Saat menjalankan berbagai bisnis, baik menjual produk ataupun jasa, penting bagi kita untuk mendokumentasikan semua transaksi yang terjadi ke dalam satu folder yang rapi.

Salah satunya tentang proses membuat, mengirim dan menyimpan invoice terkait dengan produk atau jasa yang telah terjual.

Untungnya, proses tersebut sudah tidak sesulit zaman dulu, dimana invoice harus kita buat, kirim dan simpan secara manual. Sudah ada banyak aplikasi invoice yang bisa membantu kita lebih rapi dan efisien.

Berikut beberapa aplikasi invoice yang tersedia di internet, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

1. Bookipi

bookipi

Aplikasi invoice yang pertama adalah Bookipi, dibuat di Australia, dan tersedia dalam bentuk aplikasi Android, iOS maupun browser.

Bookipi bisa membantu kita mengelola ratusan invoice dalam satu tempat dengan sistem yang terintegrasi dengan metode pembayaran online, reminder, tanda tangan dan template yang profesional.

Disini pula, kita bisa mengirimkan email kepada klien tanpa harus berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Mempercepat proses dan membuat kita bisa melihat mana saja invoice yang sudah terbayar lunas ataupun belum.

Menariknya, aplikasi ini bisa kita akses full gratis jika hanya digunakan untuk membuat invoice dan quotation.

Akses aplikasinya disini.

2. Zoho Accounting

zoho accounting

Di urutan kedua ada aplikasi bernama Zoho Accounting, di Play Store, aplikasi ini berjudul Free Invoice Generator.

Dengan basis dasar aplikasi accounting, Zoho memiliki fitur yang tidak kalah menarik dengan pesaingnya, mulai dari fitur reminder, kirim email, tanda tangan dan template yang profesional.

Keuntungan terbesar saat menggunakan aplikasi ini adalah saat bisnis kamu sudah mulai berkembang, dimana data tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi dari Zoho yang lain, seperti sales order, pembukuan usaha & bisnis, bills, aplikasi stok barang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Membuat Zoho Accounting sebagai aplikasi invoice yang sangat cocok bagi UMKM yang rencana jangka panjang pada rencana bisnisnya.

Akses aplikasinya disini.

3. Vyapar

vyapar

Bisnis kamu berjalan secara offline dan ingin menggunakan sistem invoice yang juga terintegrasi dengan sistem pengkasiran? Vyapar sangat cocok untuk kategori ini.

Karena, Vyapar sangat kompatibel dengan berbagai device yang digunakan kebanyakan toko offline, mulai dari Android, iOS, tablet, laptop hingga komputer.

Sistem mereka sendiri terbentuk sudah menjadi satu paket dengan software billing, inventory dan accounting yang tidak lepas jauh-jauh dari toko offline.

Akses aplikasinya disini.

4. FreshBooks

freshbooks

Nah, mulai masuk ke urutan ke-4, kita masuk ke dalam daftar urutan aplikasi invoice yang berbayar. Jadi, kalau kamu cari aplikasi invoice gratis, prioritaskan dari nomor 1 sampai 3.

Urutan ke-4 atau urutan berbayar yang pertama, kami menempatkan FreshBooks sebagai aplikasi yang terbaik.

Sistem yang mereka buat sangat kompatibel dengan berbagai jenis ide industri bisnis, baik perusahaan, startup maupun freelancer.

Akses aplikasinya disini.

5. Invoice Simple

invoice simple

Invoice Simple? Ya, betul. Nama aplikasi yang satu ini memang Invoice Simple.

Sesuai dengan namanya, penggunaannya pun sangat simpel, bisa dibilang satu kali klik invoice langsung jadi. Cocok untuk bisnis UMKM dan freelancer yang belum punya wawasan luas tentang finansial dan accounting.

Lagi-lagi, kalau kamu berencana bisnisnya akan berkembang lebih cepat, pikirkanlah untuk menggunakan Invoice Simple, karena fitur-fitur accounting lain tidak tersedia dengan cukup baik disini.

Akses aplikasinya disini.

6. Wave Invoicing

wave financial apps

Bagi yang sudah punya pengalaman di dunia startup digital, mayoritas pasti mengenal aplikasi pembuatan invoice penjualan yang satu ini.

Wave Invoicing adalah software pembukuan uang yang cukup lengkap bagi bisnis UMKM, terutama startup digital.

Banyak yang menggunakan Wave Invoicing Apps di HP ataupun PC karena sistem penggunaannya tidak terlalu rumit serta performanya yang stabil.

Akses aplikasinya disini.

7. Jurnal.id

aplikasi pembukuan toko - jurnal by mekari

Sering berkutat di dunia keuangan, akuntansi dan mencari berbagai informasinya di internet? Kamu pasti pernah sesekali masuk ke websitenya Jurnal.id.

Jurnal.id by Mekari merupakan software akuntansi yang punya banyak fitur bagi akuntan di Indonesia untuk mempermudah proses pembukuan dan laporan keuangan bisnis.

Salah satu fitur favorit bagi kami di Jurnal.id adalah tingkat profesionalnya dalam pembuatan invoice dan quotation.

Jangan khawatir bila masih belum paham dunia akunting kalau kamu menemukan Jurnal.id, karena tim sales mereka akan selalu siap memberikan kamu petunjuk cara penggunaan software-nya.

Akses aplikasinya disini.

8. Paper.id

paper

Di urutan ke-8, ada software akuntansi bernama Paper.id yang belakangan ini mencuri perhatian kami. Karena, software yang satu ini benar-benar bisa melakukan segala hal tentang akunting yang kita perlukan.

Dan karena Paper.id serta Jurnal.id dibuat oleh tim di Indonesia, kami merasa akan sangat fit dengan produk dan layanan yang kamu jalankan di Indonesia.

Akses aplikasinya disini.

9. Nesto Accounting

nesto

Last but not least, Nesto.id, software akuntansi yang rilis pada tahun 2020 ini ternyata juga punya segudang fitur yang tidak kalah dengan pesaingnya.

Namun, kami merasa bahwa Nesto.id masih kurang efektif bila digunakan oleh bisnis UMKM dan freelancer.

Terutama karena masih sulitnya cara penggunaan dan cara akses ke dalam dashboard yang disediakan oleh Nesto.id.

Akses aplikasinya disini.

###

Itu dia solusi buat kamu yang sedang mencari aplikasi invoice di HP Android, iOS, table ataupun PC untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang kamu jalankan. Gunakan salah satu aplikasi di atas sesuai keinginan kamu.

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang lainnya, ya.

Ada aplikasi invoice lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment