Huawei Technologies Co. telah Tencent Holding Ltd. kembali ke dalam daftar pengembang games yang tersedia di dalam Huawei App Store setelah kedua perusahaan ini menemukan kesepakatan menyusul sengketa pembagian pendapatan.

Sebelumnya, Tencent melakukan perubahan besar pada tanggal 31 Desember 2020 mengenai cara kerja masing-masing perusahaan untuk masa depan. Saat itu jugalah, Tencent hilang dari Huawei App Store.

Menurut sumber Financial Post, perselisihan itu mengenai bagi hasil antara kedua perusahaan. Diklaim bahwa Huawei bersikeras menerima 50% dari total pendapatan yang dihasilkan.

Seperti yang pernah dilakukan oleh Huawei oleh pengembang game asal China, Mihoyo —pengembang Genshin Impact— tahun lalu

Namun, kedua perusahaan kemudian mencapai kesepakatan atas sengketa tersebut. Seorang juru bicara resmi Tencent, berbicara kepada Bloomberg News, mengatakan:

“We will continue to work together to bring better experience and service to Tencent game community,”

Jumat, 1 Januari 2021

Sampai Kapan Tencent Ada di Huawei App Store?

Kabar dihapusnya Tencent dari Huawei App Store sempat menjadi perbincangan hangat di China. Pasalnya, Huawei adalah pembuat smartphone terbesar di negara itu selama kuartal September dengan 43% pengiriman dari total pembelian smartphone di China, menurut Counterpoint Research.

Sedangkan, semua perangkat Huawei sendiri tidak bisa mengakses Google Play Store sama sekali.

Ditambah lagi kabar yang datang dari Daniel Ahmad, seorang analis senior di Niko Partners bahwa Tencent Holding Ltd. sempat menggunakan pengaruhnya sebagai “perusahaan pengembang games terbesar di China” sehingga mereka sebenarnya tidak menginginkan adanya pembagian pendapatan yang terlalu besar kepada penyedia App Store.

Dengan pergantian peristiwa ini, akan menarik untuk melihat bagaimana hal-hal antara kedua perusahaan terungkap di tahun-tahun mendatang.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment