Video merupakan format konten yang sedang populer, seperti yang dikatakan oleh APJII bahwa 49% dari 190 juta jiwa di Indonesia menggunakan internet untuk menonton video online.

Akan tetapi, berbagi konten video tidaklah mudah untuk dilakukan. Keterbatasan platform, kuota dan sinyal membuat proses upload dan download video berukuran besar menjadi lambat.

Dibutuhkan aplikasi yang mampu mengkompres ukuran video menjadi lebih kecil tapi bisa menjaga kualitasnya tetap baik. Oleh sebab itulah, kami ingin memberikan rekomendasi aplikasi kompres video di Android dan iOS.

9 Rekomendasi Aplikasi Kompres Video untuk Android dan iOS

Berikut ini daftar 9 aplikasi kompres video yang fiturnya telah kami uji dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu.

1. Videos & Movies Compressor (Android)

Videos & Movies Compressor

Video & Movies Compressor adalah salah satu aplikasi kompres video buatan Sociosoftware yang paling populer di Android.

Kemampuannya dalam memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya bisa kamu buktikan sendiri.

Bahkan, Videos & Movies Compressor ini mendukung semua format video yang ada, seperti .MOV, .3GP, .MPG, .AVI, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tentu, ini sangat cocok buat kamu yang sangat suka berkirim pesan memalui WhatsApp, dan Telegram menggunakan video.

2. Video Transcoder (Android)

Video Transcoder

Video Transcoder membantu kamu memperkecil ukuran video, memotong video, dan mengubahnya ke dalam format yang lain layaknya sebuah aplikasi edit video Android.

Satu hal lain yang membuat Video Transcoder menjadi aplikasi yang menarik adalah tidak adanya iklan sama sekali ketika kamu menggunakannya.

Hal ini terjadi karena Video Transcoder merupakan aplikasi open source FFmpeg yang memang diperuntukan ke siapapun yang ingin membuat aplikasi seputar video di Android.

Beberapa format video yang didukung antara lain Avi, Flv, Gif, Matroska, Mp3, Mp4, Ogg, Opus, WebM dan H.264, MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, VP8, VP9, Xvid.

3. Panda Video (Android & iOS)

Panda Video

Kamu content creator yang punya banyak konten video untuk diposting di Youtube, TikTok atau sosial media lain tapi ruang memori di smartphone sudah penuh?

Jangan buru-buru hapus video dan aplikasi lainya terlebih dahulu. Ada Panda Video yang akan membantu kamu memperkecil ukuran video hampir tanpa mengurangi kualitas video awal.

Seperti yang bisa kamu lihat, aplikasi ini berlogo panda yang sedang meremas logo Youtube, mengilustrasikan kemampuannya untuk mengurangi ukuran video yang harus kamu upload dan mempercepat proses uploadnya itu sendiri.

Tercatat di Google Play Store sampai artikel ini terbit, Panda Video sudah memiliki lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia. Membuktikan kemampuannya dalam menjadi solusi bagi content creator Youtube dalam urusan ukuran video.

Bahkan, tidak hanya di Android, Panda Video juga merupakan aplikasi kompres video yang tersedia untuk iPhone (iOS).

4. Video Compress (Android)

Video Compress

Aplikasi Video Compress mempermudah kamu dalam mengirim video ke berbagai sosial media tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu.

Terlebih lagi, aplikasi ini memiliki konfigurasi yang memberikan kamu akses lebih leluasa dalam memilih hasil akhir kualitas videonya, mulai dari berkualitas rendah, sedang sampai tinggi -maksimal HD.

Bila diperlukan, kamu bisa menggunakannya juga untuk mengubah video milikmu menjadi konten format audio saja.

5. VidCompact (Android)

VidCompact

VidCompact adalah aplikasi gratis yang tidak membatasi waktu penggunaan atau durasi file yang didownload.

VidCompact tidak hanya dapat mengompresi klip kamu, tetapi juga mengonversinya ke format lain, memotong, atau melakukan pemrosesan dasar lainnya.

Aplikasi ini mudah digunakan dan memungkinkan kamu untuk mengatur sendiri durasi dan resolusi hasil akhir. Kamu dapat mengedit, mengompres, dan menyesuaikan video, semuanya secara intuitif dari antarmuka aplikasi yang mudah dipahami.

Fitur lain yang bisa kamu temukan antara lain pemangkasan video, editing video, menstabilkan video, rotasi video, dan pengubahan frekuensi audio.

6. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo (Android)

Video Compressor - Fast Compress Video & Photo

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk bekerja dengan kualitas video asli apa pun. Kamu juga bisa memilih sendiri kualitas hasilnya.

Tentu saja, tidak ada yang menjamin kamu kualitas yang lebih baik, tetapi jika kamu perlu menurunkan kualitas – aplikasi ini akan memberi kamu pilihan.

Pada saat proses kompresi akan berjalan, kamu akan diberi pilihan untuk menjalankannya di background aplikasi. Jadi, kamu tidak perlu tetap di dalam aplikasi hanya untuk menunggu proses kompresi selesai.

7. Video Shrinker (iOS)

Video Shrinker

Ingin mengurangi ukuran video lebih dari 80%? Cobain Video Shrinker, yuk. Tapi, device yang kamu gunakan harus iPhone, ya.

Dengan bantuan aplikasi ini kamu akan dapat mengosongkan banyak ruang memori –dan dalam teknologi Apple ini sangat penting, karena untuk perangkat ini tidak ada memori tambahan selain yang ada di dalamnya.

Kehebatan fitur dan kemudahan penggunaannya membuat Video Shrinker menjadi aplikasi kompres video tidak gratis (berbayar). Tapi, harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 50 Ribu.

8. Desqueeze – Batch Resizer (iOS)

Desqueeze – Batch Resizer

Ingin mengkompresi lebih banyak konten selain video?

Banyak pengembang tidak ingin membuat aplikasi yang hanya memiliki 1 fungsi. Itu sebabnya kamu sering melihat varian multifungsi, seperti Desqueeze, misalnya.

Selain video, aplikasi ini juga berfungsi dengan gambar. Bagaimanapun, semua file ini berada di galeri kamu dan memiliki jalur akses yang sama.

Desqueeze secara otomatis mendeteksi klip di memori iPhone kamu dan segera menampilkan dengan tepat apa yang dapat kamu kompres.

Jadi, jika kamu memilih untuk mengompres video, aplikasi ini tidak menampilkan foto atau animasi kepada kamu. Secara otomatis mendeteksi format seperti MOV, MP4, M4V.

9. Video Compress – Shrink Vids (iOS)

Video Compress – Shrink Vids

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa iPhone dan iPad memiliki kemampuan untuk merekam video berkualitas 4K, kualitas yang sangat tinggi untuk sebuah smartphone.

Sayangnya, iPhone dan iPad merupakan device yang tidak memiliki ruang besar untuk penyimpanan video seperti itu.

Shrink Vids hadir menjadi sebuah solusi bagi kamu yang punya masalah pada kapasitas memori iPhone karena ukuran videonya terlalu besar.

Anda bisa mengompres beberapa video atau bahkan seluruh folder sekaligus –tetapi bisa harus ingat bahwa proses ini akan berlangsung sedikit lebih lama dari biasanya.

Anda juga dapat mengatur penghapusan instan file sumber setelah dikompresi –namun, klip tersebut mungkin tetap berada di folder “Baru dihapus” untuk beberapa waktu.

###

Itu dia 9 rekomendasi aplikasi kompres video yang sudah lolos uji oleh kami berdasarkan fitur, kemampuan, dan kecepatan kompresnya.

Masing-masing aplikasi punya keunggulan dan kelemahan seperti yang sudah disebutkan di atas. Pilihan akhir ada di tangan kamu, mana aplikasi yang ingin kamu instal?

Ada aplikasi kompres video lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment