Menggunakan aplikasi penyimpanan cloud terbaik di HP dan PC merupakan salah satu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang paling sederhana.

Di sisi lain, aplikasi ini akan menjadi aplikasi produktivitas yang membantu kita lebih mudah mengakses file secara online, baik untuk pekerjaan WFH ataupun aktivitas sehari-hari.

Bisa dikatakan, penyimpanan online sudah menjadi standar umum kehidupan dan pekerjaan yang menggantikan cara seseorang menyimpan & membagikan data, file, foto, video dan dokumen yang tadinya konvensional jadi digital.

Tips Memilih Aplikasi Cloud Computing

Aplikasi penyimpanan foto, file, video dan dokumen online (cloud) sudah menjadi aplikasi yang harus ada di PC dan HP semua orang, oleh karena itu beragam perusahaan teknologi di dunia pun berlomba-lomba untuk membuat yang terbaik.

Ada banyak fitur dan kemudahan yang ditawarkan lebih dari 10 penyedia di internet. Bila semuanya disandingkan secara bersamaan, justru hanya akan membuat kita bingung mau pilih yang mana.

Dari alasan inilah, kita harus mengetahui dengan pasti bagaimana cara memilih aplikasi penyimpanan cloud untuk mendapatkan yang terbaik.

Disini, sudah kami rangkum berbagai tips yang dapat dilihat dari segi fitur dan kemudahannya, antara lain:

  1. Bisa dan mudah diakses di semua jenis device, terutama untuk laptop dan HP.
  2. Tidak sering terdengar adanya gangguan yang bisa menyebabkan file korup.
  3. Sistem folder yang terstruktur dan mudah digunakan.
  4. Bisa simpan semua jenis data dan file, mulai dari foto, video, dokumen, apk, PDF, HTML serta arsip ZIP dan RAR.
  5. Ruang penyimpanan tidak terbatas atau punya versi gratis yang mampu menampung data besar.
  6. Bisa dibagikan dengan mudah dan opsional.
  7. Punya fitur yang bisa terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.
  8. Bisa berkolaborasi dengan tim atau bisa mengedit file secara bersamaan.
  9. Kecepatan akses yang baik.
  10. Dilengkapi dengan enkripsi file atau keamanan data yang berlapis.

8 Aplikasi Penyimpanan Cloud di HP dan PC

Dari tips di atas, telah ditemukan 8 aplikasi penyimpanan cloud terbaik, mulai dari Google Drive, Dropbox hingga Creative Cloud. Berikut daftar aplikasi tersebut.

1. Google Drive

google drive

Google Drive adalah salah satu aplikasi penyimpanan data online yang paling populer dan dicintai pengguna. Salah satu alasannya karena pengguna hanya perlu membuat akun Gmail, maka Google Drive langsung tersedia.

Bahkan, versi gratis dari Google Drive bisa menampung data sampai 15 GB tanpa batas waktu. Bila ukuran itu masih dirasa kurang, pengguna bisa upgrade akunnya untuk mendapatkan ruang yang lebih besar.

  • 100 GB dengan biaya langganan Rp26.900 per bulan.
  • 200 GB dengan biaya langganan Rp43.000 per bulan.
  • 2 TB dengan biaya langganan Rp135.000 per bulan.

Tidak hanya itu, Google Drive juga sangat mudah digunakan untuk dijadikan sebagai alat bisnis yang memudahkan satu tim berkolaborasi di berbagai alat pembuatan dokumen yang ada di sana, seperti Docs, Forms, Spreadsheets dan Slides.

Keamanannya sendiri termasuk ke dalam kategori keamanan tinggi, mengingat penyedianya adalah perusahaan teknologi besar di dunia.

Download versi Android disini dan iOS disini.

2. Dropbox

dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud populer yang dapat digunakan untuk menyimpan dan berbagi file secara online.

Karena, Dropbox bukan dikembangkan oleh penyedia email, maka setiap orang bisa menggunakan Dropbox dengan mendaftar email dari penyedia apapun, seperti Gmail, Yahoo!, Microsoft ataupun yang lainnya.

Untuk setiap pendaftaran, pengguna akan secara otomatis mendapatkan tempat penyimpanan sebesar 2 GB, dan bisa terus ditambahkan hingga 18 GB jika berhasil mengundang 32 orang baru untuk mendaftar juga di Dropbox untuk pertama kalinya.

Jika ingin menggunakan versi berbayarnya, Dropbox punya 2 opsi tipe akun:

  • Akun Personal: Rp280.000 per bulan untuk mendapatkan 2 TB.
  • Akun Business: Rp370.000 per bulan untuk mendapatkan tempat penyimpanan tidak terbatas.

Tipe akun business yang ada di Dropbox ini membuat Dropbox menjadi aplikasi tempat penyimpanan cloud terbesar yang pernah ada di internet.

Download versi Android disini dan iOS disini.

3. OneDrive

onedrive

OneDrive merupakan aplikasi penyimpanan data yang disediakan oleh Microsoft untuk kebutuhan pekerjaan personal maupun perusahaan.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft adalah pemilik software dan aplikasi terpopuler di dunia saat ini, mulai dari Ms. Word, Ms. PowerPoint, Ms. Excel hingga Outlook.

Status tersebut membuat pengguna OneDrive bisa membeli penyimpanan yang lebih besar serta include dengan semua aplikasi yang sudah disebutkan tadi. Opsi harganya antara lain:

  • OneDrive Only: Rp42.000 per bulan untuk mendapatkan 100 GB.
  • Microsoft 365 Personal: Rp100.000 per bulan untuk mendapatkan 1 TB lengkap dengan aplikasi lainnya.
  • Microsoft 365 Family (untuk 6 akun): Rp143.000 per bulan untuk mendapatkan 6 TB lengkap dengan aplikasi lainnya.

Untuk masalah penampilan, OneDrive mungkin masih masuk kategori aplikasi yang kaku. Tapi, untuk masalah keamanan, OneDrive sangat bisa diandalkan.

Download versi Android disini dan iOS disini.

4. iCloud

icloud

Bagi pengguna iPhone dan device iOS lainnya, kabar baik untuk kalian. Karena, iOS memiliki aplikasi penyimpanan data tersendiri yang dinamakan dengan iCloud.

iCloud ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi tentang sistem keamanannya, kemudahannya serta performa penggunaannya. Pengguna iCloud sudah bisa dipastikan mendapatkan pengalaman yang terbaik.

Semua itu karena iCloud didesain khusus bagi pengguna iOS agar seluruh datanya dapat diakses secara mudah melalui device iOS apapun, termasuk iPhone, iPad, Macbook dan iMac selama masuk dengan Apple ID yang sama.

Nah, untuk versi gratisnya, iCloud memberikan storage 5 GB sendiri. Agar lebih besar, pengguna perlu upgrade langganan dengan biaya yang murah, pilihannya antara lain:

  • 50GB: Rp15.000
  • 200GB: Rp45.000
  • 2TB: Rp149.000

Lihat aplikasinya disini.

5. Box

box

Box bukan hanya sekedar alat untuk menyimpan data, tapi Box juga merupakan alat untuk membuat semua pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen jadi lebih mudah.

Saat pertama kali daftar, user hanya akan mendapatkan ruang penyimpanan 10 GB saja. Tapi, ketika diupgrade ke versi berbayar yang termurah sekalipun, pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan yang tidak terbatas.

Cocok untuk seseorang yang pekerjaannya berhubungan langsung dengan data-data yang berukuran besar dan jumlahnya banyak.

Download versi Android disini dan iOS disini.

6. MEGA

mega

MEGA merupakan aplikasi penyimpanan cloud terbaik nomor 6 karena punya desain yang kekinian dan mudah digunakan untuk berbagai kalangan.

Biasanya, MEGA digunakan untuk teknisi IT atau sejenis lainnya yang membutuhkan ruang penyimpanan besar tapi proses sharing dan downloadnya jauh lebih mudah.

MEGA memungkinkan penggunanya mengunggah file melalui koneksi terenkripsi, dan mempertahankan kendali atas kunci enkripsi milik pengguna. Itu secara efektif mencegah orang lain, termasuk MEGA, untuk memindai konten pengguna.

Download versi Android disini dan iOS disini.

7. WeTransfer

wetransfer

Berbeda dengan yang lainnya, WeTransfer tidak menjadi tempat untuk menyimpan data secara permanen. Namun, pengguna bisa upload file dengan ukuran yang sangat besar dalam satu waktu.

Setelah itu, pengguna bisa membagikan file tersebut dengan menggunakan link yang bisa “hilang” atau “expired” secara otomatis dalam 1 minggu ke depan.

Download versi Android disini dan iOS disini.

8. Creative Cloud

creative cloud

Aplikasi penyimpanan cloud terbaik yang terakhir adalah Cloud Creative buatan Adobe Inc. Cloud Creative dapat dijadikan sebagai opsi terakhir khusus untuk desainer dan animator.

Meningat, Creative Cloud jauh lebih mudah digunakan untuk kalangan mereka yang butuh ruang besar dan interaksi antar desainer yang lebih mudah.

Download versi Android disini dan iOS disini.

###

Itulah 8 aplikasi penyimpanan online yang sudah coba diurutkan mulai dari yang terbaik, aman, murah dan punya kapasitas penyimpanan terbesar.

Suatu saat mungkin kamu akan memutuskan untuk menggunakan versi berbayar salah satu aplikasi diatas atau justru menggunakan semua aplikasi tersebut agar mendapatkan ruang penyimpanan yang maksimal.

Ada aplikasi penyimpanan cloud terbaik lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment