Merasa bingung ketika pertama kali melakukan instalasi sistem operasi karena tidak tahu apa saja aplikasi yang harus ada di laptop untuk menunjang pekerjaan, ataupun kegiatan sehari-hari? Jangan khawatir!

Di dalam artikel ini, kamu akan menemukan berbagai aplikasi yang wajib diinstal saat pertama kali membeli laptop, di Windows. Tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan kamu sehari-hari. Bila ada aplikasi yang sebenarnya tidak butuhkan, hapus aplikasi tersebut dari laptop kamu.

Mari kita lihat apa saja aplikasi tersebut.

10 Aplikasi yang Harus Ada di Laptop Windows

Mengingat pengguna Windows jauh lebih banyak di Indonesia, maka kita akan mulai membahasnya dari 10 aplikasi yang harus ada di laptop Windows. Berikut ini daftar aplikasi tersebut.

1. Google Chrome

aplikasi yang harus ada di laptop - google chrome

Google Chrome (Chrome) merupakan daftar kumpulan aplikasi yang wajib diinstal pertama kali di dalam laptop saat pertama kali beli. Karena, Chrome adalah alat utama yang akan kamu gunakan untuk menghandle semua jenis pekerjaan dan aktivitas di dalam laptop.

Mulai dari pekerjaan kantor, hingga pekerjaan ringan untuk pribadi semuanya bisa diakses menggunakan Chrome. Contohnya adalah saat kamu ingin membuka email, Facebook, Instagram, Twitter, media berita ataupun yang lainnya, Chrome adalah tempat pertama yang harus kamu buka sebelum mengakses situs-situs tersebut.

2. WinRar

aplikasi yang harus ada di laptop - winrar

Pada daftar kedua, kamu bisa memulai untuk melakukan instalasi WinRar. Karena, WinRar memiliki fungsi untuk mengekstrak semua file atau aplikasi hasil kompresi. Dan biasanya, file dan aplikasi yang kamu download di internet berbentuk format .rar.

Tanpa WinRar, kamu tidak akan bisa memasang aplikasi lainnya hasil download dari internet. Jadi, kenapa tidak untuk instal WinRar?

Meski sebenarnya WinRar ini adalah aplikasi berbayar, tapi kamu tenang aja. Karena, WinRar masih bisa dipakai secara trial untuk beberapa waktu. Setelah itu, mereka akan mengirimkan pemberitahuan ke kamu untuk memilih paket yang sudah disediakan. Namun, paket tersebut tidak wajib untuk kamu beli.

3. Microsoft Office

aplikasi yang harus ada di laptop - office

Setelah aplikasi WinRar berhasil kamu instal ke dalam laptop. Aplikasi selanjutnya adalah Microsoft Office atau yang biasa disebut dengan aplikasi dokumen.

Aplikasi dokumen yang satu ini menyediakan berbagai kebutuhan penggunanya dari segala macam aspek. Dengan ini, kamu bisa membuat, melihat dan mengubah beberapa dokumen seperti dokumen Word, slide presentasi, Excel, dan yang lainnya.

Untuk sampai saat ini, belum ada aplikasi offline lain yang bisa menggantikan fungsi dari Microsoft Office untuk bekerja.

4. Smadav Antivirus

aplikasi yang harus ada di laptop - smadav

Sebagai pemilik laptop, tentu kamu tidak mau kalau suatu waktu laptop kamu tersebut terserang virus, kan? Nah, Smadav ini adalah solusi untuk memperkuat sistem keamanan laptop dari berbagai serangan hacker, cracker, virus, dan malware.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Smadav akan memperingatkan kamu secara berkala tentang kapan kamu harus melakukan pemindaian untuk penghapusan virus, serta memberi peringatan ketika ada file mencurigakan yang dianggap virus, entah itu datangnya dari situs website yang telah kamu kunjungi maupun flashdisk yang baru saja dikoneksikan ke dalam laptop.

5. Aplikasi Multimedia VLC Player

aplikasi yang harus ada di laptop - vlc player

Ingin laptop kamu bisa dengan mudah memainkan berbagai macam file multimedia seperti musik dan film? Maka, kamu wajib untuk instal VLC Player.

Meski sebenarnya di dalam sistem operasi Windows sudah terpasang aplikasi untuk pemutar file multimedia, VLC dianggap jauh lebih efisien dan mudah digunakan oleh pengguna awam sekalipun. Namun, kembali lagi kepada kebutuhan kamu. Kalau laptop tersebut sepertinya akan jarang untuk memainkan musik dan film secara offline, mungkin VLC tidak perlu dipasang.

6. Lightshot

aplikasi yang harus ada di laptop - lightshot

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang bagaimana cara screenshot di laptop. Salah satu diantaranya adalah menggunakan aplikasi Lightshot.

Nah, jadi buat kamu yang ingin melakukan screenshot di laptop dengan lebih cepat, sangat direkomendasikan untuk melakukan pemasangan aplikasi Lightshot ke dalam laptop.

7. Evernote

aplikasi yang harus ada di laptop - evernote

Berbicara mengenai aplikasi pengelola dokumen di laptop, belum cukup hanya dengan mengandalkan Microsoft Office. Ada aplikasi bernama Evernote yang bila digunakan sebagai notes untuk mencatat akan jauh lebih mudah.

Tampilan, pengaturan folder dan berbagi dokumen secara real-time adalah fitur yang menjadi alasan kenapa orang lebih sering bekerja menggunakan laptop menjadi wajib untuk instal Evernote.

8. Internet Download Manager (IDM)

aplikasi yang harus ada di laptop - idm

Suatu waktu ketika kamu berselancar di internet dan menemukan konten berupa musik, film, video, ataupun dokumen yang menarik, kamu membutuhkan aplikasi bernama Internet Download Manager (IDM) agar proses download-nya menjadi lebih cepat dan minim resiko kegagalan.

Sayangnya, IDM ini adalah aplikasi premium yang bisa kamu gunakan dengan baik apabila telah membayar paket tahunan sekitar Rp 120.000 atau sekitar Rp 240.000 untuk sekali beli.

Meski terlihat tidak cukup murah, nyatanya ada banyak pengguna laptop di Indonesia yang tertarik untuk membayar paket tersebut karena merasa termudahkan ketika ingin download apapun di internet, termasuk film, video, musik, dokumen, maupun sebuah aplikasi.

9. Adobe Reader

aplikasi yang harus ada di laptop - adobe reader

Pernah melihat ada dokumen di dalam sebuah folder ataupun internet dengan format .PDF? Ternyata, dokumen tersebut tidak bisa dengan mudah dibuka, loh. Kamu harus memiliki aplikasi pembaca file .PDF di dalam laptop untuk membuka dokumen tersebut dengan lebih mudah.

Kalau kamu adalah seorang pekerja yang terbiasa menggunakan laptop, ataupun pelajar, maka Adobe Reader adalah aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk diinstal ke dalam laptop baru.

Meskipun sebenarnya ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuka file .PDF, seperti contohnya Foxit Reader. Nyatanya, Adobe Reader lebih populer di dunia. Hal ini dikarenakan fitur-fiturnya yang mampu menyediakan semua kebutuhan manusia terkait dokumen .PDF, seperti tanda tangan digital, komentar, hingga mencetak.

10. CCleaner

aplikasi yang harus ada di laptop - ccleaner

Aplikasi terakhir yang harus ada di laptop adalah CCleaner. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki sistem operasi Windows yang sudah berjalan lambat menjadi lebih cepat lagi.

Dengan kata lain, CCleaner mampu menghapus semua sampah di dalam laptop yang sering membuat laptop hang, dan berjalan lambat.

Mungkin, sekarang kondisi laptop kamu masih baru dan berjalan dengan cepat. Tapi, tidak ada salahnya untuk instal CCleaner sebagai aplikasi persiapan ketika nanti umur laptop kamu sudah lebih dari 2 tahun.

Dimana Tempat Download Aplikasi untuk Windows?

Oke, daritadi kita sudah membicarakan tentang apa saja aplikasi yang harus ada di laptop. Mungkin, sebagian dari kamu masih bingung tentang dimana tempat untuk download daftar aplikasi tersebut. Jangan khawatir, disinipun tersedia daftar tempat download aplikasinya.

Berikut ini 4 tempat yang paling direkomendasikan untuk download berbagai aplikasi Windows:

  1. Filehippo
  2. Filecroco
  3. WinCrunch
  4. 100-downloads

Beberapa aplikasi bisa kamu download melalui situs resminya langsung, seperti VLC, Lightshot, dan Smadav Antivirus.

Akhir Kata

Itulah dia 10 aplikasi yang harus ada di laptop Windows agar semua kebutuhan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari bisa terpenuhi. Silahkan pilih dan instal aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan mampu menjawab apa yang sedang kamu cari-cari selama ini. Jangan lupa share dan klik tombol likes di bawah ini karena dukungan kamu semangat bagi kami untuk membuat lebih banyak artikel yang bermanfaat.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment