadi CMS terbaik untuk membuat web untuk berbagai tipe konten, mulai dari company profile, blog, berita, portofolio hingga curriculum vitae.

↑ klik untuk kembali ke daftar isi

Cara Membuat Website Gratis dengan WordPress

WordPress adalah CMS pembuatan website yang sekarang sudah digunakan oleh lebih dari 30% website di dunia.

Bahkan, website sebesar Uber dan Grab pun menggunakan website sebagai CMS yang mereka gunakan.

Lalu, bagaimana caranya membuat web dengan WordPress? Berikut ini langkah-langkahnya

1. Daftarkan Diri Melalui WordPress.com

daftar di wordpress

Sebelum website kamu dibuat, daftarkan diri kamu terlebih dahulu melalui wordpress.com. Kunjungi link berikut ini untuk mendaftar (klik disini). Masukkan email, username, dan password di dalam kolom yang tersedia.

2. Pilih Alamat Websitenya

Setelah pendaftaran dilalui, sekarang masukkan alamat website yang ingin kamu gunakan. Pilihlah alamat website yang masih tersedia dan menurut kamu alamat itu merupakan yang terbaik.

pilih nama domain

Pada contoh di atas, alamat yang saya masukkan adalah “dibalikmejawp.wordpress.com”. Kemudian, pilih tombol “Select” pada pilihan domain berekstensi “wordpress.com”.

select plan

Ekstensi tersebut merupakan ekstensi yang bisa dipilih agar website yang kamu buat tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

3. Pilih Paket Gratis

Pada tahap ketiga, WordPress akan memberikan kamu pilihan untuk memilih 4 paket yang bisa digunakan sesuai dengan tujuannya.

Karena web yang akan dibuat gratis, maka pilihlah paket “start with a free site” yang ada di atas.

start with free site

4. Verifikasi Email

verifikasi email

Masuklah ke dalam akun email yang kamu daftarkan ke WordPress.com. Disana kamu akan menemukan kotak masuk dari WordPress untuk menekan klik tombol “Click Here to Confirm Now”.

5. Mulai Edit Websitemu

Setelah verifikasi email berhasil, kamu sudah bisa mengedit berbagai tampilan dari isi dari website yang kamu buat menggunakan WordPress. Beberapa hal yang bisa kamu edit antara lain nama website, template, halaman, menu, artikel dan yang lainnya.

5.1. Masuk ke Dashboard WP-Admin

Kembalilah ke halaman awal dashboard WordPress kamu kemudian klik tombol “WP Admin” yang tersedia pada bilah kiri.

masuk ke dashboard

5.2. Ubah Template

Masuk ke dalam menu “Appearance > Themes”, lalu pilih salah satu template yang ingin digunakan. Klik tombol “Activate” untuk menerapkannya.

ubah template

5.3. Rilis Websitenya

Setelah template yang dipilih sudah aktif, kamu bisa mengunjugi websitemu dengan menekan klik tombol “Visit Site”.

visit site

Sampai disini, sebenarnya websitemu belum rilis dan belum bisa dilihat oleh publik. Untuk merilisnya, cukup tekan klik tombol “Launch Site” yang tersedia di menu atas.

launch site

Ulangi pemilihan paket dengan memilih paket yang gratis, “Skip purchase > Start with a free site > No thanks, I’ll stick with domainmu.wordpress.com”.

select plan

5.4. Beri Nama dan Deksripsi Website

Sekarang websitemu sudah launching dan bisa diakses oleh publik. Jangan lupa untuk memberikannya nama lengkap dengan deskripsinya melalui “Site Setup” yang tersedia.

5.5. Buat Kategori dan Menu Navigasi

Setup yang mudah dilakukan selanjutnya adalah membuat kategori dan menu navigasi yang biasanya terpasang di bagian header sebuah website.

Masuklah ke dalam menu “Post > Categories”. Buatlah nama kategori yang kamu inginkan. Dalam contoh kali ini, saya membuat kategori “Blog” dan “Portofolio”.

buat kategori baru

Setelah kategori terbuat, masuklah ke dalam menu “Appearances > Menus”. Disinilah tempat kamu mengatur menu apa saja yang akan ditampilkan di halaman depan website.

pilih menus

5.6. Buat Halaman Baru

Sekarang kamu memiliki website dengan domain “domainmu.wordpress.com”, untuk membuat halaman baru seperti halaman “Tentang Saya” dan “Kontak Saya”, kamu perlu mengunjungi menu “Pages” yang ada di bilah kiri.

masuk ke pembuatan halaman

Buatlah halaman baru dengan nama yang kamu dan desain layout yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mempublish halaman tersebut agar bisa dilihat oleh publik.

pilih layout halaman

Sampai disini sebenarnya kamu sudah berhasil membuat tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Silahkan eksplor lebih lanjut bagaimana mengoperasikan WordPress atau kunjungi halaman-halaman lain yang memberikan tutorialnya lebih lengkap.

↑ klik untuk kembali ke daftar isi

Cara Membuat Website Gratis dengan Wix.com

Tidak kalah menarik dengan WordPress, Wix.com juga memiliki platform CMS yang terbilang cukup mudah untuk digunakan.

Bahkan, cara penggunaan Wix.com ini sangat cocok buat kamu yang sudah paham dengan penggunaan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop. Cukup drag & drop untuk membuat dan mengubah konten di website.

Lalu, bagaimana cara membuat website dengan Wix.com? Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Daftarkan Diri Melalui Wix.com

Persiapkan email dan password untuk melakukan pendaftaran melalui Wix.com (klik disini untuk mengunjunginya). Masukkan kedua-duanya pada kolom yang sudah disediakan.

daftar ke wix

Agar lebih mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan akun Google dan Facebook untuk mendaftar.

Kemudian, klik tombol “Let’s Do It” untuk melanjutkan prosesnya.

lets do it untuk melanjutkan

2. Pilih Template Website

Wix.com memberikan kamu 2 pilihan untuk memulainya, bisa langsung menggunakan editor Wix.com yang membuatkan websitenya, atau kamu buat sendiri secara manual.

memulai dengan memilih template

Dalam contoh kali ini, kita akan memulai dari yang manual, yaitu dengan memilih tombol “Choose a Template”.

Lihatlah kumpulan template website gratis yang sudah disediakan oleh Wix.com, pilih salah satu dengan menekan klik tombol “Edit”.

pilih template

3. Masukkan Konten

Dengan menekan klik tombol “Edit” tadi, artinya kamu bisa langsung mulai memasukkan konten yang sebelumnya sudah kamu siapkan ke dalam halaman awal websitemu.

edit konten di wix

Masukkanlah konten tersebut sesuai dengan template yang sudah kamu pilih, dari atas hingga bawah, dari header sampai footer.

4. Pilih Alamat Website

Website yang sudah kamu buat dengan menggunakan Wix bisa langsung dipublikkasikan dengan memiliki sub URL dari domain yang sudah disediakan.

Biasanya, domain tersebut berpola “username.wixsite.com/custom”. Isilah kolom custom tersebut dengan nama yang kamu inginkan.

pilih alamat website

Klik tombol “Save & Continue” kalau nama yang sudah kamu masukkan tersedia dan sesuai.

5. Publikasikan Website

Pada tahap selanjutnya, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu dengan menekan klik tombol “Done”, atau langsung publikasikan ke online agar dapat dilihat oleh publik dengan menekan klik tombol “Publish Now”.

publikasikan website

6. Website Sudah Rilis

Sampai ke dalam langkah yang keenam, website kamu sudah rilis dan bisa dilihat oleh orang lain melalui alamat yang tadi sudah kamu pilih.

Lihatlah keseluruhan isi konten tersebut dari atas sampai bawah, bila ada yang masih kurang sesuai, loginlah kembali ke dashboard Wix kemudian ikuti langkah ke-7.

7. Perbaiki Website yang Kamu Buat dengan Wix.com

Langkah ke-7 bisa kamu gunakan untuk mulai memperbaiki website tersebut menjadi lebih sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Mulaila dengan menekan klik tombol “Site Actions”, maka kamu akan diberikan pilihan untuk mengubah konten website, mengganti nama website, ataupun menduplikasikannya.

perbaiki website wix kamu

Itulah dia 7 tahapan membuat web dengan Wix.com. Secara keseluruhan, web yang dibuat menggunakan Wix.com bisa kamu ubah hanya dengan semudah drag & drop.

Sayangnya, banyak orang yang membicarakan bahwa web yang dibuat dengan Wix memiliki kelemahan pada sisi teknik optimasi SEO (Search Engine Optimization)-nya, dimana struktur dari web tersebut tampak lebih sulit untuk ditemukan oleh Google sehingga sulit untuk mendapatkan pengunjung organik yang lebih banyak.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena SEO bukan satu-satunya jalan untuk mendapatkan pengunjung ke website, masih ada teknik digital marketing lain juga tidak kalah efektifnya, seperti SEM (Search Engine Marketing), dan SMM (Social Media Marketing).

Bacaan rekomendasi: Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Web Milik Orang Lain.

↑ klik untuk kembali ke daftar isi

Cara Membuat Website Gratis dengan Google Sites

Siapa sih yang tidak kenal dengan Google, perusahaan mesin pencari raksasa yang kini sudah memiliki cukup banyak produk menarik di dunia.

Salah satu yang paling menarik dari Google adalah Google Sites, dimana kamu bisa membuat website secara gratis tanpa harus tahu dasar-dasar dari pemrograman web.

Penasaran bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke Akun Gmail

Karena platform ini milik Google, maka ketika kamu ingin menggunakannya, kamu harus masuk terlebih dahulu ke dalam akun email dari Gmail.

Kalau kamu belum memiliki akun Gmail, klik disini untuk mengetahui cara membuat email.

2. Daftar di Google Sites

Sudah puny akun Gmail? Bagus!. Sekarang, masuklah ke dalam Google Suites melalui link berikut ini: sites.google.com/new.

buat website baru dengan google sites

Klik tombol “+” yang ada di kanan bawah untuk memulai pembuatan web baru.

3. Edit Web Kamu

Sampai ke tahap tiga, kamu sudah bisa mengedit tampilan dan konten yang akan digunakan. Gunakanlah sebaik mungkin semua elemen yang sudah disediakan.

edit website

Semua elemen tersebut bisa kamu gunakan secara gratis, dari header hingga footer. Akan tetapi, semuanya dalam bentuk kanvas kosong.

4. Publikasikan Website

Setelah semua tampilan dan konten yang disediakan sudah terpasang dan sesuai dengan apa yang kamu inginkan seperti contoh gambar di bawah ini.

lihat situs yang dipublikasikan

Ini artinya, website milikmu sudah siap dipublikasikan. Sekarang, tekan klik tombol “Publish” agar bisa dilihat secara publik.

pilih alamat website

Kemudian, pilih alamat website kamu yang akan digunakan untuk mengakses. Dalam contoh kali ini, saya menggunakan alamat website “https://sites.google.com/view/test-lusiana-dbm”.

5. Lihat Situs yang Dipublikasikan

Sampai ke tahap ini, kamu sudah bisa melihat website kamu. Klik tombol tanda panah ke bawah yang ada di samping tombol “Publikasikan”. Kemudian klik tombol “Lihat situs yang dipublikasikan”.

publikasikan website

↑ klik untuk kembali ke daftar isi

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Selain Google Sites, Google juga memiliki produk lain yang bisa digunakan oleh kamu untuk membuat website, kali ini bernama Blogspot.

Namun, Blogspot lebih terkenal hanya untuk membuat website tipe blog personal. Artinya, hanya cocok untuk orang-orang yang hobi menulis.

Seperti apa cara membua blog dengan Blogspot? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buat Akun di Blogspot

Karena ini adalah produk Google, maka untuk membuat blog dari Blogspot hanya bisa dilakukan dengan akun Gmail. Kalau kamu sudah membuat akun Gmail, langsung saja menuju ke link berikut: klik disini.

buat akun di blogspot

Masuklah ke dalam akun Gmail kamu dengan mengisi email dan password yang sudah kamu miliki.

2. Setup Akun Blogspot

Isilah beberapa pengaturan yang harus kamu isi pada awal kali membuat blog dengan Blogspot. Beberapa diantaranya nama blog, URL blog, dan nama tampilan.

setup akun blogspot

Klik tombol “Selesai” jika semuanya sudah terisi dengan benar.

3. Ubah Template Blog

Saat pertama kali blog kamu terbuat, template (tampilan blog) akan dipilih secara otomatis oleh sistem Blogspot. Namun, kamu bisa mengubahnya ke template yang lebih menarik sesuai dengan yang kamu inginkan.

ganti tema blogspot

Pilih menu “Tema” yang ada di bilah kiri kemudian pilih salah satu dari beberapa template yang sudah disediakan gratis oleh Blogspot.

4. Buat Artikel Pertama Kamu

Saat blog sudah dirilis dan template-nya sudah disesuaikan dengan keinginanmu, kamu langsung bisa mengisi artikel ke dalamya. Klik tombol “+ Postingan Baru” pada bilah kiri.

buat artikel pertama

Kemudian, isi artikel yang ada di dalamnya. Dilengkapi dengan pengaturan artikel tersebut dengan label, permalink, dan lokasi.

↑ klik untuk kembali ke daftar isi

7 Tips Membuat Website

Website merupakan alat terbaik untuk menampilkan portofolio, mempromosikan produk/jasa, dan berbagi pengalaman yang kamu miliki yang paling efektif.

Akan tetapi, perlu konsistensi dan maintenance yang kamu lakukan minimal 1x dalam seminggu, contohnya membuat artikel.

Konsistensi dan maintenance di bawah ini dilakukan agar websitemu terlihat lebih profesional, punya banyak pengunjung, dan dapat dijadikan sebagai cara mendapatkan uang di internet.

  1. Tentukan tujuan dan tipe website yang jelas.
  2. Gunakan bahasa Inggris bila target marketmu adalah internasional.
  3. Konsisten membuat informasi yang bermanfaat bagi pengunjung.
  4. Gunakan template yang menarik.
  5. Manfaatkan foto sebagai pemanis.
  6. Sediakan kontak info agar pengunjung mudah menghubungimu.
  7. Promosikan ke sosial media.

7 tips tersebut sangat direkomendasikan untuk kamu lakukan. Namun, bila ada salah satu tips yang menurutmu kurang tepat dan tidak cocok untuk diterapkan, kamu bisa mengabaikannya.

↑ klik untuk kembali ke daftar isi

Kesimpulan dan Penutup

Itu dia 4 pilihan cara membuat website gratis yang mudah dilakukan oleh pemula. Pilihlah CMS yang menurut kamu paling cocok.

Jangan lupa juga untuk menerapkan 7 tips yang sudah disebutkan di atas. Hal tersebut dilakukan agar websitemu bisa mendapatkan pengunjung yang cukup banyak.

Kenapa pengunjung itu penting? Karena, semakin banyak orang yang mengunjungi websitemu, semakin besar peluang kamu untuk mempromosikan peluang usaha rumahan yang lagi kamu bangun.

Author

I'm UI/UX Enthusiast who passionate about startup business things

Write A Comment