Group GoTo, perusahaan gabungan yang dibentuk dari Gojek dan Tokopedia pada Mei 2021 dengan tiga unit bisnis –Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, hari ini (Kamis, 11 Oktober 2021) mengumpulkan penutupan pendanaan pertamanya pada Pra-IPO dari beberapa investor kelas dunia sejumlah US$ 1,3 miliar atau sekitar Rp18,6 triliun (asumsi kurs dolar Rp14.275).

Sejumlah investor dunia global menggelontorkan dana segar ke GoTo, termasuk beberapa anak perusahaan yang dipegang sepenuhnya oleh Abu Dhabi Investment Authority (ADIA), Fidelity International, Google, Permodalan Nasional Berhad (PNB), Primavera Capital Group, SeaTown Master Fund, Temasek, Tencent, Ward Ferry dan Avanda Investment Management.

Dana segar ini akan digunakan oleh perusahaan ekosistem terbesar di Indonesia ini sebagai upaya untuk fokus berinvestasi lebih jauh lagi terhadap ekspansi bisnis dan keterlibatan pengguna.

Termasuk dalam memperluas penawaran layanan finansial dan memanfaatkan armada transportasi serta logistiknya untuk meningkatkan layanan hyperlocal.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip dibalikmeja dari Kr-Asia, Michael Woo, Managing Director Primavera Capital Group yang berbasis di Singapuran mengatakan, “Kami melihat peluang pertumbuhan sekuler untuk Indonesia dan GoTo di seluruh e-commerce, mobilitas on-demand, dan fintech –semua segmen di mana Primavera memiliki pengalaman investasi yang luas,”.

Peluang ini menjadi pintu yang terbuka lebar bagi Woo untuk bermitra dan tumbuh bersama GoTo.

“Kami senang dapat bermitra dan tumbuh bersama GoTo, dan mengkontribusikan keahlian dan sumber daya kami kepada perusahaan,” ucap Woo.

Sementara itu, dalam siaran persnya, Andre Soelistyo, CEO Grup GoTo, mengatakan, “Permintaan akan layanan kami terus meningkat, dilandasi dengan komitmen kami untuk terus memberikan pilihan, nilai, serta kenyamanan kepada seluruh pelanggan di ekosistem kami,”.

Hal tersebut disampaikannya karena Indonesia dan Asia tenggara adalah dua pasar dengan prospek pertumbuhan paling menjanjikan di dunia.

Permintaan konsumen akan layanan digital akan terus terdorong meningkat dan membawa banyak pengguna masuk ke ranah online.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment