Share

Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo Terbaru | Prabayar dan Pascabayar

Baru beli kartu IM3? Cek cara registrasi kartu Indosat tersebut melalui beberapa langkah terbaru berikut ini

Mercurius Julian Saputra
cara registrasi kartu indosat

Setiap pembelian kartu layanan provider Indosat, kita semua harus mengetahui cara registrasi kartu Indosat tersebut menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan KK (Kartu Keluarga).

Pengetahuan ini harus dimiliki agar kartu yang baru saja dibeli bisa digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menelpon, mengirim SMS dan berinternet.

Indosat Ooredoo punya 5 cara untuk kita melakukan registrasi nomor, yaitu melalui SMS, via dial up, via website online serta mengunjungi gerai Indosat secara langsung.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan 5 cara registrasi kartu Indosat tersebut dengan lebih ringkas dan mudah dipahami.

Cara Registrasi Kartu Indosat melalui SMS

Cara registrasi yang pertama ini dilakukan untuk kartu provider Indosat jenis prabayar, yang biasanya bisa kita beli di ruko-ruko terdekat.

Bagaimana langkah-langkahnya? Ikuti daftar di bawah ini:

  1. Masukkan kartu Indosat ke dalam HP sambil menyiapkan NIK dan nomor KK kamu.
  2. Ketika kartu sudah siap dan sinyal sudah muncul, masuklah ke dalam aplikasi SMS.
  3. Lalu, buat SMS baru dengan tujuan nomor 4444 dengan pesan berisi: “NIK#Nomor KK#” (tanda tanda petik). Contohnya, “3301234567890123#4444899701234231#”.
  4. Tunggu beberapa menit. Jika proses registrasi berhasil, kamu akan mendapatkan pesan singkat dari Indosat resmi berupa informasi sukses/gagalnya pendaftaran.
  5. Apabila gagal, cobalah ulangi proses pendaftaran dan pastikan kembali NIK serta KK yang kamu masukkan sudah valid dan sesuai dengan database Dukcapil.

Proses ini tidak akan memakan waktu terlalu lama. Jika dalam prosesnya kamu tidak kunjung mendapatkan balasan SMS apapun dari Indosat, cobalah cek kekuatan sinyal di sekitar kamu.

Karena, satu-satunya faktor penghambat cepatnya proses registrasi kartu Indosat melalui SMS ini hanya berasal dari sinyal yang ada di HP kamu.

Bila kamu sudah yakin punya sinyal yang kuat tapi prosesnya tetap saja lama, ikuti petunjuk kedua berikut ini.

Baca Juga: Cara Cek Kuota Indosat dengan 3 Tahap Mudah dan Cepat

Cara Registrasi Kartu Indosat via Dial Up

Dial up adalah komunikasi antara HP dengan sistem Indosat melalui kode USSD untuk melakukan banyak hal tanpa membutuhkan pulsa sedikitpun.

Melalui dial up inilah, nomor Indosat baru bisa melakukan registrasi dengan mudah. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke contact dialer > buka keypad dan ketik *123# > lalu ketuk Hubungi.
  2. Masukkan nomor NIK, kemudian ketuk Kirimkan.
  3. Masukkan nomor KK, kemudian ketuk Kirimkan.
  4. Lihat kembali detail nomor yang kamu kirim, pastikan sudah benar. Lalu, masukkan angka “1” dan ketuk Kirimkan.
  5. Dalam beberapa detik, kamu akan mendapatkan pesan singkat dari 4444 (layanan Indosat) yang menunjukkan nomor Indosat tersebut berhasil didaftarkan secara resmi.

Proses pendaftaran kartu Indosat via dial up ini tidak memerlukan pulsa sama sekali seperti melalui SMS tadi, ya. Jadi, pulsa kamu tidak akan berkurang.

Cara Registrasi Kartu Indosat via Website (Online)

Proses registrasi ini bisa kamu lakukan tanpa harus melalui HP yang berisi dengan kartu Indosat yang belum terdaftarkan tersebut.

Jadi, silahkan gunakan device apapun untuk melakukan registrasi via website dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuklah ke dalam website resmi pendaftaran kartu Indosat: https://myim3.indosatooredoo.com/registration.
  2. Masukkan nomor HP yang akan didaftarkan, lalu klik tombol Verifikasi.
  3. Cek dan input kode OTP (kode verifikasi) yang masuk ke nomor HP dan klik tombol Verifikasi.
  4. Masukkan nomor NIK dan nomor KK ke dalam 2 kolom yang tersedia, lalu klik tombol Verifikasi.
  5. Tunggu proses yang sedang berjalan.
  6. Ketika selesai, kamu akan mendapatkan pemberitahuan SMS dan info bahwa registrasi pelanggan Indosat Ooredoo berhasil dan valid.

Proses ini jauh lebih mudah karena kamu bisa melakukannya dengan bantuan laptop atau PC dengan sinyal yang jauh lebih kuat.

Cara Registrasi Kartu Indosat Pascabayar melalui Gerai Indosat

Sedikit berbeda dengan kartu Indosat prabayar, untuk jenis pascabayar aktivasinya dilakukan melalui gerai resmi Indosat secara langsung.

Hal ini dikarenakan perlu adanya pengisian data diri terkait penggunaan layanan yang akan ditetapkan setiap bulan, termasuk batas kuota dan pulsa yang dapa digunakan untuk berinternet dan menelpon.

Aktivasinya cukup mudah, karena kamu akan dibantu langsung oleh CS yang bertugas di gerai selama proses registrasi.

Nah, seperti itulah semua proses yang bisa kamu lakukan untuk mendaftarkan nomor Indosat secara resmi melalui SMS, dial up dan website.

Semoga artikel ini membantu dan dapat menjadi solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel berikutnya, selamat bersenang-senang dengan nomor Indosat baru kamu.

Indosat OoredooRegistrasi Kartu
Mercurius Julian Saputra