Share

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android | Bersih dan Cepat

Ketahui cara menghapus aplikasi bawaan di Android agar ruang memori kita bisa dimanfaatkan untuk yang lain

Redaksi
cara menghapus aplikasi bawaan android

Saat punya keinginan membeli HP Android baru, penting sekali untuk mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan yang sudah tertanam di HP baru tersebut. Pasalnya, tidak semua aplikasi bawan Android bermanfaat bagi kita dan justru hanya membuat ruang memori cepat penuh dan lemot.

Aplikasi bawaan terpasang secara otomatis ke dalam sistem operasi Android pada semua tipe dan merk HP, seperti Realme, OPPO, VIVO dan lainnya. Jenis aplikasinya tergantung dari perjanjian yang terjadi antara provider aplikasi dengan produsen HP masing-masing.

Biasanya, semua aplikasi bawaan tersebut dibuat lebih susah untuk dihapus (uninstall), seperti aplikasi bawaan Google misalnya. Tapi, sebenarnya ada cara mudah menghapus semua aplikasi bawaan di Android sampai bersih

2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

Ada 2 cara yang dapat kita gunakan untuk menghapus semua aplikasi bawaan Android yang tidak kita pakai selama ini. Pilihlah yang menurut kamu cukup untuk membersihkan ruang memori.

1. Hapus via Menu Pengaturan

Menghapus via menu pengaturan adalah cara termudah dan paling aman saat ini di semua merk Android, seperti Realme, Xiaomi, OPPO, VIVO, Samsung dan yang lainnya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuk ke dalam Pengaturan. Lalu, pilih menu App atau Aplikasi.

2. Ketuk menu Manage Apps atau Kelola Aplikasi kemudian pilih salah satu yang ingin dihapus.

3. Saat masuk ke dalam aplikasinya, ketuk tombol Clear data yang tersedia. Lalu, pilih Manage Space.

4. Ketuk tombol Clear All Data dan ketuk pilihan OK.

5. Masuklah kembali ke dalam pengaturan aplikasi untuk mengetuk tombol Force Stop.

Dengan cara ini, aplikasi bawaan Google yang tidak bisa dihapus di Android kita tidak menggunakan ruang memori yang terlalu besar sehingga ruang memori bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Perlu dicatat, cara ini tidak akan menghilangkan aplikasi, tapi sangat berguna untuk membuat aplikasi tersebut berhenti secara paksa dan tidak menggunakan ruang memori yang besar lagi.

Jika kita ingin benar-benar menghapusnya, perlu melakukan satu tahap lagi yang lebih beresiko, yaitu me-rooting Android dan menghapus melalui pintu belakang sistem operasi Android. Tertarik? Baca tutorial poin nomor 2.

2. Hapus via Root Android

Cara ini benar-benar bisa menghapus aplikasi bawaan di Android yang tidak punya menu uninstall. Tapi, cara ini perlu melalui tahapan rooting yang dapat menghapus garansi HP. Jika tertarik, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Root terlebih dahulu Android kamu.

titanium backup untuk uninstall aplikasi bawaan android

2. Download aplikasi Titanium Backup (root needed) via Google Play.

3. Berikan akses pada Grant kepada aplikasi ini.

4. Masuklah ke menu Backup/Restore. Lalu, pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus.

5. Ketuk tombol Uninstall dan konfirmasi dengan mengetuk pilihan YES.

6. Ulangi lagi ke semua aplikasi yang ingin kamu hapus.

###

Itu dia 2 cara uninstall aplikasi bawaan di Android, mulai dari yang aman hingga paling beresiko. Sesuaikanlah dengan kebutuhan kamu.

Apakah cara ini berhasil di semua merk Android? Ya, tentu. Semua merk Android sudah diuji coba penghapus aplikasi bawaan dengan 2 cara di atas, mulai dari Realme, Xiaomi, Samsung, OPPO hingga VIVO.

Jika ada langkah-langkah yang masih kurang jelas, mari kita diskusikan melalui kolom komentar. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada semua teman kamu di sosial media, ya.

AndroidAplikasi
Redaksi