Di tengah tren yang serba digital, aplikasi edit video PC semakin dibutuhkan oleh banyak bisnis, perusahaan, content creator dan influencer.

Kebutuhan ini semakin besar karena konten video telah menjadi konten favorit pengguna internet di Indonesia, sekitar 90,5% dari total pengguna internet menghabiskan waktunya untuk menonton video dengan rata-rata 2 jam 50 menit per user.

Pusingnya, editing video bukanlah hal mudah, meski ada puluhan aplikasi yang tersedia di internet, tidak semuanya ramah bagi pemula dan ringan untuk PC dengan spesifikasi “kentang”.

Tapi, jangan khawatir. Sebagai orang yang senang dengan dunia teknologi dan gadget, saya ingin membuatkan semua daftar aplikasinya, mulai dari yang ringan hingga mudah bagi pemula.

1. Windows Movie Maker

windows movie maker

Aplikasi edit video PC yang pertama bernama Windows Movie Maker, besutan perusahaan raksasa teknologi, Microsoft Corporation. Saat ini, jumlah pengguna resmi Windows Movie Maker telah lebih dari 10 juta di dunia.

Windows Movie Maker merupakan yang paling ringan dibandingkan aplikasi manapun. Syarat PC dan laptopnya tidak tinggi-tinggi, bahkan RAM 256MB juga sudah bisa memainkannya.

Ada banyak pengguna di luar sana yang merekomendasikannya jika kamu butuh software editing video untuk kebutuhan yang simpel, cepat selesai dan hasilnya tetap bagus. Dijamin semua kebutuhan fitur simpel dalam membuat video sudah disediakannya.

Terdapat dua versi. Pertama, Windows Movie Maker. Kedua HD Movie Maker – Pro yang dijual dengan harga sekitar Rp213.410.

2. Adobe Premiere Pro

adobe premiere pro

Aplikasi editing video di PC yang kedua ini mungkin sudah sering kamu dengar, Adobe Premiere Pro. Memang software yang satu ini sudah banyak dikenal di hati para editor video dunia.

Fiturnya lengkap, mulai dari memotong video hingga mengatur kualitas video sebagus kualitas film tersedia di dalam Adobe Premiere Pro.

Untuk bisa menggunakannya, PC kamu perlu memiliki spesifikasi hardware yang mumpuni, mulai dari minimal 8GB RAM, 2GB VRAM, 8GB hardisk dan untuk prosesornya minimal Intel® 6th Gen atau AMD Ryzen™ 1000 Series.

Bagi kamu yang baru pertama kali merambah ke dunia editing video, Adobe Premiere Pro mungkin terlihat sangat rumit dan kompleks. Tapi, untuk mempelajarinya sampai mahir sudah ada banyak tutorialnya.

Harga berlangganan Adobe Premiere Pro sekitar Rp393.133 per bulan.

3. Final Cut Pro

final cut pro

Lanjut ke aplikasi edit video PC berikutnya datang khusus hanya untuk pengguna MacOS, yaitu Final Cut Pro, pengembangan dari aplikasi iMovie dengan peningkatan fitur yang lebih profesional.

Final Cut Pro menghadirkan banyak fitur dalam antarmuka software yang cukup sederhana untuk para profesional dan konsumen. Beberapa highlight fitur terbaru dari Final Cut Pro diantaranya konten 360 derajat, peningkatan stabilitas, dan dukungan perangkat keras dan format media baru.

Diantaranya editing video PC yang lain, hanya Final Cut Pro yang kualitasnya bisa dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

Tapi, penggunaan Final Cut Pro tidak seperti Premiere Pro yang harus berlangganan setiap bulan. Kamu hanya perlu membeli software edit video PC Final Cut Pro dengan harga sekitar Rp4,9 juta.

Berbeda dengan cara download aplikasi di laptop yang lain, Final Cut Pro cukup kamu download melalui Apple Store resmi.

4. Blender

blender

Daritadi sudah kita bahas berbagai aplikasi edit video PC, berbeda dengan yang satu ini. Blender merupakan aplikasi terbaik yang digunakan untuk membuat animasi 3D.

Blender adalah software terbaik untuk membuat animasi yang keren dengan efek visual yang menarik dengan harga software yang murah.

Blender telah membantu saya menghemat banyak uang meskipun ada bug dan masalah yang terkait dengan menemukan dokumen terbaru.

Saya sama sekali tidak perlu membayar Blender premium karena memang aplikasi ini benar-benar gratis. Tapi, sebagai alternatif kita berterima kasih kepada Blender, kita masih bisa mengirimkan sejumlah uang untuk donasi melalui web resminya.

5. Vegas Pro

vegas pro

Vegas Pro adalah software editing video yang saya urutkan ke nomor 5 karena fiturnya yang lengkap tapi penggunaan dan sistemnya cukup rumit dibandingkan dengan nomor 1 sampai 4.

Vegas Pro dibuat dan dikembangkan oleh VEGAS Creative Software, dimana kita bisa menginstalnya dengan spesifikasi PC minimum 16GB RAM, NVIDIA® GeForce RTX, AMD/ATI® Radeon with 4GB and VCE 3.0 dan 1,5GB hardisk.

Uniknya, Vegas Pro hampir digunakan di setiap sekolah atau kampus yang mempelajari editing video. Entah karena alasan apa.

6. Filmora

filmora

Berikutnya ada Filmora. Aplikasi editing video di PC yang memiliki tampilan yang sederhana dan berbagai tools mudah dikenali sehingga pengguna lebih leluasa dan mudah dalam mengedit video.

Harga berlangganan Filmora dimulai dari sekitar Rp284,510 per bulan. Harga yang cukup tepat untuk penggunaan yang cukup simpel.

Masalah kualitas hasil tetap bisa dibandingkan dengan yang lain. Tapi, perlu sedikit oprek-oprek untuk mendapatkannya.

7. LumaFusion

lumafusion-(1)

Kamu pasti tahu kan bagaimana performa produk-produk Apple untuk membuat video, seperti iPhone dan iPad? Kalau kamu suka editing video di iPhone atau iPad, software yang satu ini sangat saya rekomendasikan.

Karena, LumaFusion merupakan aplikasi editing video terbaik bagi pengguna iOS, termasuk iPhone dan iPad, dimana fitur-fiturnya tidak kalah canggih dengan Final Cut Pro.

Saya sendiri menginginkannya suatu saat nanti. Bagaimana mungkin saya tidak menginginkannya, menggunakan aplikasi edit foto dan edit video di perangkat yang mobilitasnya tinggi tentu lebih menyenangkan, seperti layaknya editing video di Android tapi dengan perangkat yang lebih baik.

8. CyberLink PowerDirector 365

PowerDirector 365

Cut, refine, tambahkan effects dan posting ke internet, kamu bisa melakukannya di dalam Cyberlink PowerDirector 365. Aplikasi edit video PC yang satu ini menawarkan alat pengeditan terbaik di kelasnya dengan alur kerja yang intuitif.

Jika kamu pemula, PowerDirector 365 lebih saya rekomendasikan dibandingkan yang. Tapi, semua itu tergantung kepada keinginan dan kemampuan kamu dalam mengeksplorasi software baru.

###

Itulah dia 9 daftar rekomendasi aplikasi edit video PC yang terbaik saat ini. Pilihlah yang menurut kamu paling mudah, murah dan ringan untuk spesifikasi PC yang sekarang kamu miliki.

Semoga artikel ini membantu dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment