Share

Apa Perbedaan Prabayar dan Pascabayar? Ini Penjelasannya!

Ketahui penjelasan serta perbedaan prabayar dan pascabayar agar kamu bisa lebih tepat memilih salah satu dari 2 jenis layanan tersebut

Mercurius Julian Saputra
perbedaan prabayar dan pascabayar

Di masa seperti sekarang ini, memahami perbedaan prabayar dan pascabayar merupakan sesuatu hal yang lumrah dan harus dilakukan.

Pasalnya, pulsa & paket internet dan langganan platform lainnya sudah bisa dikatakan menjadi kebutuhan kita sehari-hari.

Dengan memahami kedua hal ini, kita akan lebih mudah memutuskan mana paket yang lebih cocok di kantong kita masing-masing.

Nah, pada pembahasan kali ini, kami sudah merangkum perbedaan prabayar dan pascabayar yang ada pada setiap paket langganan di dalam hidup. Mari kita mulai satu per satu dari pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Prabayar

Prabayar adalah layanan yang harus kita bayar terlebih dahulu sebelum bisa digunakan. Sehingga, setiap pengguna perlu membeli paket langganan layanan di muka.

Tidak ada tenggat waktu yang bisa dijadikan sebagai patokan kapan pengguna harus mengisi ulang langganan agar layanan tersebut dapat digunakan kembali.

Contoh prabayar sering kita temui pada kartu provider yang mana pengguna harus mengisi pulsa/kuota terlebih dahulu, token listrik, paket Netflix untuk menonton film, ataupun prabayar langganan berita premium.

Pengertian Pascabayar

Pascabayar adalah layanan yang dapat digunakan oleh pelanggan setelah mereka melakukan sejumlah pendaftaran sehingga layanan dapat digunakan dan ditagih/dibayarkan setelah jangka waktu tertentu.

Singkatnya, pascabayar merupakan jenis pembayaran layanan yang dibayar di akhir (setelah pemakaian berakhir).

Dengan menggunakan layanan pascabayar, pengguna tidak perlu khawatir kehabisan pulsa, kuota dan paket internet. Karena, pengguna sudah mendapatkan jatah-nya masing-masing dari dan hingga periode tertentu.

Contoh pascabayar sering kita temui pada kartu provider yang mana pengguna harus mendaftarkan kartu prabayarnya menjadi pascabayar sehingga bisa digunakan sebebas mungkin, listrik tanpa token, layanan air PDAM dan masing banyak lagi yang lainnya.

Kartu prabayar Indosat Ooredoo, misalnya, setiap pengguna diperbolehkan untuk mendaftarkan kartu tersebut menjadi pascabayar dengan mengunjungi gerai Indosat.

Pada saat pendaftaran, pengguna dapat menentukan batasan seberapa besar kuota yang akan digunakan dalam jangka waktu 1 bulan. Tagihan kuotanya, akan ditagih di akhir bulan (biasanya per tanggal 20).

Kesimpulan

Jadi, sudah jelas bahwa perbedaan prabayar dan pascabayar terletak pada kapan pengguna harus membayar layanannya. Untuk pengguna prabayar, layanan harus dibayar di muka. Sedangkan pascabayar, layanan dibayar setelah layanan itu selesai digunakan.

Tidak perlu panjang lebar lagi, untuk kamu yang masih ragu untuk memililh jenis layanan mana yang paling tepat untuk uang yang saat ini kamu miliki, lihatlah daftar kelebihan serta kekurangan dari prabayar dan pascabayar di bawah ini.

Tabel Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

PrabayarPascabayar
Pengguna bisa membeli besaran kuota dan pulsa sesuai dengan uang yang dimilikinya.Pengguna menentukan besaran kuota dan pulsa yang dapat digunakan ketika kartu tersebut didaftarkan untuk pertama kalinya. Namun, bisa diubah suatu waktu (jika diperlukan).
Hanya perlu aktivasi kartu dengan menggunakan NIK dan KTP.Aktivasi harus mengunjungi gerai provider.
Pulsa, kuota dan paket internet bisa habis kapanpun dan dimanapun. Hal ini sering membuat pengguna khawatir ketika sedang perjalanan jauh.Pulsa, kuota dan paket internet tidak akan habis.
Tidak akan ada tagihan menumpuk karena lupa atau tidak punya uang. Karena, ketika tidak punya uang, pengguna cenderung memilih untuk tidak mengisi pulsa.Jika lupa atau tidak punya uang, pengguna akan memiliki tagihan yang menumpuk dan diakumulasikan setiap bulan. Namun, tidak ada bunga dari masing-masing keterlambatan tersebut.
Ketika diakumulasikan, harga paket internet prabayar cenderung lebih mahal.Ketika diakumulaikan, harga pekt internet pascabayar cenderung lebih murah.

Jadi, bagaimana menurut kamu? Lebih enak pakai prabayar atau pascabayar setelah melihat-lihat tabel perbandingan di atas?

Buat kamu yang suka manajemen uang di awal dan tidak ingin ada biaya bengkak ketika perjalanan, pascabayar cocok dipilih. Tapi, kalau kamu lebih memilih untuk membeli pulsa, paket internet dan kuota menyesuaikan dengan uang yang kamu miliki, prabayar-lah yang lebih cocok.

PascabayarPrabayar
Mercurius Julian Saputra

Konten Terkait

Konten terkait belum ada