Aplikasi ekstrak file merupakan aplikasi yang saat ini mulai sangat dibutuhkan oleh siapapun. Pasalnya, kita semua kini bisa bekerja secara remote.

Tuntutan pekerjaan yang bisa remote ini menjadikan HP Android harus punya kemampuan yang kurang lebih sama dengan sebuah PC ataupun laptop.

Salah satunya adalah kemampuan membuka file yang telah diarsipkan oleh teman kerja atau file yang kita download melalui internet.

Arsipan tersebut biasanya berupa file dengan ekstensi .RAR atau .ZIP. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan melihat sejumlah aplikasi ekstrak file terbaik di internet, baik dari segi fitur, jumlah download, review ataupun kemudahan penggunaannya.

5 Aplikasi Ekstrak File di HP Android

Sebagai salah satu aplikasi produktivitas yang sangat membantu kebutuhan sehari-hari, berikut kami sajikan daftar aplikasi Android untuk ekstrak file .RAR dan .ZIP.

1. WinZip

aplikasi ekstrak file di android - winzip

Winzip merupakan aplikasi untuk ekstrak file .ZIP terbaik nomor 1 di dunia dengan jumlah download sudah melebihi 10 juta pengguna.

Kalau sudah terbiasa dengan file .ZIP di PC, mungkin familiar dengan WinZip ini. Karena, pada dasarnya mereka juga aplikasi yang harus ada di laptop siapapun.

Yang membuat unik dari WinZip ini adalah kemampuannya yang sudah bisa terkoneksi secara langsung ke Dropbox dan Google Drive –aplikasi penyimpanan data terpopuler.

Di dalam aplikasi ini mungkin akan ditemukan adanya iklan di beberapa bagian, tapi dari sinilah alasan kenapa WinZip bisa digunakan secara gratis. Jika ingin iklan itu hilang, cukup bayar biaya langganan Rp139.000 per tahun.

Ketika sudah berbayar, WinZip akan memberikan fitur lebih banyak, diantaranya integrasi Dropbox dan Drive, ekstrak semua jenis ekstensi dan fitur ekstrak yang tidak akan mengurangi kualitas gambar, video ataupun suara.

Download WinZip disini.

2. RAR

tools untuk ekstrak file - RAR

RAR adalah aplikasi dari sang legenda WinRAR, dia hadir sebagai alat bantu ekstrak file yang sangat bermanfaat.

Simpel, mudah digunakan, bisa ekstrak semua jenis file, ada alat untuk backup dan tentunya gratis. Benar-benar, RAR penyelamat umat manusia.

Saat ini, RAR telah digunakan sebanyak 100 juta lebih pengguna di seluruh dunia. Tapi, kenapa tidak semua orang pakai RAR saja yang sudah jelas-jelas gratis, ya?

Karena, WinRAR seperti itu-itu saja. Tidak ada fitur lain yang bisa membuatnya lebih menarik dari sekedar menjadi aplikasi ekstrak file.

Tidak ada integrasi aplikasi cloud dan tidak ada fitur yang bisa digunakan untuk membuat notes seperti yang ada di WinZip.

Well, itulah yang membuat RAR menjadi lebih simpel, fokus dan tidak butuh memori besar untuk didownload karena ukurannya yang hanya 3,2MB.

Download RAR disini.

3. B1 Archiver

aplikasi ekstrak file - b1 archiver

Aplikasi selanjutnya bernama B1 Archiver, dibuat dan dikelola oleh B1 Group Software sebagai aplikasi yang berfungsi untuk membuat file arsip dan melakukan ekstrak file berekstensi ZIP, RAR, B1 dan 34 format lainnya.

B1 Archiver sangat cocok untuk kamu pengguna Android yang ingin selalu menggunakan berbagai aplikasi simpel dan cepat. Proses pembuatan dan pengekstraksan hanya perlu melalui beberapa ketukan HP.

Tidak heran jika popularitas B1 Archiver selalu naik sejak pertama kali rilis pada tahun 2011. Hingga saat konten artikel ini dibuat, B1 Archiver sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dengan review 4,5 bintang di Google Play.

Bahkan, semua fungsi yang tersedia di B1 Archiver bisa digunakan secara gratis meski pengguna harus bersedia menerima iklan saat membuka B1 Archiver.

Namun, agar iklan tersebut hilang, pengguna hanya perlu membeli B1 Archiver dengan harga yang sangat murah, sekitar Rp27.000 untuk seumur hidup.

Download B1 Archiver disini.

4. MiXplorer Silver

aplikasi ekstrak file - mixplorer silver

MiXplorer Silver bukan hanya sekedar aplikasi ekstrak file. MiXplorer adalah aplikasi pengelola file yang punya kemampuan untuk melihat seluruh isi data yang ada di dalam HP.

Kemampuan MiXplorer Silver sangat mumpuni, hampir semua fitur yang ada di file explorer sebuah PC disediakan olehnya, mulai dari fitur copy-paste, font & html viewer, memodifikasi file ZIP, mengakses FTP, pemutar video, code editor bahasa pemrograman dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi yang sedang belajar membuat website dengan HTML, membuat aplikasi Android ataupun punya kesibukan sehari-hari untuk mengakses server website melalui FTP, MiXplorer Silver sangat cocok.

Download MiXplorer Silver disini.

5. ZArchiver

aplikasi ekstrak file - zarchiver

ZArchiver adalah aplikasi pengelola file yang sudah ada sejak lama layaknya RAR dan WinZip. Saat ini, jumlah unduhannya sudah lebih dari 100 juta pengguna.

Kemudahan antarmuka dan fiturnya kurang lebih sama dengan RAR, bisa dikatakan sebagai pesaing terbesarnya RAR.

ZArchiver memberikan pengalaman pengguna yang layak dengan kontrol yang umumnya mudah dan dilengkapi dengan dukungan untuk banyak jenis file arsip.

Jika dibutuhkan, di ZArchiver juga tersedia opsi biasa untuk enkripsi, perlindungan kata sant dan arsip terpisah. Fitur yang sangat simpel, tapi bagus untuk mereka yang hanya ingin masuk, ekstrak file lalu keluar.

Download ZArchiver disini.

###

Itu dia 5 rekomendasi aplikasi untuk ekstrak file yang bisa digunakan di berbagai jenis sistem operasi Android. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Ada aplikasi ekstrak file di Android lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment