Twitch diketahui telah menghapus emoji yang populer di platformnya, “PogChamp”, beberapa hari yang lalu setelah diketahui bahwa Ryan “Gootecks” Gutierrez, sosok yang menjadi alasan kenapa ada emoji PogChamp ini mengunggah sebuah twit di akun Twitter pribadinya yang berisi dukungan dan provokasi kerusuhan yang terjadi di Gedung Capitol, AS.

Ternyata tindakan Twitch nggak cukup sampai dengan menghapus emoji tersebut. Ada kejutan yang dilakukan mereka melalui pengumuman yang diunggah ke akun Twitter resminya bahwa mereka akan menggilir beberapa versi emoji PogChamp setiap 24 jam sekali terhitung dari hari ini.

“PogChamp” atau yang dikenal juga dengan “Pog Champion” atau “Play of Game Champ”. Adalah salah satu dari emotikon ikonik tertua yang ada di situs Twitch. Emotikon tersebut umumnya digunakan untuk mengekspresikan rasa bahagia atau terkejut baik secara harfiah ataupun sarkas. Umumnya emotikon tersebut digunakan secara terus-menerus (spam) di suatu livestreaming ketika sesuatu yang menyenangkan terjadi.

Popularitasnya tersebutlah yang menjadi alasan kenapa banyak pengguna mengeluhkan tentang emoji apa yang sekarang bisa menggantikan posisi dari emoji PogChamp dari Gootecks. Tentu tetap ada pro dan kontra. Tapi, kembali lagi bahwa ini adalah kebijakan yang sudah dilakukan oleh Twitch untuk menunjukkan bahwa mereka sudah bukan perusahaan yang selaras dengan pemikiran Gootecks.

Apakah kamu salah satu orang yang juga suka menggunakan emoji PogChamp di Twitch ketika kejadian yang menyenangkan terjadi di dalam streaming yang sedang ditonton? Bagaimana pendapatmu tentang fenomena ini? Tunjukan pendapatmu di dalam kolom komentar di bawah artikel ini, ya.

Juru bicara Twitch belum mengkonfirmasi lebih lanjut sampai kapan perubahan emoji PogChamp setiap 24 jam sekali ini akan berjalan. Namun, spekulasi yang paling mendekati adalah emoji ini akan selalu berganti sampai Twitch menemukan emoji pengganti yang paling cocok dan nggak kalah menghiburnya dengan tampilan emoji sebelumnya.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment