Proses dan cara bekerja di berbagai industri mengalami perubahan yang sangat besar setelah adanya pandemi Covid-19, salah satu perubahannya yaitu penggunaan aplikasi tanda tangan digital yang semakin dibutuhkan.

Berawal dari tidak diperbolehkannya kontak fisik diantara rekan kerja, hingga pada akhirnya proses approval dan pembubuhan tanda tangan yang sementara diahlikan ke dalam bentuk digital.

Apa saja aplikasi tanda tangan digital terbaik di HP dan PC? Berikut ini daftarnya.

1. PrivySign dari PrivyID

aplikasi-tanda-tangan-online-privysign

Aplikasi pertama datang dari tanah air, PrivySign dari PrivyID. PrivyID merupakan aplikasi yang bisa dibilang sebagai pionir tanda tangan online pertama di Indonesia. Saat ini, jumlah penggunanya sudah melebihi 10 juta pengguna individu dan 1000 perusahaan di Indonesia.

PrivyID menjelaskan sudah menyesuaikan dengan UU ITE pasal 11 serta diakui layak oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Penyesuaian dan pengakuan tersebut membuat PrivyID semakin bisa dipercaya sebagai aplikasi tanda tangan online yang sah dan legal.

Namun, untuk memastikan semuanya aman, PrivyID mengharuskan kamu upload KTP dan data diri lain saat mendaftar. Entah apa alasan penggunaan dokumen tersebut.

2. HelloSign

aplikasi-tanda-tangan-digital-hellosign

Berbicaya tanda tangan rasanya kurang lengkap tanpa membahas HelloSign, aplikasi yang sudah sejak tahun 2010 merajai pasar digital signature di dunia.

Sekarang, HelloSign jauh lebih lengkap, sederhana dan aman digunakan untuk kebutuhan bisnis maupun personal. Hal ini dibutikan dengan pencapaiannya terpilih menjadi nomor 1 selama 2 tahun dari G2Crowd, sebuah organisasi yang bertugas untuk mereview bisnis.

Karena lebih lengkap inilah, HelloSign menjadi aplikasi tanda tangan premium yang harus dibeli terlebih dahulu sebelum kita menggunakannya. Harganya dimulai dari Rp214.000 per bulan.

3. PandaDoc

aplikasi-tanda-tangan-online-pandadoc

Aplikasi tanda tangan digital berikutnya datang dari San Francisco, yaitu PandaDoc. Aplikasi didirikan khusus untuk mempermudah document workflow dari awal hingga akhir agar lebih cepat dan mudah.

Tidak hanya sebagai digital signature, kita juga bisa menggunakan PandaDoc sebagai alat untuk membuat dokumen (misal: proposal, kontrak kerja dan invoice) dengan template-template yang menarik.

Seperti layaknya yang lain, PandaDoc juga tersedia di dalam Android, iPhone dan Dekstop. Untuk menggunakan fitur eSignature-nya saja, kita tidak wajib untuk membayar biaya langganan alias gratis.

4. DocuSign

aplikasi-tanda-tangan-digital-docusign

Aplikasi tanda tangan online selanjutnya adalah DocuSign. DocuSign sangat direkomendasikan karena mempunyai sertifikasi dan keamanan yang sangat baik.

Beberapa sertifikasi dan keamanan yang dimiliki DocuSign antara lain ISO 27001, Binding Corporate Rules, SSAE 18 (SOC 1 and 2), FedRAMP Authorized, GDPR, PCI Data Security Standard, CSA STAR dan HIPAA.

Cukup panjang jika dijelaskan. Intinya, semua sertifikasi dan keamanan tersebut membuat data kita lebih aman tersimpan di DocuSign.

Bahkan, perusahaan-perusahaan besar di dunia juga sudah menggunakannya, seperti Facebook, Apple, VISA, Unilever serta masih banyak lagi yang lainnya.

5. AdobeSign dari Adobe

aplikasi-tanda-tangan-digital-adobesign

Siapa yang tidak tahu Adobe Inc.? Perusahaan teknologi terkemuka di dunia ini memang punya segudang aplikasi yang sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas.

Selain ada beberapa aplikasi edit video PC, aplikasi edit foto dan aplikasi analitik data, ternyata Adobe Inc. juga memiliki aplikasi tanda tangan digital bernama AdobeSign.

Tidak perlu dipertanyakan lagi masalah fitur dan kemampuannya, AdobeSign sangat lengkap dan mumpuni. Tapi, seperti pada umumnya produk Adobe, AdobeSign ini bisa kita dapatkan dengan membayar biaya langganan yang tidak murah juga.

Seperti HelloSign, AdobeSign harga langgannya juga dimulai dari Rp214.000 per bulan untuk 1 pengguna.

6. SignWell

aplikasi-tanda-tangan-online-signwell

Ingin mencari yang benar-benar simpel dan cepat? Cobalah aplikasi tanda tangan online SignWell. SignWell benar-benar tidak akan membuat kita bingung.

Meski hanya bisa diakses melalui browser, SignWell memiliki tampilan sederhana, hanya fokus pada pembubuhan tanda tangan.

Tapi, menurut kami aksesnya yang hanya melalui browser inilah yang membuat kita tidak perlu repot memasang aplikasi baru.

7. Preview dari MacOS

aplikasi-tanda-tangan-online-preview-dari-macbook

Daftar selanjutnya datang dari MacOS. Pada dasarnya, Preview bukan hanya sebuah aplikasi MacBook yang berguna untuk bertanda-tangan, tapi juga untuk melihat foto, gambar, PDF dan yang lainnya.

Pembubuhan tanda tangan merupakan salah satu fitur dari Preview yang ditanam di dalamnya. Sehingga, pemilik MacOS tidak perlu repot memasang aplikasi lain hanya untuk bertanda tangan.

Pemilik MacOS hanya perlu membuka preview dan memilih menu “Sign” kemudian sertakan tanda tangan, baik dari gambar yang sudah disediakan ataupun membuat tanda tangan baru.

Bergembiralah para pemilik MacOS karena fitur ini sudah ada di dalam laptop kamu.

8. signNow

aplikasi-tanda-tangan-online-signnow

Aplikasi tanda tangan online ke-8 adalah signNow, aplikasi yang sangat lengkap dibandingkan dengan yang lainnya dan harganya paling murah dibandingkan dengan aplikasi digital signature yang lainnya.

Beberapa fitur yang disediakan oleh signNow antara lain eSignature, document generation, payments, workflow automation, pdf editing, web forms, contract management & negotiation dan online surveys.

Fitur-fitur ini sering dilewatkan oleh orang-orang yang sedang mencari aplikasi digital signature. Awalnya mereka menganggap bisnisnya hanya perlu tanda tangan digital. Padahal yang dibutuhkan bisnisnya antara lain fitur-fitur yang disediakan oleh signNow.

9. eSignatures

aplikasi-tanda-tangan-digital-esignatures

Daftar rekomendasi terakhir adalah eSignatures, aplikasi tanda tangan online premium yang biaya langganannya bukan per bulan, melainkan per tanda tangan yang telah disisipkan, yaitu sebesar Rp7.000.

eSignatures cukup simpel, aksesnya melalui browser. Tapi, keamanannya belum bisa kami pastikan lagi.

###

Itulah dia 9 daftar rekomendasi aplikasi digital dan online yang terbaik saat ini. Pilihlah yang menurut kamu paling mudah, murah dan legalitasnya terpercaya.

Baca kembali review singkat di atas untuk memastikan legalitas, harga dan fitur yang ditawarkan sesuai dengan harapanmu. Mungkin kamu berharap juga ada aplikasi kasir yang bisa tanda tangan digital juga, kan?

Semoga artikel ini membantu dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment