Dalam setiap games –mobile dan pc– maupun dunia desain grafis, kita akan sering bertemu dengan istilah FPS (Frames Per Second) dimana hal ini akan mempengaruhi performa dalam setiap permainan.

Namun, FPS itu sendiri nggak bisa kita atur sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan pengalaman permainan yang memuaskan. Salah satu alasannya karena kita sendiri nggak tahu apa itu FPS, manfaat dan bagaimana saja contoh penerapannya.

Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh bagaimana besarnya FPS mempengaruhi pengalaman performa dalam bermain games.

contoh fps

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari lebih lengkap mengenai FPS yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber terpercaya.

Apa itu FPS?

Pengertian FPS (Frames Per Seconds) adalah tingkat dimana sistem dan perangkat kamu mampu menyelesaikan bingkai/layar serta Hz setiap detik sampai semuanya tampilannya terisi penuh.

Misalnya, pada 30 FPS, 30 gambar berbeda akan muncul secara berurutan dalam satu detik. Jika FPS terlalu rendah, gerakan akan tampak patah-patah.

Sederhananya, FPS adalah sistem yang akan mempengaruhi kasar dan halusnya pergerakan dari sebuah games. Gambar di bawah ini menunjukan bagaimana animasi pergerakan dari sebuah games semakin terlihat halus jika perangkat yang digunakan mampu menangani FPS yang besar.

High-FPS-Animation-Smoothness-min
sumber: nvidia.com

Sedangkan Hz itu sendiri adalah tentang siklus per detik.

Jadi, semakin besar FPS yang sistem dan perangkat kamu selesaikan, semakin halus juga tampilan serta gerakan dari video games yang sedang kamu mainkan.

Masing-masing games konsol, PC, dan mobile memiliki standar tersendiri mengenai besaran FPS yang bisa digunakan. Biasanya, untuk games konsol dan PC, mereka menggunakan standar FPS di angka 60Hz. Sedangkan untuk games mobile, mereka menggunakan standar FPS di angka 30Hz.

Gambar di bawah ini merupakan contoh pengalaman bermain game 30 FPS vs 60 FPS di HP.

30 fps vs 60 fps
sumber: bestgammingsettings.com

Besaran tersebut tergantung dari seberapa besar Rate yang dibuka oleh pengembang games itu sendiri. Karena, besaran FPS akan mempengaruhi kepada konsumsi daya baterai dan kuota internet yang dimiliki oleh user.

Selama perangkat mobile dan PC kamu sanggup untuk menjalankan FPS tertinggi dari game yang akan dimainkan, maka kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik sesuai kemampuan perangkat tersebut.

Bagaimana FPS Berpengaruh pada Performa Games?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, frame rate yang rendah akan mempengaruhi kualitas pergerakan dari semua games yang kita mainkan. Artinya, akan ada pergerakan yang lebih lambat dibandingkan player lain yang menggunakan frame rate yang lebih tinggi.

Kalau hal ini nggak bisa diatur dengan baik oleh pengembang games, maka pemilik perangkat dengan frame rate rendah akan merasa kesulitan dibandingkan dengan pemilik frame rate tinggi. Karena, pemilik frame rate tinggi akan lebih dulu melihat pergerakan musuh dengan lebih jelas.

Kondisi seperti ini biasanya disebut dengan Ghosting, yaitu adanya tampilan bayangan yang tampak samar dan biasanya mengelabui pemain dengan frame rate rendah.

Jadi, sudah jelas ya, kenapa perangkat sangat mempengaruhi performa games?

Apakah Koneksi Internet Berpengaruh pada FPS?

Sebenarnya koneksi internet nggak secara langsung berpengaruh pada tinggi/rendahnya kualitas FPS pada perangkat kamu. Balik lagi pada penjelasan di atas, satu hal utama yang menjadi pengaruh kualitas FPS adalah kesanggupan dari hardware perangkat itu sendiri.

Pada suatu waktu, games yang sedang kamu mainkan mungkin akan terlihat patah-patah padahal kondisi internet stabil. Hal ini terjadi karena perangkat kamu menyesuaikan dengan kondisinya, kalau sudah panas dan nggak sanggup, otomatis FPS akan drop.

Tapi, suatu waktu, internet pun bisa menjadi pengaruh pada kualitas FPS. Hal ini bisa kamu cek lagi pada pengaturan games yang sedang kamu mainkan, biasanya akan ada pengaturan yang mempersilahkan sistem di dalam games menurunkan FPS jika koneksi internet nggak stabil.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment