Pandemi COVID-19 pada tahun 2020 hampir membuat semua bisnis kalang kabut dan memutuskan untuk memberhentikan bisnisnya karena tidak ada pemasukan dan operasional yang jelas, entah itu UMKM, swalayan maupun bisnis berbasis teknologi.

Tapi, ternyata tidak semua bisnis terkena dampak negatif dari pandemi tersebut. Ada yang unik dari UniPin. Bisnis mereka justru bertumbuh pesat meskipun ada pandemi COVID-19 sejak semester 1 tahun 2020.

Seperti yang tercatat pada akun resmi UniPin di LinkedIn, semua persentase pertumbuhan mereka naik lebih dari +200% dengan detail (1) pertumbuhan jumlah transaksi +294%, (2) pertumbuhan pendapatan (revenue) +207%, dan (3) pertumbuhan jumlah pengguna aktif +153%.

pertumbuhan transaksi unipin di tahun 2020

Mengingat tidak mudahnya menjalankan bisnis di tahun 2020, tapi UniPin masih bisa berkembang, mereka pun turun mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak yang sudah bersedia menjadi partner UniPin hingga saat ini.

Beberapa partner yang tercantum antara lain GoPlay, Samsung, Loket, Garena, DANA, Tencent Games, dan beberapa nama brand besar lainnya.

Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata pertumbuhan juga merupakan pertumbuhan yang disebabkan oleh adanya pandemi COVID-19 tapi dengan efek yang lebih positif.

Masih ingat dengan lockdown dan PSBB yang terjadi di Indonesia? Kedua hal ini membuat semua orang terpaksa harus #DiRumahAja demi memutus rantai penyebaran virus sehingga menyebabkan konsumsi smartphone bertambah lebih banyak.

Nah, salah satu konten –selain sosial media– yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia ternyata adalah sebuah video games. Bahkan, sudah diklaim dan dibuktikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Berbeda dengan industri Parekraf lain yang terdampak pandemi Covid-19, menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI), pertumbuhan pengembang game di Indonesia naik 10-20 persen di tengah pandemi lantaran lonjakan penggunaan platform digital di kalangan masyarakat, khususnya para penggemar game,” ucap Direktur Industri Kreatif, Film, Televisi dan Animasi Kemenparekraf, Syaifullah dalam sebuah seminar virtual.

Author

Media tempat dimana ide ditemukan, terbentuk, tercipta dan memicu percakapan yang saling bermanfaat.

Write A Comment