Semua negara memiliki bahasa masing-masing. Tidak semua orang bisa dengan mudah memahami bahasa milik negara lain. Dulu belajar bahasa asing biasa dilakukan dengan menggunakan kamus. Sekarang, kamus yang tebal sudah bisa digantikan oleh sebuah aplikasi penerjemah bahasa yang terpasang di Android dan mudah dibawa kemanapun.

Dari sekian banyak aplikasi yang tersebar di Google Play Store dan situs toko aplikasi lainnya. Redaksi dibalikmeja sudah merangkumnya menjadi 9 daftar teratas aplikasi translate yang paling akurat di Android. Apa saja aplikasi itu?

9 Aplikasi Penerjemah Bahasa di Android

Kemungkinan akan sangat sulit untuk selalu membuka sebuah kamus (yang biasanya) tebal ketika berhadapan dengan bacaan atau lawan bicara yang bukan dari bahasa yang kita tidak ketahui. Dibutuhkan sebuah aplikasi untuk membantu kita sehari-hari. Ini dia 9 aplikasi penerjemah bahasa tersebut.

1. Google Translate

(google translate) aplikasi penerjemah bahasa

Aplikasi yang pertama adalah Google Translate. Aplikasi yang tentu saja dikembangkan oleh Google. Saat ini, Google Translate masih menduduki posisi pertama sebagai penerjemah bahasa yang paling akurat, cepat dan mudah digunakan.

Jumlah penggunanya di Android secara global sudah lebih dari 500 Juta pengguna. Angka ini sudah menjadi bukti bahwa Google Translate duduk di posisi pertama pada hati penggunanya.

Kenapa Google Translate menjadi tepat dan paling bagus? Semuanya bisa terjadi karena Google sangat cepat dalam melakukan pembaharuan aplikasi dan konten-konten yang ada di dalamnya. Setiap kosa kata yang belum masuk di dalamnya, akan diusahakan untuk masuk di jam berikutnya.

Bahkan, Google Translate juga mempersilahkan penggunanya untuk ikut berkontribusi juga dalam hal pembaharuan kosa kata melalui kolom feedback yang sudah tersedia di dalam aplikasi. Di satu sisi, aplikasi ini juga sangat berguna untuk kamu yang ingi memiliki aplikasi belajar bahasa Inggris.

Kemampuannya sudah tidak mungkin diragukan lagi, kan? Klik disini untuk lihat Google Translate di Google Play Store >

2. Microsoft Translator

(microsoft translator) aplikasi penerjemah bahasa asing

Di tempat kedua ada aplikasi bernama Microsoft Translator. Aplikasi yang dibuat oleh pesaing Google, Microsoft Corporation. Berbagai kemampuannya bisa dibilang mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Google.

Mulai dari fitur penerjemahan bahasa oleh lebih dari 70 bahasa di seluruh dunia, penerjemahan melalui suara, foto, hingga screenshot. Semua proses terjemahan yang akan dilakukan bisa diselesaikan dengan sangat cepat dan akurat.

Tidak salah kalau Microsoft Translator menempati posisi kedua dari 9 aplikasi penerjemah bahasa yang Redaksi dibalikmeja buat.

Klik disini untuk lihat Microsoft Translator di Google Play Store >

3. U-Dictionary: Oxford Dictionary Free Now Translate

(u-dictionary) aplikasi penerjemah bahasa lengkap

Beralih ke daftar ketiga ada aplikasi bernama U-Dictionary. Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 100 Juta pengguna di 150 lebih negara. Bahkan, U-Dictionary sempat mendapatkan gelar masuk ke jajaran tertinggi “Google Play as Best App & Best Self-Improvement App”.

Ada satu fitur unik yang ditawarkan oleh U-Dictionary. Mereka menawarkan fitur kepada pengguna berupa “World Lock Screen”, yang artinya pengguna dapat menggunakan U-Dictionary sebagai screen saver Android untuk menampilkan berjuta-juta kosa kata bahasa lengkap dengan artinya. Tentunya, kosa kata yang muncul sesuai dengan pengaturan bahasa yang dipilih.

Rendy Andriyanto sempat menulis di salah satu pengalamannya dalam belajar bahasa Inggris, salah satu tips terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan selalu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk semua gadget yang dipakai. U-Dictionary tentu sangat cocok untuk direkomendasikan.

Klik disini untuk lihat U-Dictionary di Google Play Store >

(naver papago) aplikasi penerjemah bahasa keren

Untuk seorang traveler dan pebisnis yang butuh mobilitas tinggi dalam setiap menerjemahkan bahasa apapun di dalam Android, Naver Papago sangat direkomendasikan. Karena, Papago bukan hanya sekedar aplikasi penerjemah bahasa biasa.

Papago mampu menerjemahkan setiap kalimat yang ada di halaman atau aplikasi lainnya tanpa harus dicopy-paste terlebih dahulu ke dalam aplikasi Papago. Terbukti efektif mengurangi waktu yang diperlukan dalam mengcopy teks, buka aplikasi Papago, kemudian memasukan teksnya.

Menurut kamu fitur ini gimana? Klik disini untuk lihat Naver Papago di Google Play Store >

5. All Languages Translator – Free Voice Translation

(all language translator) aplikasi penerjemah bahasa lengkap

Sesuai dengan namanya, All Language Translator mengedepankan ketersediaan bahasa dari semua negara. Disini, fitur-fitur yang tersedia kurang lebih sama layaknya aplikasi translate biasa, entah itu text translation, voice translation, maupun photo translation. Terakhir kali, All Language Translator sudah digunakan oleh lebih dari 10 Juta pengguna.

Ohiya, ternyata ada fitur lain yang bukan tentang bahasa, loh. All Languages Translator menyediakan fitur currency converter yang mampu mengubah mata uang dari berbagai ke negara ke beberapa negara terpilih.

Klik disini untuk lihat All Languages Translator di Google Play Store >

6. Translate voice – Translator

(translate voice) aplikasi penerjemah bahasa dengan suara

Pada daftar ke-6, kita akan mengenal aplikasi Translate Voice, aplikasi yang dibuat oleh pengembang aplikasi Talkao. Fitur utamanya adalah menerjemahkan berbagai bahasa ke bahasa lain melalui file input berupa audio.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga untuk saling terhubung antar sesama pengguna layaknya sebuah aplikasi perpesanan WhatsApp, Telegram, dan Line. Jadi, selain untuk menerjemahkan, kamu bisa chatting disitu. Menarik, kan?

Klik disini untuk lihat Translate Voice di Google Play Store >

7. SayHi Translate

(sayhi) aplikasi penerjemah bahasa dengan percakapan

Sering berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara? SayHi cocok banget buat kamu, loh. Karena, cara menggunakan SayHi sangat memudahkan pengguna yang sedang butuh aplikasi penerjemah yang responnya cepat.

Hanya dengan satu klik, lalu ucapkan, maka secara otomatis SayHi akan mendeteksi bahasa apa yang sedang diobrolkan, kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan pengguna.

Penerapan SayHi saat melakukan meeting online juga terbukti efektif, loh. Pakai SayHi pokoknya jadi tidak perlu takut lagi bingung dengan bahasa dari negara lain, deh.

Klik disini untuk lihat SayHi di Google Play Store >

8. BK Translate

(speak and translate) aplikasi penerjemah bahasa asing

Butuh aplikasi translate yang grammar dan sentence-nya sangat diperhatikan? Tenang saja, ada aplikasi BK Translate, kok. Aplikasi ini cocok banget untuk para pelajar yang membutuhkan translator untuk mengerjakan tugas.

Pasalnya, banyak review yang mengatakan bahwa BK Translate bisa digunakan untuk membantu mengerjakan tugas Inggris. Tidak percaya? Cobain saja langsung, yuk!

Klik disini untuk lihat BK Translate di Google Play Store >

9. Dictionary Language Translator: Live Translate App

(dictionary languages translation) aplikasi penerjemah bahasa simpel

Terakhir yang nomor 9 adalah aplikasi Dictionary Language Translator dari Map Zone Studio. Secara tampilan, sebenarnya cukup menarik, clean, dan simple. Tapi, rasanya cukup untuk dijadikan pilihan terakhir, deh. Soalnya pengguna dari Dictionary Language Translator masih kalah banyak dari aplikasi lainnya.

Redaksi sendiri tidak tahu alasannya kenapa orang-orang belum tertarik untuk menggunakan Dictionary Language Translator. Padahal, kalo dilihat dari fitur dari cara penggunaan, aplikasi ini termasuk mudah untuk digunakan. Tapi, kamu boleh coba sendiri, deh.

Klik disini untuk lihat Dictionary Language Translator di Google Play Store >

###

Demikianlah daftar teratas 9 aplikasi penerjemah di Android. Silahkan pilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Bisa dilihat dari banyaknya review, ukuran aplikasi, ataupun beberapa hal lainnya. Keputusan untuk download ada di kamu. Yang penting, semoga aplikasi ini bermanfaat dan membantu kamu untuk memutuskan mana yang cocok untuk dipakai.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment