Screenshot adalah cara sebuah device untuk menangkap tampilan layar dan merubahnya menjadi gambar yang bisa dengan mudah dibagikan kepada orang lain melalui aplikasi perpesanan.

Di laptop, screenshot cukup mudah dilakukan. Namun, masih ada beberapa orang yang belum memahaminya. Alasannya karena tombol keyboard yang digunakan sebagai cara screenshot laptop sangat jarang diketahui dan dijangkau.

Kali ini, saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara screenshot laptop dengan mudah.

1. Gunakan Tombol Printscreen (PrtSc) di Keyboard Laptop

Kalau kamu lihat, semua keyboard laptop yang diproduksi di dunia memiliki tombol Printscreen yang disingkat menjadi “PrtSc” di bagian sebelah kanan atas.

Sayangnya, tombol tersebut nggak akan menampilkan efek apapun setelah ditekan. Sehingga, terlihat seperti tombol yang nggak memiliki fungsi. Padahal, kalau kamu klik tombol paste di suatu dokumen, maka akan menempelkan hasil screenshot.

Seperti ini tutorialnya:

1. Pilih dan tampilkan layar yang ingin kamu screenshot.

2. Tekan tombol “PrtSc” seperti pada gambar di bawah ini.

tombol prtsc di laptop - cara screenshot laptop

3. Buka aplikasi “Paint” yang ada di Windows kamu.

aplikasi paint di windows - cara screenshot laptop

4. Klik tombol “Paste” yang ada di sebelah kiri atas.

paste di paint - cara screenshot laptop

5. Setelah hasil tangkapan layar muncul, klik tombol “Save” pada aplikasi Paint tersebut.

simpan di paint - cara screenshot laptop

6. Masukkan “nama file” dan tempat screenshot kamu akan disimpan. Kemudian, tekan tombol “Save”.

Sampai disini, kamu sudah berhasil menyimpan tangkapan layar (screenshot) laptop dengan cepat tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara yang sama untuk membuat gambar screenshot yang lainnya.

Namun, kalau kamu merasa tutorial pertama tersebut cukup sulit untuk dilakukan karena harus membuka aplikasi “Paint” terlebih dahulu. Jangan khawatir. Karena, ada aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kamu membuat screenshot di laptop dengan lebih mudah dan cepat.

Aplikasi tersebut bernama “Lightshot” yang akan dijelaskan pada tutorial selanjutnya.

2. Gunakan Aplikasi Lightshot

aplikasi lightshot - cara screenshot laptop

Lightshot adalah aplikasi pihak ketiga yang digunakan sebagai alat bantu screenshot di laptop menjadi lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini bisa kamu gunakan di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, MacOS, maupun Linux.

Beberapa fitur yang membuat Lightshot menjadi aplikasi screenshot di laptop yang sangat powerfull adalah (1) Memilih area screenshot dengan lebih cepat; (2) Bagikan hasil screenshot melalui internet tanpa harus menyimpannya; (3) Bisa diedit langsung tanpa bantuan aplikasi lain; dan (4) Bisa digunakan untuk mencari gambar di internet yang mirip dengan hasil screenshot kamu.

Tertarik untuk pakai Lightshot? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Download dulu aplikasi Lightshot (klik disini untuk download). Tenang, aplikasi ini dijamin 100% aman dan gratis.

2. Pasang Lightshot ke dalam laptop kamu. Ikuti langkah-langkah pemasangan Lightshot secara default.

3. Setelah berhasil terinstal, sekarang kamu bisa menggunakannya melalui tombol PrtSc untuk Windows dan Linux, dan tombol Command + Shift + 9 untuk MacOS.

4. Selanjutnya, klik tombol tersebut. Otomatis layar kamu akan lebih redup. Saatnya untuk memilih area screenshot yang kamu inginkan.

cara screenshot laptop dengan lightshot (1)

5. Saat area screenshot sudah terpilih, klik tombol save untuk menyimpan, copy untuk menduplikat, dan share untuk membagikannya melalui URL tanpa harus menyimpan.

6. Ketika kamu memilih untuk menyimpan, maka akan muncul pop-up yang bisa kamu gunakan untuk memberi nama hasil screenshot tersebut. Beri nama dan simpanlah hasil screenshot tersebut.

Selesai! Mudah dan cepat proses cara screenshot laptop, kan? Sekarang, setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa menyimpan lebih banyak gambar hasil tangkapan layar menggunakan salah satu dari 2 tutorial di atas. Silahkan pilih sesuai dengan yang kamu inginkan dan dianggap mudah.

Jangan lupa tekan tombol share di bawah ini untuk membagikan tutorial ini kepada lebih banyak orang di luar sana agar mereka tahu bagaimana sebenarnya cara screenshot di laptop itu mudah. Bisa tanpa aplikasi, maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment