Sebagai orang yang sudah berkecimpung di dunia per-SEO-an selama kurang lebih 3 tahun, saya masih mendengar banyak orang yang belum mengetahui apa sebenarnya pengertian dan cara kerja SEO (Search Engine Optimization).

Awalnya, ketidaktahuan mereka wajar bagi saya. Tapi, mengingat semakin berkembangnya bisnis online di Indonesia, saya merasa semua orang sudah harus mulai tahu. Terutama bagi para pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produk dan jasanya melalui website.

Kenapa bisa seperti itu? Pendapat saya ada di dalam daftar berikut ini.

Pengertian SEO

SEO adalah praktik dari seorang digital marketer dan pebisnis online untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung masuk ke dalam website melalui penelusuran kata kunci di mesin pencari internet, seperti Google, Bing, dan Yahoo!.

Tugas umum ketika menerapkan SEO diantaranya membuat konten berkualitas, membangun backlink, memperbaiki performa website, dan mengedepankan pengalaman pengunjung.

Hasil dari penerapan SEO bisa dilihat dari seberapa banyak website kamu muncul di halaman pertama mesin pencari.

hasil dari penerapan seo

Keuntungan pertama ketika website kamu sering muncul di halaman mesin pencari, kamu bisa mendapatkan pengunjung website “gratis” sebanyak-banyaknya. Selama kata kunci yang dipilih tepat dan banyak dicari.

organic traffic dari seo

Dapat dilihat dari tangkapan layar Google Analytics di atas, sebagian besar sumber pengunjung yang masuk ke dalam website saya merupakan organic traffic = hasil dari SEO.

SEO Adalah Bagian dari Digital Marketing

Berbicara mengenai SEO, tidak bisa lepas dari obrolan seputar digital marketing. Selain karena SEO merupakan salah satu bagian dari digital marketing, tujuan SEO adalah menghasilkan revenue (penjualan), yang mana ini adalah tujuan akhir dari digital marketing.

tujuan dari seo

Corong akhir dari perjalanan strategi digital marketing merupakan jumlah transaksi, begitu pula dengan corong akhir dari SEO.

4 Teknik SEO Paling Umum

Dari semua teknik yang dilakukan selama menerapkan optimasi SEO, setidaknya ada 4 teknik yang paling umum dilakukan, yaitu On-Page SEO, Off-Page SEO, Content Marketing, dan Technical SEO.

Keempat-empatnya memiliki bobot yang berbeda. Bila diterapkan dengan baik secara bersamaan, hasilnya akan lebih memuaskan.

1. On-Page SEO

Teknik optimasi yang pertama ini dilakukan pada website itu sendiri. Seperti misalnya yang saya lakukan pada dibalikmeja.com, teknik On-Page-nya saya lakukan sendiri dengan memperbaiki segala macam faktor yang mempengaruhi di websitenya.

Faktor tersebut bisa berupa struktur URL, meta tag, navigasi halaman, user experience, struktur desain website yang mudah dipahami, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Umumnya, On-Page akan menjadi fokus utama pemilik website ketika baru pertama kali membuat website.

Karena dibalikmeja adalah website media, faktor yang menurut saya paling berpengaruh adalah meta tag. Itulah sebabnya, meta tag menjadi fokus utama saya dalam melakukan optimasi. Tentu tanpa melupakan yang lainnya.

2. Off-Page SEO

Teknik yang kedua disebut dengan Off-Page SEO. Teknik inilah yang pertama kali saya perdalam ilmunya ketika pertama kali bekerja sebagai seorang SEO Specialist.

Poin utamanya, teknik ini dilakukan di luar website yang sedang dioptimasi dengan memberikan link profile yang berkualitas.

Optimasi Off-Page SEO yang paling banyak dilakukan adalah backlink (link building). Backlink adalah tautan yang dikirimkan dari website lain masuk ke dalam website kita.

backlink
Foto: MOZ

3. Content Marketing

Teknik SEO selanjutnya adalah content marketing. Teknik terfavorit dari siapapun yang ingin mulai mengoptimasi sebuah website. Umumnya, teknik ini disebut dengan pembuatan artikel SEO Friendly blog.

Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia, mereka memiliki halaman blog yang bisa diakses untuk mendapatkan informasi mengenai tips, tutorial dan lifestyle yang semuanya berujung pada penjualan produk yang ada di Tokopedia.

organic traffic dari content marketing milik tokopedia

Hal ini terbukti membuat Tokopedia mendapatkan rata-rata 2,5 juta pengunjung blog setiap hari pada setahun terakhir. Data diatas diambil dari Ahrefs –tools yang digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung website orang lain.

4. Technical SEO

Penting tapi sering diabaikan, inilah technical SEO, sebuah proses memastikan bahwa website memenuhi persyaratan teknik mesin pencari, termasuk crawling, indexing, dan rendering.

Technical SEO sering tidak menjadi prioritas dalam daftar digital marketer mengoptimasi SEO karena pekerjannya tidak terlihat dan sulit untuk di-track.

Penutup

Itulah pengertian dari apa itu SEO lengkap dengan 4 teknik yang paling umum diterapkan. Masing-masing dari teknik tersebut ada cara tersendiri untuk dioptimalkan, bahkan punya parameter masing-masing untuk mengetahui apakah penerapannya sudah benar atau belum.

Selebihnya mungkin akan saya bagikan ke dalam artikel selanjutnya. Saya rasa, artikel ini sudah cukup menjawab pertanyaanmu mengenai pengertian dan penjelasan SEO.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment