Sering mendengar kata “Nolep” di sosial media dan game tapi belum tahu arti apa itu Nolep? Padahal arti dari kata ini bisa digunakan untuk mengejek dan membangun motivasi loh.

Kita tidak akan pernah berhasil menemukan arti “Nolep” di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sampai kapanpun. Karena, “Nolep” adalah bahasa slang yang diserap dari bahasa Inggris dan hanya biasa digunakan di internet, baik itu game maupun sosial media.

Lalu, Apa itu Nolep?

Nolep adalah kata yang berasal dari plesetan kata “No Life” dalam bahasa Inggris yang artinya tidak punya kehidupan.

“No Life” sepenuhnya digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang tidak memiliki aktivitas atau kegiatan lainnya dengan dunia nyata.

Biasanya, orang-orang yang Nolep lebih sering sibuk bermain dengan gadgetnya, entah itu di sosial media, game atau menonton film dan tidak punya tujuan hidup yang jelas.

Atau jikapun dia tidak ketergantungan dengan gadget, orang Nolep pasti hidupnya jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar serta tidak punya arah.

Plesetan atau bahasa slang yang satu ini sudah banyak diserap masyarakat Indonesia untuk menyindir seseorang.

Tidak Semua Penyendiri (Introvert) Disebut Nolep

introvert berbeda dengan nolep

Nolep cukup jauh dari definisi orang yang tidak suka keramaian (introvert).

Karena, pada sejatinya introvert tetap memiliki rasa suka atau senang berinteraksi dengan lingkungan sekitar dia. Hanya saja, dia punya kuota/limit yang membuat dia merasa mudah lelas berinteraksi dengan orang lain.

Sedangkan Nolep, mereka benar-benar minim atau bahkan tidak punya interaksi dengan lingkungan sekitar.

Orang-orang introvert suka salah disebut sebagai introvert karena dia suka menyendiri. Padahal, dalam kesendiriannya itu bisa jadi dia sedang membangun hobinya atau sejenak beristirahat dari interaksi dunia luar.

Bagaimana Membedakan Nolep dengan Introvert?

Membedakan seorang “Nolep” dengan “Introvert” sangat mudah diketahui melalui tujuan hidupnya.

Orang nolep akan lebih mementingkan hasrat menyendirinya tanpa membangun hidup yang lebih baik. Sedangkan introvert tetap memprioritaskan pekerjaan yang dapat membangun hidupnya menuju lebih baik.

Dari kegiatan sehari-harinya, nolep punya kecenderungan untuk selalu bermalas-malasan, main game tidak kenal waktu dan marathon nonton film. Sehingga, sudah pasti orang nolep cenderung lebih malah beraktivitas dan berolahraga.

###

Sekarang sudah paham apa itu nolep?

Kalau kamu punya ciri-ciri yang menuju ke kelakuan orang nolep, sebaiknya perbaiki hidup kamu dan mulailah menyusun prioritas dalam hidup ya.

Kamu bisa memulai lebih produktif dengan cara memulai peluang usaha rumahan atau bersungguh-sungguh pada pengetahuan yang harus kamu dapatkan dalam menempuh sekolah atau perkuliahan.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment