Share

8 Software untuk Membuat Aplikasi Android tanpa Coding

Daftar dan gunakan salah satu dari 8 software membuat aplikasi Android tanpa coding berikut. Kembangkan bisnis kamu lebih cepat dan modern

Lusiana Haryanti
membuat aplikasi android tanpa coding

Sempat terpikir ingin membuat aplikasi Android tanpa tidak punya kemampuan coding bahasa pemrograman apapun? Jangan khawatir, sekarang ini sudah ada banyak software gratis dan berbayar yang dapat membantu kita membuat aplikasi Android tanpa coding.

Meskipun dibuat tanpa harus mengerti coding, kemampuan software-software ini tidak kalah saing layaknya kita memesan jasa dari sebuah agency dengan harga yang mahal. Fitur-fiturnya tersedia bagi sebuah aplikasi sederhana yang siap untuk berkembang.

8 Software Pembuatan Aplikasi Android tanpa Coding

Tanpa panjang lebar, mari bahas bersama-sama 8 software untuk membuat aplikasi Android tanpa coding berikut ini.

1. Appy Pie

Appy Pie adalah software pembuatan aplikasi Android terbaik di dunia saat ini. Disana, tersedia sekitar 200 fitur utama dalam sebuah aplikasi dengan proses pembuatan semudah drag & drop (layaknya aplikasi edit foto Photoshop). Klaim mereka telah ada ribuan orang menerbitkan aplikasi Android ke Google Play setiap hari berkat Appy Pie.

Pengguna Appy Pie hanya cukup mendaftarkan diri, mengisi nama aplikasi dan memilih fitur-fitur yang ingin disediakan, diantaranya cocok untuk membuat app sosial media, multimedia, ecommerce dan aplikasi produktivitas lainnya.

Bahkan, kita dapat memanfaatkan bantuan dari Appy Pie agar aplikasi yang kita buat dengan software mereka bisa dengan mudah dirilis ke Google Play, mengingat ada setiap perilisan app ke Google Play ada banyak syarat dan ketentuan yang harus diikuti.

Lebih daripada fitur dan layanan yang hebat ini, Appy Pie juga punya platform untuk membuat aplikasi iOS tanpa coding.

2. Andromo

andromo - software membuat aplikasi android tanpa coding

Web atau software yang kedua bernama Andromo yang telah dibuat sejak 7 tahun lalu dengan lebih dari 780 ratus ribu komunitas pengembang aplikasi di dalamnya. Uniknya, Andromo sudah tersedia dalam bahasa Indonesia juga.

Kita bisa mulai membuat aplikasi Android tanpa coding secara gratis menggunakan Andromo lengkap dengan fitur-fitur keren yang sudah disediakan. Ketika sudah siap rilis ke Google Play, barulah kita harus membayar biaya langganannya.

Lalu, apa yang unik dari Andromo? Andromom sangat unik karena secara pengembang app via Andromo dapat secara otomatis menyisipkan iklan ke dalam app agar bisa mulai mendapatkan uang secepat-cepatnya.

3. Adalo

adalo - software membuat aplikasi android tanpa coding

Ingat pentingnya membuat sebuah aplikasi mulai dari mockup dan wireframe-nya? Nah, Adalo inilah yang platform keren yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi Android, iOS dan web-based mulai dari mockup hingga perilisannya.

Fitur-fitur utama seperti metode pembayaran, listing, form, charts, navigasi dan button tersedia semua di Adalo, cocok untuk kita yang ingin membuat aplikasi untuk sebuah restaurant, pemesanan makanan ataupun toko online.

Jika aplikasi sudah dirilis, kita bisa merekam dan melihat ulang grafik jumlah download, database konsumen serta catatan keuangan dengan mudah di dalam dashboard interaktif yang sudah disediakan dalam versi website.

4. BuildFire

BuildFire - software membuat aplikasi android tanpa coding

Pembuat aplikasi Android yang bagus dan mudah berikutnya adalah BuildFire yang fitur-fiturnya sangat membantu kita menghemat waktu dan biaya. Ada banyak ide startup yang telah terwujudkan berkat Build Fire, seperti Children’s National Hospital, Rally Insurance Group dan Kids Learning Tube.

Meskipun dibuat tanpa menggunakan bahasa pemrograman sama sekali, BuildFire dapat digunakan untuk sebuah aplikasi dengan fitur yang sangat kompleks. Hal ini membantu tujuan-tujuan bisnis yang kompleks, seperti aplikasi workflow bisnis, komunikasi kantor, organisasi, content creator, event, fitness, ecommerce dan aplikasi edukasi mudah dibuat.

5. Appery

Appery adalah platform pembuatan aplikasi yang memungkinkan developer dan pemilik bisnis mengeksekusi ide dan mengembangkan bisnisnya ke ranah yang lebih luas tanpa harus khawatir kurangnya sumber daya untuk mengerjakan setiap detail dari aplikasi yang akan dibangun.

Appery hadir dengan back end berbasis cloud, yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi dan sistem teknologi apa pun menggunakan API ke dalam sebuah plugin. Kemudahan penggunaan plugin menjadi salah satu alasan Appery digemari lebih dari 500 ribu pebisnis dan developer.

6. GoodBarber

Di nomor 6 ada software bernama GoodBarber, software yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembuatan aplikasi Android, baik dari awal ataupun mengkonversi dari sebuah website. Total sudah ada lebih dari 30 ribu aplikasi rilis berkat GoodBarber.

GoodBarber sangat cocok untuk pembuatan aplikasi berbasis konten seperti blog dan berita serta aplikasi yang mirip seperti toko online, seperti aplikasi pemesanan makanan restoran, retail dan grosir. Tentu didukung dengan berbagai fitur yang powerfull, seperti push notification, permanent chart, payment method, diskon dan delivery + pickup.

7. AppInstitute

AppInstitute - software membuat aplikasi android tanpa coding

Software terakhir ini cocok menjadi solusi pembuatan app termudah dari semuanya. Hanya cukup 4 langkah untuk menyiapkannya. Tentu akan sangat menyingkat waktu dan biaya. Apalagi, AppInstitute tidak dikenakan biaya sampai kita benar-benar siap merilisnya ke Google Play.

Sama halnya dengan software yang dibuat oleh pengembang lainnya, AppInstitute menawarkan fitur yang layak dipuji dan dicoba, seperti payment method, database, API, pust notification hingga fitur membuat app semudah drag & drop. Jika sudah siap rilis, kita hanya perlu subscribe biaya langganan $40 per bulan.

###

Itulah tadi semua daftar website dan software yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi Android tanpa coding. Jelas, masing-masing software punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi kembali lagi kamu sebagai pengguna lebih cocok menggunakan software yang mana.

Kamu bisa langsung mencoba semua software yang sudah kami jelaskan, dan bisa langsung merasakan mana yang lebih cocok dan lebih efisien memudahkan usaha yang kamu jalankan. Namun pastinya, semua software tadi cocok dalam segala industri bisnis.

Ada software membuat aplikasi Android tanpa coding lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

AndroidAplikasiPembuatan Aplikasi
Lusiana Haryanti