Share

9 Sifat dan Karakter Kepemimpinan yang Berkualitas

Mengenal 9 karakter kepemimpinan ideal di dalam sebuah organisasi, perusahaan, masyarakat ataupun berkeluarga

Mercurius Julian Saputra
karakter kepemimpinan

Memiliki karakter kepemimpinan yang berkualitas dan ideal merupakan idaman bagi semua orang, baik itu pria maupun wanita.

Sebab, karakter dan sifat seorang pemimpin dapat menjadi bekal bagi kita untuk lebih baik lagi dalam kehidupan, baik itu berkeluarga, bekerja, berpolitik maupun bersosial.

Di dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana seharusnya menjadi seorang pemimpin yang ideal di mata masyarakat dan sekitarnya agar dapat menjadi penggerak kehidupan yang lebih baik

9 Sifat dan Karakter Kepemimpinan Paling Ideal

Berikut ini 10 sifat dan karakter pemimpin paling ideal yang berfokus berbasis pada nilai, kepribadian dan pola pikir yang dimiliki.

1. Integritas dan Kejujuran

Integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran. Meskipun tidak selalu menjadi faktor untuk menjadi pemimpin, integritas dapat menjadi modal agar dapat seorang pemimpin tahu arah dan tujuan sebuah organisasi.

Ditambah lagi dengan kejujurannya, pemimpin akan berusaha mengendalikan organisasinya untuk tetap berada di jalur yang tepat.

Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight Eisenhower pernah berkata, “Kualitas tertinggi dari kepemimpinan tidak diragukan lagi adalah integritas. Tanpa itu, tidak ada kesuksesan nyata yang mungkin terjadi, tidak peduli apakah itu di geng, lapangan sepak bola, di tentara ataupun di kantor,”.

2. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Sifat dan karakter yang kedua adalah rasa keingintahuan yang tinggi dalam diri seorang pemimpin. Karena, rasa inilah yang akan menjadi dasar bagaimana seorang pemimpin bertindak, mengambil keputusan dan bereaksi terhadap suatu permasalahan.

Rasa ingin tahu tersebut dapat dipelajari dengan memperbanyak pertanyaan “mengapa/kenapa” seperti yang sudah dijelaskam oleh Simon Sinek dalam buku Start with Why: How Great Leaders Inspire Everyone to Take Action. Tanpa rasa ini, tentu seorang pemimpin hanya akan bertindak tanpa dasar dan alasan yang jelas.

3. Mampu Mendelegasikan Tugas

Pemimpin bukanlah orang yang harus memahami semua hal teknis dan mampu mengerjakannya dalam satu waktu layaknya seorang dewa. Oleh sebab itulah, perlu kemampuan pendelegasian tugas yang baik dari seorang pemimpin.

Karena, tugas pemimpin bukan hanya menyelesaikan tugas. Tapi, juga harus mampu membentuk sebuah organisasi menjadi organisasi yang penuh dengan orang-orang hebat. Bila perlu, penuh dengan calon pemimpin generasi berikutnya.

4. Tahu Porsi dan Kemampuan Tim

Pemimpin memang layaknya orang biasa. Tapi, mereka harus membekali dirinya untuk bisa membaca situasi, kondisi dan kemampuan seluruh anggota tim yang berada di bawah kendalinya.

Ini menjadi sangat penting, karena biasanya anggota tim mudah bosan atau bahkan benci dengan suatu organisasi jika pemimpin mereka tidak mengerti kondisi dan kemampuannya. Sehari-hari mereka selalu diberi tugas yang terlalu berat hingga menyingkirkan kepentingan lain di dalam hidupnya.

Sehingga, tidak heran jika ada banyak ungkapan akhir-akhir ini mengenai alasan utama seorang karyawan resign dari pekerjaannya dengan tajuk Employees don’t leave their employer, they leave their manager.

5. Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Sifat pemimpin ideal yang kelima adalah kemampuannya berkomunikasi dengan jelas dan baik. Misalkan, menyampaikan visi misi perusahaan, tujuan organisasi hingga jalan yang ingin ditempuh untuk mencapai target tersebut.

Menyampaikan beberapa hal tadi terlihat sederhana. Tapi, sebenarnya itu adalah bagian yang sangat sulit dari menjadi seorang pemimpin. Karena, kata-kata memiliki kekuatan untuk memotivasi orang dan membuat mereka melakukan hal yang tidak terpikirkan.

Jika seorang pemimpin menggunakannya secara efektif, mudah bagi sebuah perusahaan/organisasi untuk mencapai hasil yang lebih baik.

6. Introspeksi Diri

Penilaian seorang pemimpin terhadap performa indikator kinerja karyawan merupakan bagian penting. Tapi, mampu menilai diri sendiri dan introspeksi juga tidak kalah pentingnya bagi para pemimpin.

Para pemimpin yang baik mengetahui saat mereka berada dalam konsentrasi penuh dan saat kelelahan, sehingga mereka mampu mencapai tujuan sesuai kemampuan dan potensi maksimalnya.

7. Menginspirasi

Mampu meyakinkan orang melalui daya tarik yang logis, emosional, atau kooperatif adalah ciri penting dari pemimpin yang menginspirasi dan efektif. Karena, pemimpin punya pengikut, dan membujuk orang lain untuk mengikuti merupakan bagian yang tidak mudah.

Presiden ke-6 Amerika Serikat, John Quincy Adams, pernah menyebutkan bahwa ketika ada banyak orang yang terinspirasi untuk melakukan tindakan positif lebih banyak, maka yang diikutinya itu punya karakteristik leadership yang ideal.

“Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih, Anda adalah seorang pemimpin,” kata John Quincy Adams.

8. Punya Empati

Sebagian besar pemimpin gagal karena lebih memilih gaya diktator dan mengabaikan empati, sehingga mereka gagal membuat hubungan yang lebih baik dengan para pengikutnya.

Empati berkorelasi dengan kinerja pekerjaan dan merupakan bagian penting dari kecerdasan emosional dan efektivitas kepemimpinan. Memahami masalah pengikut dan merasakan penderitaan mereka adalah langkah pertama untuk menjadi pemimpin yang efektif dan produktif.

9. Berani Mengambil Resiko

Karakter kepemimpinan yang terakhir adalah berani mengambil resiko. Karena, mengambil resiko akan mudah membuat para pemimpin mendapatkan pengalaman baru serta semakin termotivasi untuk menyelesaikannya. Tentu, harus diimbangi dengan perhitungan resiko yang tepat.

Alasan orang-orang yang tidak berani mengambil resiko bukan karena mereka takut. Tapi, karena mereka tidak ingin terlihat gagal, tidak tahu limit kemampuannya dan malas untuk berkembang.

###

Itulah semua daftar sifat dan karakter kepemimpinan ideal dan berkualitas yang bisa kita pelajari satu per satu mulai dari yang kita anggap paling mudah terlebih dahulu.

Orang dengan karakter kepemimpinan sukses di dunia, seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs dan Bill Gates mungkin tidak memiliki semua sifat di atas. Tapi, setidaknya sifat dan karakter mereka adalah 7 dari 9 daftar di atas.

Bagaimana dengan karakter kamu yang sekarang? Atau, bagaimana dengan karakter pemimpin di organisasi kamu sekarang ini? Apakah sudah punya salah satu dari 9 hal di atas? Yuk, diskusikan di kolom komentar.

KarirLeadershipProfesionalitas
Mercurius Julian Saputra