Bahasa Inggris itu penting, sering dipakai, dan mampu membuat kita terkoneksi dengan dunia lebih luas. Tapi, tidak semua orang bisa memiliki akses belajar bahasa Inggris dengan mudah. Faktor lingkungan, keluarga, sosial, sekolah, hingga faktor ekonomi adalah beberapa alasan kenapa sebagian orang sulit untuk belajar bahasa Inggris.

Namun, dengan adanya teknologi yang sudah lebih maju. Kita sekarang mengenal apa yang dinamakan dengan aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis smartphone. Semuanya tersedia disana, serta bisa dipelajari kapanpun. Pertanyaannya, dari sekian banyak aplikasi yang ada di playstore, manakah aplikasi bahasa Inggris yang terbaik? Berikut ini jawabannya.

9 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik dengan Review Bagus dan Tinggi

Jika kamu mencari secara manual daftar ini di playstore, kamu akan menemukan puluhan hingga ratusan aplikasi. Agar mempercepat, lihat daftar aplikasi belajar bahasa Inggris berikut ini:

1. Duolingo: Belajar Inggris Gratis

aplikasi belajar bahasa inggris android - duolingo

Duolingo menjadi daftar pertama aplikasi pembelajaran bahasa Inggris di Android dan iOS yang sangat direkomendasikan. Pengalaman mereka selama bertahun-tahun mengembangkan sebuah aplikasi bermanfaat membuat Duolingo bisa mencapai ke titik sekarang. Titik dimana setiap user yang memasangnya di smartphone akan berkata, “aplikasi ini sungguh membantu saya dalam belajar bahasa Inggris”.

Duolingo bisa kamu temukan di berbagai macam toko aplikasi smartphone, baik itu Google Play Store, App Store, Huawei App Store, ataupun yang lainnya. Setelah memasangnya, kamu diberi opsi untuk memilih mana level yang ingin kamu capai terlebih dahulu dalam belajar bahasa Inggris melalui aplikasi, apakah itu beginner, intermediate, atau advance.

Agar lebih menyenangkan, user diberikan opsi untuk upgrade akunnya ke dalam versi premium dengan kelebihan tidak ada iklan sama sekali di dalamnya. Tapi, kalau kamu merasa iklan yang muncul di tengah-tengah kamu belajar tidak terlalu mengganggu, kamu cukup menggunakan versi gratisnya saja.

Klik untuk lihat Duolingo di Google Play Store >

2. Busuu: Learn Languages

aplikasi belajar bahasa inggris android - busuu

Daftar kedua aplikasi belajar bahasa yang sangat direkomendasikan adalah Busuu, sebuah aplikasi berbasis smartphone yang sudah didownload oleh lebih dari 10 Juta pengguna –menurut Google Play Store– di seluruh dunia. Manfaat dari fiturnya Busuu sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi, yang paling menyenangkan adalah kamu bisa berbicara secara langsung dengan puluhan orang yang memang bahasa Inggris adalah bahasa ibu mereka.

Level yang ditawarkan oleh Busuu bukan lagi mengenai seberapa sulitnya tingkat pembelajaran bahasa Inggris kamu di dalam aplikasi nanti. Tapi, level yang mereka tawarkan adalah apa tujuan kamu ingin belajar bahasa lain, apakah itu untuk berorganisasi, pendidikan, atau untuk berbisnis.

Bagi yang ingin setiap harinya mendapatkan konten pembelajaran yang lebih menarik dari Busuu, Busuu menawarkan paket langganan yang bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp983.000,-.

Klik untuk lihat Busuu di Google Play Store >

3. Belajar berbicara bahasa Inggris dengan Memrise

aplikasi belajar bahasa inggris android - memrise

Pada daftar selanjutnya ada aplikasi bernama Memrise. Memrise mengklaim bahwa aplikasi mereka sudah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna di dunia. Disini kamu bisa menemukan kemudahan konten pembelajaran bahasa Inggris melalui tontonan video dari penutur asli, menjawab percakapan sehari-hari, mengasah pendengaran, berbicara, dan mengingat.

Saat kamu memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan di dalam aplikasi, kamu hanya akan menemukan pembelajaran bahasa Inggris saja. Tapi, kalau kamu pakai bahasa Inggris sebagai bahasa aplikasi, kamu bisa belajar berbagai bahasa yang lainnya, seperti Korea, Mandarin, Jepang, Belanda, Prancis, Spanyol, Italia, Jerman, Arab, Portugis, Rusia, Swensk (Swedia), Norsk (Norwegia), Polski (Polandia), Turki, Dansk (Denmark), Islandia, Mongolia, atau Slovenska (Slovenia).

Bagaimana pendapatmu tentang Memrise? Daripada penasaran, cobain aja langsung aplikasinya, gratis kok.

Klik untuk lihat Memrise di Google Play Store >

4. Hello English: Learn English

aplikasi belajar bahasa inggris android - hello english

Hello English adalah aplikasi yang dibuat oleh Culture Alley yang juga sudah dipakai oleh lebih dari 10 Juta pengguna. Hello English berfokus pada pembelajaran Inggris saja. Tapi, bisa dipakai dari berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Setiap hari Hello English akan mengeluarkan kosa kata baru untuk menambah wawasan pengguna di dalamnya. Ditambah lagi dengan kemampuan chat bots yang mereka siapkan, membuat user bisa mengimplementasikan kemampuan berbahasa Inggrisnya melalui chatting bersama bot

Fakta uniknya, Hello English ternyata sudah pernah masuk ke dalam daftar “Google 2018 Editors’ Choice”, loh. Sudah pasti aplikasinya bagus dan bermanfaat, dong.

Klik untuk lihat Hello English di Google Play Store >

5. Tandem Language Exchange: Speak & learn languages

aplikasi belajar bahasa inggris android - tandem

Bosan dengan aplikasi belajar bahasa Inggris Android yang proses pembelajarannya seperti menghafal, menjawab, dan mendengarkan saja? Tenang, ada alternatif lain untuk kamu yang belajarnya ingin langsung mempraktikannya.

Tripod Technology GmbH memperkenalkan aplikasi Tandem Language Exchange, aplikasi komunitas global yang berfungsi untuk sama-sama belajar bahasa Inggris bersama dengan orang nyata. Jadi, kamu bisa melakukan obrolan chatting dan voice call secara langsung untuk belajar.

Pada tahun 2017, Tandem sempat masuk ke dalam daftar “Best Apps of 2017” di Google Play Store. Hal inilah yang membuat Tandem memiliki komunitas yang sangat besar sampai sekarang ini. Tertarik? Yuk, cobain langsung.

Klik untuk lihat Tandem Language Exchange di Google Play Store >

6. BBC Learning English

aplikasi belajar bahasa inggris android - bbc learning english

BBC ternyata bukan hanya sekedar perusahaan media yang menyajikan berita cepat dan akurat. Mereka juga membuat sejumlah aplikasi yang membantu masyarakat dengan baik, salah satunya adalah BBC Learning English, sebuah aplikasi belajar bahasa yang tersedia di Google Play Store dengan jumlah download sudah lebih dari 5 Juta pengguna.

Beberapa program pembelajaran yang cukup populer di dalam aplikasi BBC Learning English adalah 6 Minute English, News Review, dan English at Work serta yang lainnya. Ohiya, kalau kamu instal aplikasi ini, setiap hari BBC Learning English juga akan mengirimkan pemberitahuan untuk mengingatkan kamu selalu belajar, loh.

Klik untuk lihat BBC Learning English di Google Play Store >

7. Drops: Language learning – learn English and more

aplikasi belajar bahasa inggris android - drops

Pada daftar ke-7, kita bertemu dengan Drops: Language Learning. Drops ini bisa dibilang unik daripada lainnya. Karena, Drops benar-benar mengandalkan visual dan gambar yang menarik untuk disajikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Inggris, membuat kita menjadi tidak mudah bosan berlama-lama di dalam aplikasinya.

Seperti yang kita ketahui sendiri, metode pembelajaran apapun jika di dalamnya terlalu banyak teks, kosong, dan tidak ada sedikitpun sesuatu yang membuat kita tertarik, ilmupun akan menjadi lebih sulit untuk masuk ke dalam otak.

Klik untuk lihat Drops di Google Play Store >

8. HelloTalk – Chat, Speak & Learn Languages for Free

aplikasi belajar bahasa inggris android - hello talk

HelloTalk sedikit berbeda dengan aplikasi belajara bahasa Inggrid di Android yang lainnya. Karena, HelloTalk bukan hanya sekedar aplikasi belajar, melainkan aplikasi sosial media yang terhubung secara global, dimana semua user yang terdaftar memiliki tujuan yang sama, yaitu belajar bahasa.

Jadi, di dalam HelloTalk kamu akan menemukan banyak sekali profile orang dari berbagai belahan dunia. Disini, kamu bisa memutuskan ingin berteman dengan siapa saja, termasuk dengan orang yang paham dengan bahasa yang ingin kamu pelajari. Berikutnya, kamu pun bisa mengajarkan tentang bagaimana berbicara, dan chatting dalam bahasa Indonesia.

Klik untuk lihat HelloTalk di Google Play Store >

9. Google Translate

aplikasi belajar bahasa inggris android - google translate

Last but not least, Google Translate adalah aplikasi yang tidak kalah direkomendasikan untuk belajar berbagai bahasa, termasuk Inggris. Siapa sih yang tidak tahu lagi tentang aplikasi yang satu ini? Aplikasi yang dibuat oleh raksasa search engine.

Meskipun tidak ada metode pelajaran, tidak ada teman yang bisa diajak belajar di dalamnya. Tapi, Google Translate terbukti ampuh untuk mencari setiap kosa kata yang belum kita pahami selama ini, entah itu dalam bentuk kata/kalimat yang formal maupun casual.

Klik untuk lihat Google Translate di Google Play Store >

###

Itu dia 9 aplikasi belajar bahasa Inggris yang terbaik dari puluhan aplikasi yang tersedia di internet. Setelah membaca artikel ini, kami harap kamu tidak bingung lagi memilih mana yang ingin kamu gunakan. Tapi, jangan lupa berbagai macam tips belajar bahasa Inggris yang efektif, ya. Karena, apapun aplikasinya, cara kamu belajar jauh lebih penting.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment