Aplikasi adzan merupakan salah satu alternatif terbaik bagi para muslim untuk mendapatkan informasi paling akurat mengenai kapan waktu sholat, berdoa, arah kiblat hingga kumpulan doa yang pas pada hari-hari tertentu.

Melalui beberapa aplikasi adzan yang ada di Google Play Store dan App Store, kamu nggak perlu lagi khawatir ketinggalan waktu sholat karena lupa, sibuk, atau dalam perjalanan jarak jauh. Karena, semua aplikasi berikut ini bekerja sesuai zona waktu, dan lokasi terbaru kamu saat ini.

7 Aplikasi Adzan di Android dan iOS

Seperti yang dikutip dari bimbinganislam.com, Ustadz Ratno Abu Muhammad, Lc menjelaskan bahwa suara adzan sangat dibolehkan digunakan pada HP untuk kepentingan pengingat sholat. Jadi, kamu nggak perlu lagi khawatir ada fatwa-fatwa yang kurang jelas.

Berikut ini 7 aplikasi adzan otomatis di Android dan iOS.

1. Muslim Pro (Android dan iOS)

aplikasi-adzan-muslim-pro

Aplikasi adzan yang pertama adalah Muslim Pro. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia. Itupun hanya terhitung yang menggunakan Android, belum ditambahkan dengan pengguna iOS.

Fiturnya yang lengkap, dan cara penggunannya yang mudah membuat pengguna merasa nyaman menggunakan Muslim Pro. Bahkan, meski sudah diunduh oleh 50 juta orang lebih, Muslim Pro tetap mendapatkan ulasan 4.6, angka yang cukup tinggi, bukan? Kamu bisa dapatkan aplikasi Muslim Pro di Android dan iOS.

KeteranganMuslim Pro – Prayer Times, Azan, Quran & Qibla
Ditawarkan OlehMuslim Pro Limited
UkuranBervariasi berdasarkan device (Android)
183MB (iOS)
Instal50,000,000+ (Google Play Store)
Perlu Sistem OperasiBervariasi berdasarkan device (Android)
iOS 9.0 ke atas (iOS)
Produk dalam AplikasiIDR7,000.00 – IDR419,000.00 per item
Ulasan4.6/5 (Google Play Store)
4.8/5 (App Store)
DownloadGoogle Play Store
App Store

2. Athan Pro (Android dan iOS)

aplikasi-adzan-athan-pro

Beralih ke aplikasi adzan yang kedua, kamu bisa menemukan nama Athan Pro. Aplikasi yang fiturnya nggak kalah lengkap dengan Muslim Pro. Bahkan, kamu bisa mendapatkan tampilan berapa sisa waktu sholat yang tersisa ketika kamu lupa.

Sedikit di atas Muslim Pro, Athan Pro memiliki ulasan 4.7 dengan jumlah download lebih dari 5 juta pengguna (versi Android). Ada sedikit pengguna yang merasakan ada kesalahan saat adzan otomatis menyala tapi belum masuk waktu sholat, maka pastikan ketika kamu download aplikasinya, ijinkan aplikasi ini untuk mengakses lokasi dan zona waktu kamu berada. Tenang, aplikasi ini nggak nge-hack HP kamu, kok.

KeteranganAthan: Waktu Sholat, Adzan, Al Quran & Arah Kiblat
Ditawarkan OlehIslamicFinder.org
Ukuran19MB (Android)
111MB (iOS)
Instal5.000.000+ (Google Play Store)
Perlu Sistem OperasiAndroid 5.0 ke atas (Android)
Produk dalam AplikasiIDR3,668.00 – IDR41.000.00 per item
Ulasan4.7/5 (Google Play Store)
4.8/5 (Apple Store)
DownloadGoogle Play Store
App Store

3. iMuslim Pro (Android)

aplikasi-adzan-imuslim-pro

iMuslim Pro adalah salah satu alternatif aplikasi adzan otomatis di Android yang memiliki ukuran lumayan kecil, yaitu sekitar 27MB. Alternatif bagus untuk kamu yang punya HP Android dengan kapasitas penyimpanan nggak terlalu besar.

Karena ukurannya yang nggak terlalu besar, kamu nggak bisa mengandalkan terlalu banyak fitur seperti pada aplikasi sebelumnya. Tapi, bisa dipastikan kamu bisa mendapatkan pemberitahuan adzan dengan tepat waktu menggunakan iMuslim Pro. Jadi, jangan khawatir ketinggalan sholat tepat waktu.

KeteranganiMuslim Pro
Ditawarkan OlehHayat Akbar
Ukuran27MB (Android)
Instal1,000+ (Google Play Store)
Perlu Sistem OperasiAndroid 4.0.3 ke atas (Android)
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.6/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

4. Prayer Times (Android)

aplikasi adzan prayer times

Mau aplikasi adzan yang lebih simpel dan ringan? Aplikasi yang satu ini bisa kamu coba download sekarang juga. Hanya dengan ukuran 3.3M saja, kamu bisa mendapatkan fitur adzan otomatis, kalender muslim, arah kiblat, dan ayat-ayat bacaan doa penting.

Meski nggak ada update setelah update terakhir tanggal 16 Oktober 2018 (terhitung sejak artikel ini tayang), terbukti aplikasi ini telah didownload oleh lebih dari 10 juta pengguna Android. Sungguh ringan, dan sangat bermanfaat memang aplikasi yang satu ini.

KeteranganPrayer Times
Ditawarkan OlehS.Mustafa
Ukuran3.3MB (Android)
Instal10,000,000+ (Google Play Store)
Perlu Sistem OperasiAndroid 4.0.3 ke atas (Android)
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.5/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

5. Athanotify (Android)

aplikasi-adzan-Athanotify

Athanotify adalah aplikasi adzan otomatis yang bisa kamu download secara gratis di Google Play Store dengan ukurang 7.9MB, lebih berat sedikit dibandingkan dengan Prayer Times. Untuk menginstalnya, minimal HP kamu adalah produksi di atas tahun 2012 dengan sistem operasi Jelly Bean (4.1). HP kamu cocok, kan?

Yang menarik dari aplikasi ini, meski memiliki ukuran yang cukup ringan, kamu masih bisa menambahkan widget di halaman depan HP kamu dengan tampilan waktu adzan yang akan datang. Sehingga, memudahkan kamu dalam melihat waktu sholat karena tanpa harus masuk ke dalam aplikasinya terlebih dahulu.

KeteranganAthanotify – waktu shalat
Ditawarkan Olehel cheikh
Ukuran7.9MB (Android)
Instal1.000.000+ (Google Play Store)
Perlu Sistem OperasiAndroid 4.1 ke atas (Android)
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.6/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

6. Prayer Times Muslim All in One (Android)

aplikasi adzan Prayer Times Muslim All in One

Prayer Times Muslim All in One adalah aplikasi adzan yang bisa dipasang di dalam HP sejadul apapun. Karena, persyaratan sistem operasi yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi aplikasi ini hanyalah Android Gingerbead (2.3.3). Sistem operasi yang dirilis oleh Android pada tahun 2010. Sudah barang pasti, HP kamu akan cocok untuk instal aplikasi ini.

Bahkan, fitur yang ditawarkanpun nggak kalah menarik seperti Muslim Pro pada urutan pertama. Di dalam aplikasi adzan otomatis Android ini, kamu bisa mendapatkan fitur lain yang powerfull, seperti Asmaul Husna, ucapan selamat, kalender hijrah, penghitung tasbih, kalkulator zakat, pencari masjid terdekat, hingga Quran full 144 surah lengkap dengan suara yang merdu.

KeteranganPrayer Times Muslim All in One
Ditawarkan Olehthe WALi studio
UkuranBervariasi berdasarkan device (Android)
Instal500,000+ (Google Play Store)
Perlu Sistem OperasiAndroid 2.3.3 ke atas (Android)
Produk dalam AplikasiIDR3,000.00 – IDR7,000.00 per item
Ulasan4.6/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

7. Waktu Sholat Indonesia (iOS)

aplikasi-adzan-waktu-sholat-indonesia

Daritadi pembahasannya lebih banyak tentang aplikasi adzan untuk Android. Kali ini, kamu bisa menemukan aplikasi Waktu Sholat Indonesia sebagai pengingat adzan di iPhone dan iPad dengan persyaratan iOS 8.0.

Aplikasi Waktu Sholat Indonesia ini full gratis untuk pengguna iPhone tanpa biaya apapun. Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan jika menginstal aplikasi ini adalah kalender sholat, info masjid terdekat, waktu sholat yang akurat, pengingat adzan, penghitung jadwal sholat berikutnya, dan penunjuk kiblat.

KeteranganWaktu Sholat Indonesia
Ditawarkan OlehM-Village
Ukuran78MB (iOS)
InstalNggak diketahui
Perlu Sistem OperasiiOS 8.0 ke atas
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.8/5 (Apple Store)
DownloadApp Store

###

Itu dia 7 aplikasi adzan otomatis, ada yang versi Android, iOS, dan kedua-duanya. Kumpulan aplikasi di atas bisa kamu pilih salah satu berdasarkan ulasan, jumlah download, dan ukuran yang pas untuk HP kamu.

Pakai salah satu dari aplikasi di atas, seharusnya kamu udah nggak perlu khawatir ketinggalan waktu sholat, dan arah kiblat lagi. Yang terpenting adalah kamu mengijinkan akses lokasi dan zona waktu yang diminta oleh masing-masing aplikasi.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment