Pada tahun-tahun sebelumnya, artikel seperti ini bisa dibuat dengan mudah. Namun, menjadi cukup sulit ketika tiba-tiba dunia harus menjalankan pandemi ketika kedatangan virus Covid-19 dimana membuat semua orang di dunia –terutama generasi milenial dan Z– mulai tertarik dengan industri esports dan menganggap video game bukan sekedar hiburan, melainkan sumber pendapatan yang menyenangkan.

Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sekitar 223 juta penggemar esports yang teriidentifikasi sangat mengikuti industri ini. Bahkan, penggemarnya melebihi dari jumlah penggemar acara besar di dunia.

Amerika Utara adalah pasar esports terbesar secara keseluruhan, diperkirakan menghasilkan sekitar 37 persen pendapatan industri dari total $584 juta (setara dengan Rp 8 Triliun) pada tahun 2020.

Siapa sajakah pemain esports terkaya di dunia berdasarkan jumlah pendapatan turnamen mereka? Ini dia daftarnya.

10 Pemain Esports Terkaya di Dunia Berdasarkan Jumlah Pendapatan

Statistik menyajikan pemain esports terkemuka di seluruh dunia berdasarkan pendapatan keseluruhan. Johan Sundstein, pemain Dota 2 asal Denmark menduduki peringkat teratas diikuti oleh beberapa player dan detail berikut ini.

1. N0tail (Johan Sundstein) – Rp 96 Miliar

N0tail (Johan Sundstein) - Rp 96 Miliar

Johan Sundstein atau yang lebih dikenal dengan N0tail adalah pria kelahiran Denmark, 8 Oktober 1993 yang sekarang masih aktif menjadi salah satu rooster dari tim OG di skena Dota 2 dengan penghasilan terbesar di dunia.

Permainannya yang apik dan kemampuannya menjadi kapten di dalam tim OG lah yang menjadi alasan kenapa N0tail mampu memenangkan berbagai turnamen bergengsi dan menjadi player yang paling kaya dunia industri esports.

Selama bermain di dalam skena Dota 2 Tier 1, N0tail bersama rekan-rekannya di OG adalah tim yang paling sering mendapatkan juara 1. Prizepool terbesar yang pernah dia dapatkan selama bermain Dota 2 adalah saat mereka memenangkan turnamen The International 2019 Dota 2.

NamaJohan Sundstein
NicknameN0tail
Asal NegaraDenmark
Kelahiran8 Oktober 1993
TimOG
RoleSupport, Captain

2. JerAx (Jesse Vainikka) – Rp 90 Miliar

JerAx (Jesse Vainikka) - Rp 90 Miliar

Jesse “JerAx” Vainika adalah player Dota 2 yang memiliki penghasilan terbesar kedua di dunia esports. Saat ini memang dia sudah pensiun dari dunia pro player dan hanya aktif menjadi content creator dan streamer di berbagai kanal sosial media yang dia miliki.

Namun, biografinya tetap saja menarik. Berbagai tim Dota 2 –kecil maupun besar– sudah pernah dia bela, seperti MVP.HOT6IX dan teamliquid.

NamaJesse Vainikka
NicknameJerAx
Asal NegaraFinlandia
Kelahiran7 Mei 1992
Tim–sudah pensiun
RoleSupport

3. Ana (Anathan Pham) – Rp 83 Miliar

Ana (Anathan Pham) – Rp 83 Miliar

Anathan “Ana” Pham, seorang profesional player dari skena Dota 2 yang punya banyak cerita menarik selama masa karirnya. Mulai dari (hanya) menjadi cadangan tim IG yang diisi oleh burNIng, Faith, Chuan, dan Xi, dilarang oleh orang tua untuk menjadi pro player, hingga akhirnya dia masuk ke dalam tim OG mengisi role sebagai carry dan solo middle.

Berkat Ana dan teman-temannya yang seperjuangan, seperti JerAx, N0tail, dan Ceb lah nama tim OG mulai dipandang sebagai tim yang harus diwaspadai juga di dalam skena Dota 2Apalagi setelah berhasil menjuarai beberapa turnamen bergengsi, seperti The Boston Major dan Kiev Major.

Tercatat, kekayaan Ana saat ini setelah menjuarai beberapa turnamen berkisar antara Rp 83 Miliar. Angka tersebut Ana dapatkan karena ada banyak turnamen besar yang dia menangkan, seperti The International 2018 dan The International 2019 yang berhadiah jutaan dollar.

NamaAnathan Pham
NicknameAna
Asal NegaraAustralia
Kelahiran26 Oktober 1999
TimOG
RoleCarry, Solo Middle

4. Ceb (Sébastien Debs) – Rp 77 Miliar

Ceb

Sébastien “Ceb” Debs adalah talenta yang sangat berbakat di industri esports. Dia bukan hanya bermain sebagai profesional player, tapi dia juga aktif menjadi pelatih, dan broadcast talent. Berkat kemampuannya tersebut, Sébastien menjadi player terkayar nomor 4 di dunia dengan total kekayaan hasil turnamen Rp 77 Miliar.

Sebelum nickname-nya berubah menjadi Ceb, Sébastien aktif di berbagai tim dengan nickname Fuckingmad, Mad, Madshka, 7Mad-, 7Mad, Себ, 7ckngMad.

NamaSébastien Debs
NicknameCeb
Asal NegaraPrancis
Kelahiran11 Mei 1992
TimOG
RoleOfflaner, Coach

5. Topson (Topias Miikka Taavitsainen) – Rp 75 Miliar

Topson (Topias Taavitsainen) – Rp 75 Miliar

Topias Miikka “Topson” Taavitsainen adalah pemain Dota 2 profesional Finlandia yang saat ini bermain untuk OG. Saat ini, jumlah kekayaan hasil turnamen yang Topson kumpulkan sekitar Rp 75 Miliar.

Pernghargaan yang pernah dapatkan adalah ketika Topson mendapatkan “theScore esports Awards 2018: Rookie of the Year” pada tahun 2018.

Sama seperti pemain tim OG lainnya, Topson juga masuk menjadi jajaran pro player terkaya di dunia nomor 6.

NamaTopias Miikka Taavitsainen
NicknameTopson
Asal NegaraFinlandia
Kelahiran14 April 1998
TimOG
RoleSolo Middle

6. KuroKy (Kuro Salehi Takhasomi) – Rp 72 Miliar

KuroKy (Kuro Takhasomi) – Rp 72 Miliar

Kuro Salehi “KuroKy” Takhasomi adalah pria kelahiran Jerman tahun 1992 yang aktif menjadi kapten serta support di dalam Team Nigma divisi Dota 2. Berbagai prestasi di ajang turnamen bergengsi Dota 2 telah dia dan Team Nigma dapatkan bersama kawan-kawan lain yang juga ikut masuk ke dalam jajaran player esport terkaya di dunia berdasarkan total hadiah turnamen.

Meskipun menyandang disabilitas pada kakinya, hal ini nggak membuat KuroKy lemah menjadi pemain esports yang profesional. Kelemahannya tersebut selalu dia tutupi melalui permainan yang sangat gemilang. Terbukti saat ini dia telah menjadi pro player dengan kekayaan Rp 72 Miliar dari total hadiah turnamen.

NamaKuro Salehi Takhasomi
NicknameKuroky
Asal NegaraJerman
Kelahiran28 Oktober 1992
TimTeam Nigma
RoleSupport, Captain

7. Miracle (Amer Barqawi) – Rp 66 Miliar

Miracle (Amer Barqawi) – Rp 66 Miliar

Amer “Miracle” Barqawi adalah pria kelahiran 20 Juni 1997, Yordania yang aktif memperkuat tim Dota 2 Team Nigma di kancah internasional. Di Team Nigma, Miracle berperan menjadi carry sekaligus solo middle yang punya peran kuat dalam menghancurkan pertahanan musuh.

Saat ini, total kekayaan Miracle dari hasil hadiah turnamen sudah mencapai Rp 66 Miliar di bawah KuroKy –rekan satu timnya–. Hasil ini dia dapatkan setelah mendapatkan cukup banyak hasil memuaskan di turnamen Dota 2.

NamaAmer Al-Barkawi
NicknameMiracle
Asal NegaraYordania
Kelahiran20 Juni 1997
TimTeam Nigma
RoleCarry, Solo Middle

8. MinD_ContRol (Ivan Borislavov Ivanov) – Rp 63 Miliar

MinD_ContRol (Ivan Ivanov) – Rp 63 Miliar

Ivan Borislavov Ivanov adalah nama latin dari Иван Бориславов Иванов, pria asal Bulgaria kelahiran 20 Januari 1995 yang aktif juga membela tim Dota 2 di Team Nigma bersama Miracle dan KuroKy. Menggunakan nickname “MinD_ContRol”, Ivan berperan menjadi offlaner di dalam timnya.

Mirip dengan Miracle, Ivan juga sudah mengumpulkan sangat banyak total hadiah turnamen yang dia dapatkan, total untuk saat ini adalah Rp 63 Miliar.

NamaIvan Borislavov Ivanov
NicknameMinD_ContRol
Asal NegaraBulgaria
Kelahiran20 Januari 1995
TimTeam Nigma
RoleOfflaner

9. GH (Maroun Merhej) – Rp 58 Miliar

GH (Maroun Merhej) – Rp 58 Miliar

Selain KuroKy, Miracle, dan MinD_ContRol, ada nama lain dari Team Nigma yang juga masuk ke dalam jajaran pemain esports terkaya di dunia, yaitu Maroun “GH” Merhej, pria kelahiran Lebanon 17 Juni 1995 yang aktif menjadi support memperkuat tim Dota 2 di Team Nigma.

Namun, di antara teman-teman lainnya, GH adalah player yang paling sedikit mendapatkan uang total hadiah turnamen, hanya sekitar Rp 58 Miliar. Meskipun begitu, uang Rp 58 Miliar bukanlah merupakan uang yang sedikit dibandingkan player esports lain yang belum begitu sukses seperti GH.

NamaMaroun Merhej
NicknameGH
Asal NegaraLebanon
Kelahiran17 Juni 1995
TimTeam Nigma
RoleSupport

10. Matumbaman (Lasse Aukusti Urpalainen) – Rp 52 Miliar

Matumbaman (Lasse Urpalainen) – Rp 52 Miliar

Beralir dari posisi 9 ke posisi 10 ada nama pemain esports terkaya dari tim lainnya, yaitu Lasse Aukusti “Matumbaman” Urpalainen. Seorang pria kelahiran Finlandia yang saat ini memperkuat tim Dota 2 di Team Secret. Total uang yang sudah Matumbaman dapatkan dari hasil hadiah turnamen sekitar Rp 52 Miliar.

Sebenarnya, Matumbaman ini sendiri bukanlah roster lama dari Team Secret. Dia baru saja bergabung ke dalam squad Team Secret belum lama ini, terhitung sejak 4 November 2020 saja. Uniknya, meskipun dia baru bergabung, dia sudah berhasil membawa nama Team Secret menjadi tim yang perlu diwaspadai karena torehannya memenangkan turnamen DreamLeague Season 13, dan OMEGA League: Europe Immortal Division.

NamaLasse Aukusti Urpalainen
NicknameMatumbaman
Asal NegaraFinlandia
Kelahiran3 Maret 1995
TimTeam Secret
RoleCarry, Solo Middle

10 Pemain Esports Terkaya di Indonesia Berdasarkan Jumlah Pendapatan

Nah, bagian ini yang menurut saya paling membuat semua orang penasaran. Daftar pro player esport terkaya di Indonesia, baik itu mobile gaming maupun pc gaming. Langsung aja kita lihat daftarnya.

1. BnTet (Hansel Ferdinand) – Rp 2,3 Miliar

BnTet (Hansel Ferdinand) – Rp 2,3 Miliar

Hansel “BnTet” Ferdinand adalah pria kelahiran tahun 1995 yang aktif menjadi pemain esports di skena Counter Strike: Global Offensive (CS: GO). Bahkan, dia juga dikabarkan sebagai pemain CS: GO terhebat se-Asia. Nggak heran kenapa BnTet masuk ke dalam jajaran pemain esports terkaya di Indonesia dengan total hadiah uang kemenangan turnamen yang sudah dikumpulkan setara dengan Rp 2,3 Miliar.

Sayangnya, sekarang BnTet sudah nggak aktif menjadi pemain esports di Indonesia. Sekarang dia adalah pemain esports yang aktif di Amerika Utara bersama teman-teman lainnya dari Gen.G Esports.

NamaHansel Ferdinand
NicknameBnTet
Kelahiran28 Agustus 1995
PemainCS: GO
TimGen.G Esports
RoleRifler

2. Luxxy (Made Bagus Prabaswara) – Rp 1,6 Miliar

Luxxy (Made Bagus Prabaswara) – Rp 1,6 Miliar-min

Siapa yang nggak kenal dengan Made Bagus “Luxxy” Prabaswara, pemain esports yang masih sangat muda ini menjadi sangat terkenal semenjak masuk ke dalam barisan roster tim Bigetron RA bersama kembarannya, Zuxxy.

Mereka berdua sudah menjadi ikon bagi tim Bigetron RA di seluruh dunia. Ya! seluruh dunia. Memang mereka sudah beberapa kali menjadi juara 1 PUBGM di kancah internasional.

NamaMade Bagus Prabaswara
NicknameLuxxy
Kelahiran31 Mei 2003
PemainPUBG Mobile
TimBigetron RA
RoleSniper, Rifle

3. Zuxxy (Made Bagas Pramudita) – Rp 1,6 Miliar

Zuxxy (Mage Bagas Pramudita) – Rp 1,6 Miliar

Ini dia kembaran Luxxy, Made Bagas “Zuxxy” Pramudita. Pria yang dipercayai menjadi In-Game Leader di dalam squad Bigetron RA sejak pertama kali dia masuk. Saat ini, kedua pria kembar –Zuxxy dan Luxxy– telah berhasil mengumpulkan total kekayaan hasil pemenangan turnamen masing-masing setara dengan Rp 1,6 Miliar.

Hasil kekayaan tersebut mereka dapatkan selama 3 tahun belakangan ini, mulai dari juara 1 di PUBG Mobile Club Open – Fall Split: SEA League, PUBG Mobile Club Open – Fall Split Global Finals, hingga yang baru-baru kemarin adalah PUBG Mobile Pro League – Fall Split 2020: Southeast Asia.

NamaMade Bagas Pramudita
NicknameZuxxy
Kelahiran31 Mei 2003
PemainPUBG Mobile
TimBigetron RA
RoleIn-Game Leader, Scout

4. Ryzen (Muhammad Albi) – Rp 1,5 Miliar

Ryzen (Muhammad Albi) – Rp 1,5 Miliar

Berbicara mengenai Bigetron RA, squad PUBGM yang sangat ditakuti dunia kurang lengkap kalau nggak ada Muhammad “Ryzen” Albi sang “The Best Rusher”. Kebetulan sekali, dia juga menduduki peringkat pemain esports terkaya di Indonesia dengan total kekayaan hasil turnamen tersebut setara dengan Rp 1,5 Miliar. Sedikit di bawah dua pria kembar tadi.

Ryzen dikenal dengan permainannya yang sangat tajam dalam menusuk pertahanan lawan maupun menghadang lawan yang masuk ke dalam area pertahanannya. Nggak heran kenapa pria yang sering disebut “Kepala Manggis” ini dijuluki sebagai “The Best Rusher”.

NamaMuhammad Albi
NicknameRyzen
Kelahiran14 Februari 2002
PemainPUBG Mobile
TimBigetron RA
RoleRusher, Assaulter

5. MICROBOY (Nizar Lugatio) – Rp 1,2 Miliar

MICROBOY (Nizar Lugatio) – Rp 1,2 Miliar

Pemain esports terkaya di Indonesia yang kelima adalah Nizar “Microboy” Lugatio, sang legenda support yang juga masih aktif membela tim Bigetron RA. Banyak yang bilang, Microboy merupakan salah satu orang yang paling bisa menjaga emosinya ketika bertanding bersama dengan 3 kawannya yang tadi, Zuxxy, Luxxy, dan Ryzen.

Imejnya menjadi seorang pro player esports semakin disambut hangat oleh penonton dan fans karena Microboy adalah orang yang ramah, lucu dan suka berinteraksi dengan penontonnya.

NamaNizar Lugatio
NicknameMicroboy
Kelahiran19 Juni 2000
PemainPUBG Mobile
TimBigetron RA
RoleSupport

6. xccurate (Kevin Susanto) – Rp 1,1 Miliar

xccurate (Kevin Susanto) – Rp 1,1 Miliar

Jejeran pemain esports terkaya di Indonesia ke-6 ternyata kembali lagi ke PC Gaming setelah 4 jejeran sebelumnya diisi oleh pemain mobile gaming. Yaitu ada Kevin “Xccurate” Susanto, pemain profesional CS: GO yang aktif menjadi AWPer di tim TYLOO. Selama ini, Xccurate telah berhasil mengumpulkan uang hasil dari hadiah turnamen sekitar Rp 1,1 Miliar karen kehebatannya.

Ada kabar yang menyebutkan bahwa Xccurate sudah nggak membela tim TYLOO lagi karena didepak dengan alasan yang belum jelas, hingga akhirnya sekarang aktif membeli tim Bigetron Gaming. Namun, kabar itu sendiri belum bisa saya konfirmasi karena belum adanya sumber yang lebih jelas lagi.

NamaKevin Susanto
Nicknamexccurate
Kelahiran18 Februari 1998
PemainCS: GO
TimTYLOO
RoleAWPer

7. Xepher (Kenny Deo) – Rp 1 Miliar

Xepher (Kenny Deo) – Rp 1 Miliar

Akhirnyaaa, daftar pemain esports terkaya di dunia ada juga yang datang dari skena Dota 2. Inilah dia Kenny “Xepher” Deo. Seorang pria kelahiran tahun 1996 yang aktif menjadi support di tim Geek Fam. Bersamanya, Xepher sudah berhasil mengumpulkan kekayaan hasil turnamen setara dengan Rp 1 Miliar.

Sayangnya, karena Geek Fam telah bubar pada September 2020 kemarin, sekarang Xepher masih belum masuk kembali ke dalam sebuah tim esports. Dia hanya berencana akan masuk kembali ke tim esports setelah berhasil grinding MMR ke top 10 SEA.

NamaKenny Deo
NicknameXepher
Kelahiran27 Juni 1996
PemainDota 2
TimGeek Fam
RoleSupport

8. Inyourdream (Muhammad Rizky Anugrah) – Rp 780 Juta

Inyourdream (Muuhammad Rizky Anugrah) – Rp 780 Juta

Muhammad Rizky “InYourdream” Anugrah merupakan pemain profesional esport di tim k`wonderkid bagian Dota 2 yang sukses. Dia sudah berhasil mengumpulkan total hadiah turnamen setara Rp 780 Juta.

Hadiah kemenangan terbesar tersebut dia dapatkan dari keberhasilannya menjadi juara 1 di dalam turnamen Dream League Season 10 setelah berhasil menumbangkan tim NAVI Esports.

NamaMuhammad Rizky
NicknameinYourDream
Kelahiran7 Oktober 1997
PemainDota 2
Timk`wonderkid
RoleSolo Middle, Support

9. Dreamocel (Randy Muhammad Sapoetra) – Rp 760 Juta

Dreamocel (Randy Muhammad Sapoetra) – Rp 760 Juta

Pemain esports terkaya di Indonesia posisi ke-9 diisi oleh Randy Muhammad “Dreamocel” Sapoetra, pria kelahiran 14 Januari 1998 yang aktif menjadi carry sekaligus support tim Dota 2 di BOOM Esports. Total kekayaan yang sudah dia dapatkan selama ini setara dengan Rp 760 Juta.

Sayangnya, setelah 4 tahun memperkuat tim BOOM Esports, sekarang Dreamocel sudah nggak memperkuatnya lagi terhitung sejak Desember 2020.

NamaRandy Muhammad Sapoetra
NicknameDreamocel
Kelahiran14 Januari 1998
PemainDota 2
TimBOOM Esports
RoleCarry, Support

10. Khezcute (Alfi Syahrin Nelphyana) – Rp 730 Juta

Khezcute (Alfi Nelphyana) – Rp 730 Juta

Pemain esports terkaya di Indonesia posisi ke-10 diisi oleh Alfi Syahrin “Khezcute” Nelphyana, pria kelahiran 1993 yang aktif menjadi support sekaligus kapten tim Dota 2 di BOOM Esports. Total kekayaan yang sudah dia dapatkan selama ini setara dengan Rp 730 Juta.

Namun, seperti yang telah didapatkan oleh Dreamocel, Khezcute pun dikabarkan sudah nggak bermain bersama dengan tim BOOM esports lagi. Kabarnya, dia akan masuk ke dalam tim baru untuk memperkuat tim TNC Esports.

NamaAlfi Syahrin Nelphyana
NicknameKhezcute
Kelahiran1993
PemainDota 2
TimBOOM Esports
RoleSupport, Captain

Itu dia 20 pemain esports terkaya di dunia, termasuk Indonesia. Mereka adalah para atlit yang sudah berjuang sejak lama. Dimulai dari individu yang gemar bermain game hingga akhirnya berhasil masuk ke dalam suatu tim bersama dengan teman-teman lainnya.

Keberhasilan tersebut tentu nggak serta merta mereka dapatkan dengan instan. Perlu perjuangan dan dedikasi yang tinggi hingga masuk ke apa yang sudah mereka dapatkan sekarang.

Setelah membacanya, apakah kamu tertarik untuk menjadi pro player esports?

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment