Ternyata, pada Kamis sore, 7 Januari 2021, halaman situs web Twitch sempat mengalami pemadaman (down) beberapa saat sehingga menyebabkan beberapa fitur dan halaman Twitch nggak bisa diakses dengan mudah.

Pada saat kejadian itu berlangsung, halaman depan dari web Twitch pun tampak terganggu dengan adanya pemadaman tersebut, seperti rusaknya carousel streaming unggulan, serta banyaknya pesan kesalahan yang ditampilkan ketika mengunjungi halaman yang lainnya.

Kejadian ini tentu membuat banyak penggunanya mengeluh di kolom status Twitter. Bahkan, beberapa diantaranya ada yang menghubung-hubungkan kejadian pemadaman situs web Twitch terjadi karena adanya kesalahan setelah Twitch melakukan penghapus emotikon ‘PogChamp’ karena kerusuhan di US Capitol.

Saat pemadaman berlangsung, halaman status Twitch mengatakan bahwa perusahaan telah “mengidentifikasi masalah yang menyebabkan Twitch gagal dimuat dalam beberapa kasus”. Meskipun laman status hanya mencatat “kinerja yang menurun” untuk web, ternyata aplikasi iOS nya pun terlihat ada beberapa kesalahan yang terjadi.

Ternyata Masalah Server di AWS

Setelah dikonfirmasi oleh tim The Verge, juru bicara Twitch mengkonfirmasi bahwa ada gangguan pada AWS sebelumnya sehingga menyebabkan pemadaman yang sebenarnya mereka juga nggak pernah memperkirakannya.

Namun, Twitch adalah Twitch. Mereka adalah perusahaan aplikasi streaming dan hiburan yang sudah besar dan berdiri sejak lama. Tentu, permasalahan seperti ini pasti akan ditangani dengan sangat cepat.

Tercatat, hanya sekitar 1 jam setelah mereka membuat status di Twitter mengenai adanya gangguan, mereka langsung mengkonfirmasi bahwa gangguan tersebut sudah ditangani sekaligus mengucapkan terima kasih kepada penggunanya karena telah bersedia bersabar menunggu tim IT Twitch berhasil menanganinya.

###

Twitch.tv adalah situs layanan video yang memungkinkan pengguna mengunggah, melakukan streaming langsung, dan gameplay dari suatu permainan video dari berbagai platform ke ribuan pemirsa secara waktu nyata.

Sudah ada banyak streamer yang menggunakan Twitch sebagai media untuk mempromosikan konten streaming mereka, baik dari kategori game, lifestyle, hingga musik. Salah satu channel yang paling populer di Twitch.tv adalah Shroud, seorang streamer kategori PC Game.

Author

An Network Cellular Engineer who really passionate about Telco Tech

Write A Comment