Jumlah pengunjung website merupakan sebuah parameter performa yang sangat baik untuk dinilai. Semakin banyak user yang masuk ke dalam sebuah website, semakin bagus juga peluang website tersebut untuk mendapatkan peluang, pendapatan, dan popularitas di internet.

Memang tidak mudah. Tapi, itulah yang harus dilakukan bagi semua pemilik website. Semuanya saling berkompetisi secara bersih untuk menjadi nomor 1 di mata user yang mencari sebuah jasa, produk ataupun solusi di besarnya gelombang internet.

Itulah alasan kenapa banyak orang yang ingin mencari tahu lebih banyak tentang cara mengetahui pengunjung website orang lain. Bagi sebagian marketer, mengerti hal ini merupakan kesempatan untuk menciptakan sebuah strategi yang lebih baik untuk menarik perhatian user lebih banyak.

5 Alat untuk Cek Traffic Website Orang Lain

Mungkin sebelumnya kamu sudah pernah mendengar ada Google Analytics, Firebase dan alat analytics lainnya. Tapi, hampir semuanya hanya bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung di dalam web kita sendiri.

Hanya ada sedikit alat yang bisa digunakan untuk menampilkan jumlah pengunjung web orang lain. Setidaknya ada 5, dan ini dia 5 tools untuk melakukan cara mengetahui pengunjung website orang lain.

1. Gunakan Platform SimilarWeb

Paling terkenal. Mudah digunakan. Tersedia fitur gratisnya. Inilah SimilarWeb, sebuah platform yang dapat digunakan oleh semua orang melalui browser dengan menyisipkan URL www.similarweb.com untuk mengetahui jumlah traffic web orang lain.

Beberapa data yang ditampilkan oleh SimilarWeb adalah jumlah pengunjung web berdasarkan marketing channel (organik, sosial media, paid, referral, dan direct), asal negara pengunjung terbanyak dan sedikit informasi tentang kompetitor yang menyaingi website yang sedang kamu analisa.

ScreamingFrog meneliti bahwa SimilarWeb merupakan platform yang sangat akurat untuk menampilkan jumlah perkiraan traffic web. Persentase error (bisa lebih, bisa kurang) hanya sekitar 1% dari angka yang ditampilkan.

Sayangnya, SimilarWeb memiliki kumpulan data yang kurang maksimal. Sehingga, akan lebih akurat jika digunakan untuk meneliti website skala menengah ke bawah. Untuk skala menengah ke atas, biasanya persentase errornya akan meningkat.

Saya rasa hal itu sudah lebih dari cukup. Kenapa? Bukankah kita tidak perlu lagi mencari informasi jumlah traffic web seperti detik.com, amazon.com, tokopedia.com, bukalapak.com? Tentu saja sudah terlampau tinggi.

Kalau kamu tertarik untuk berlangganan SimilarWeb, silahkan kunjungi halaman konsultasi SimilarWeb dan dapatkan penawaran dari mereka.

2. Gunakan Platform Ubersuggest

Alat kedua yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu jumlah pengunjung website orang lain adalah Ubersuggest.

Sebuah alat yang dikembangkan oleh tim Neil Patel, pakar digital marketing yang sudah semestinya diketahui oleh hampir semua pelaku digital marketing, dan digital business.

Dia adalah orang yang sangat terkenal baik hati, murah senyum, jenius, dan ahli dalam bidang digital marketing (apapun channelnya).

Di balik sosoknya tersebutlah dia memiliki alat analisis bernama Ubersuggest yang memberikan kita kesempatan untuk melihat setidaknya perkiraan jumlah pengunjung website orang lain secara gratis (dengan limitasi tertentu).

Bahkan, saat kamu melakukan analisa di dalam Ubersuggest, mereka akan menyediakan berbagai macam produk solusi yang akan sangat membantu apa langkah selanjutnya yang harus diambil untuk memenangkan persaingan. Kadang dalam bentuk artikel, podcast, dan juga video.

Kalau kamu tertarik dengan Ubersuggest, berikut ini saya tampilkan ketersediaan paket yang ditawarkan oleh mereka.

IndividualBusinessEnterprise / Agency
Entrepreneurs & small businesses.
Managing 1-3 websites
Small & medium businesses.
Managing 4-7 websites
Large businesses & agencies.
Managing 8+ websites
$12 USD/ month$20 USD/ month$40 USD/ month

3. Gunakan Platform Ahrefs

Kompleks, mudah digunakan, akurat, saya juga pakai. Inilah Ahrefs.

cara mengetahui pengunjung website orang lain dengan ahrefs
contoh data pengunjung website dibalikmeja.com menggunakan Ahrefs

Pada dasarnya, Ahrefs adalah tools SEO yang sangat bermanfaat untuk menganalisa pasar dan web kompetitor dengan sangat akurat. Ahrefs menampilkan data dengan sangat terperinci.

Jumlah pengunjung per halaman, apa saja kata kunci yang paling populer, darimana datangnya backlink, hingga berapa jumlah search volume dalam beberapa periode untuk masing-masing keywords.

Persentase keakuratan data jumlah pengunjung yang ditampilkan oleh Ahrefs jauh lebih akurat dibanginkan dengan SimilarWeb dan Ubersuggest. Hanya saja, Ahrefs memang tidak memiliki versi gratis untuk trial.

Kalau kamu tertarik untuk berlangganan Ahrefs, perlu dicatat bahwa mayoritas data yang disajikan oleh Ahrefs adalah traffic yang berasal dari organic traffic. Jadi, alat ini akan jauh lebih cocok bila digunakan oleh orang-orang yang tertarik dengan SEO (Search Engine Optimization).

Kalau kamu tertarik dengan Ahrefs, berikut ini saya tampilkan ketersediaan paket yang ditawarkan oleh mereka.

LiteStandardAdvancedAgency
$99$179$399$999

4. Gunakan Platform SEMrush

Mirip seperti Ahrefs, SEMrush pada dasarnya menyajikan data pengunjung organik dari website orang lain dengan sangat akurat dan tidak memiliki versi gratisnya.

Tidak ada banyak yang bisa saya ceritakan mengenai SEMrush. Karena, saya sendiri tidak pernah berlangganan paketnya.

Namun, dari beberapa pengalaman teman-teman tim product development yang khusus menangani website, SEMrush dirasa lebih dari cukup kemampuannya.

Beberapa data yang ditampilkan oleh SEMrush antara lain total jumlah pengunjung organik web orang lain, kata kunci paling populer, data average session duration, hingga bounce rate.

Kalau kamu tertarik dengan SEMrush, berikut ini saya tampilkan ketersediaan paket yang ditawarkan oleh mereka.

ProGuruBusiness
For freelancers, startups and in-house marketers with limited budgetFor SMB and growing marketing agenciesFor agencies, E-commerce projects and businesses with extensive web presence
$99.95 per month$199.95 per month$399.95 per month

5. Gunakan Platform Alexa

Alexa sejatinya sangat berguna bagi para pemilik website yang fokus pada bisnis media dan entertainment yang mengandalkan iklan sebagai salah satu channel terbaik mendapatkan penghasilan.

Hampir semua brand besar di Indonesia, mengandalkan Alexa sebagai tempat untuk melakukan pengecekan jumlah pengunjung web orang lain, serta seberapa berkualitasnya sebuah website jika digunakan untuk beriklan.

Semakin banyak jumlah pengunjung web, semakin kecil angka Alexa-nya.

Bila semakin kecil angka Alexa, artinya semakin bagus web tersebut untuk dijadikan sebagai tempat beriklan.

Menurut saya pribadi, indikator tersebut sangat tidak berlaku bagi para pemilik website jasa dan produk yang tidak mengandalkan iklan sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan.

Kalau kamu tertarik dengan Alexa, berikut ini saya tampilkan ketersediaan paket yang ditawarkan oleh mereka.

AdvancedAgency
$145/ month$299/ month

Kenapa Cek Traffc Web Orang Lain Penting Dilakukan?

Setelah menulis artikel di atas, terlintas di pikiran saya bahwa “mungkin nggak sih masih banyak orang di luar sana yang ingin tahu pengunjung web orang lain tapi masih belum tahu apa fungsi, dan manfaatnya?,”.

Apalagi, mayoritas dari alat analisis di atas memiliki harga yang tidak cukup murah di kantong. Tentu, penggunaannya pun seharusnya maksimal.

Setidaknya, menurut Neil Patel, ada 3 manfaat penting melakukan pengecekan jumlah pengunjung web orang lain, yaitu:

  • Untuk mengetahui artikel atau produk mana yang menghasilkan pengunjung organik paling banyak.
  • Untuk mengetahui keywords mana yang menghasilkan traffic paling banyak.
  • Untuk melihat marketing channel mana yang paling banyak mendorong traffic.

Ada cara mengetahui pengunjung website orang lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

I'm UI/UX Enthusiast who passionate about startup business things

Write A Comment