Kamu tipe orang yang susah untuk mengontrol pengeluaran setiap kali sudah gajian, maka kamu akan perlu aplikasi keuangan di smartphone kamu. Aplikasi tersebut akan lebih mudah untuk diisi informasi terbaru, karena sudah pasti kamu membawanya kemana saja kamu pergi. Tidak peduli smartphone kamu menggunakan sistem Android atau iOS bisa untuk install dan pakai aplikasi manajemen keuangan itu.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk terus mengingat berapa banyak yang sudah dikeluarkan, sehingga kamu bisa rem pengeluaran kamu. Ingat menabung itu penting untuk masa depan dan kamu perlu untuk melakukannya sedini mungkin. Aplikasi manajemen finansial pribadi ini sangat penting untuk bisa mengatur pengeluaran dan beberapa aplikasi itu bisa kamu dapatkan informasinya berikut.

Daftar aplikasi manajemen keuangan di Android dan iOS

Masyarakat Indonesia memang dikenal dengan masyarakat yang boros alias konsumtif. Tentunya, hal tersebut tidak akan baik untuk masa depan pribadi orang yang suka berfoya-foya, karena roda kehidupan terus berputar dan kamu tidak tahu kapan akan perlu untuk mengandalkan tabungan kamu. Beberapa aplikasi keuangan ini bisa membantu kamu untuk bisa terus survive menabung.

1. Aplikasi Money Lover

money-lover-aplikasi-manajemen-keuangan

Aplikasi yang perlu kamu ketahui dapat membantu mengatur keuangan pribadi adalah Level Money dan memungkinkan user untuk menghubungkan rekening bank bila user menginginkan. Level money akan langsung memberikan informasi mengenai berapa banyak nominal penarikan yang sudah kamu lakukan, baik menggunakan atm biasa maupun kartu kredit.

Aplikasi ini sudah teruji keamanannya, sehingga kamu bisa percayakan manajemen informasi akurat dengan menggunakan aplikasi ini. Setiap kali kamu melakukan transaksi akan membuatmu teringat bahwa kamu perlu untuk melakukan rem terhadap pengeluaran untuk bisa menabung. Aplikasi ini cocok dipakai untuk smartphone dengan sistem operasi Android.

2. Aplikasi Pennies

pennies-aplikasi-manajemen-keuangan

Kamu menggunakan smartphone yang mendukung sistem operasi iOS dan perlu untuk mengatur pengeluaran uang setiap hari, maka kamu bisa download dan install aplikasi Pennies. Kompatibilitas dari iOS untuk aplikasi ini adalah iOS 12.0. Kamu juga bisa install di watchOS dengan minimal seri 3.0 sampai yang terbaru.

Aplikasi Pennies untuk mengatur finansial pribadi ini tidak gratis, sehingga kamu harus bayar US$ 3.99 untuk bisa menggunakannya. Rating dari aplikasi ini sudah pasti sangat terpercaya dan berkualitas lebih dari 4. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengatur kategori pengeluaran berdasarkan kategori, seperti hiburan, pakaian, makanan hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

3. Aplikasi Wallet

wallet - aplikasi manajemen keuangan

Kamu sangat menginginkan untuk bisa menabung, tetapi belum bisa dilaksanakan sampai sekarang, maka kamu perlu download dan install aplikasi Wallet di Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan untuk user menghubungkan dengan akun bank secara langsung dan terjamin aman dengan sertifikat eTrust. Bahkan, user yang menggunakan aplikasi ini tidak hanya berasal dari Indonesia saja.

Terhubung dengan 4000 bank yang ada di seluruh dunia, sehingga kamu bisa hemat waktu untuk cek tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan dan hanya perlu pakai kuota internet saja. Aplikasi ini mampu mengingatkan kamu untuk bisa membuat perencanaan masa depan dan mewujudkannya. Bahkan, kamu juga bisa merencanakan untuk menabung tabungan pensiun juga dengan aplikasi ini.

Cara menggunakan aplikasi manajemen keuangan

Kamu sudah mengerti macam-macam dari aplikasi untuk mengatur finansial, maka kamu juga perlu untuk mengetahui cara menggunakannya. Setiap dari aplikasi yang sudah dijelaskan di atas memiliki cara pemakaian yang berbeda-beda. Kamu sudah sangat tidak sabar untuk bisa download dan pakai salah satu aplikasi yang sudah dijelaskan, maka kamu bisa simak berikut ini.

1. Aplikasi Money Lover

Kamu memilih untuk menggunakan aplikasi Money Lover, maka kamu perlu mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan dalam ulasan ini. Proses penggunaan dari aplikasi Money Lover ini juga sangat mudah.

  • Download dan install aplikasi Money Lover dari Google Play
  • Buka aplikasi Money Lover
  • Setiap kali kamu sudah mengeluarkan biaya, maka kamu bisa foto kuitansi dan akan secara otomatis dihitung dan ditotal dalam periode waktu tertentu berapa biaya yang sudah kamu keluarkan.
  • Kamu bisa juga melakukan sinkronisasi dengan beberapa perangkat kamu, seperti tablet dan laptop.

2. Aplikasi Pennies

Apabila kamu lebih memilih untuk pakai aplikasi Pennies, maka kamu perlu untuk download dan install aplikasi ini dahulu di smartphone. Setelah itu, kamu bisa ikuti langkah berikut ini untuk menggunakan aplikasi ini.

  • Buka aplikasi dan daftarkan akun kamu dengan menggunakan FaceID atau cara manual ID dan password.
  • Hubungkan akun Pennies kamu dengan akun bank.
  • Pilih klik ikon “Active” dalam aplikasi tersebut.
  • Kamu sudah akan bisa melakukan transaksi dengan bantuan aplikasi ini dan semua akan dicatat secara seksama.

3. Aplikasi Wallet

Aplikasi terakhir yang dijelaskan dalam artikel ini guna mengatur finansial kamu adalah Wallet. Aplikasi ini sangat mudah cara menggunakannya dan bisa kamu simak berikut ini.

  • Download dan install aplikasi Wallet melalui Google Play.
  • Masuk melalui akun Facebook atau Google.
  • Mulai hubungkan akun rekening bank menggunakan aplikasi Wallet yang dijamin aman ini.
  • Pasang target pencapaian yang diinginkan, seperti membayar hutang, beli mobil, menabung untuk masa depan, dan lain sebagianya.
  • Setiap kali transaksi kamu lakukan, maka akan ada notifikasi masuk ke smartphone kamu.

Manajemen keuangan bagus = Happier Life

hidup bahagia dengan manajemen keuangan yang bagus

Ada banyak sekali manfaat menggunakan aplikasi manajemen keuangan yang sudah dijelaskan. Sudah ada banyak sekali survei yang membuktikan bahwa berdasarkan Bankrate bahwa 21% orang Amerika yang bekerja tidak bisa menabung. Sedangkan di Indonesia sendiri menurut Danafix ada sekitar 7% orang Indonesia susah menabung.

Sedangkan, 35% saja orang Indonesia yang bisa menyisihkan tabungan 20% dari pemasukan yang diperoleh tiap bulan. Penggunaan aplikasi yang sudah dijelaskan bisa membuat kamu paham setiap saat berapa banyak yang sudah dikeluarkan dan berapa banyak yang bisa dihemat. Penggunaan aplikasi juga lebih hemat waktu dan tenaga daripada harus melakukan pembukuan secara manual.

Penggunaan aplikasi ini juga membantu penggunanya untuk meminimalkan resiko terjadi kesalahan pencatatan, karena semua sudah hampir otomatis. Kamu bisa lihat berbagai kategori pengeluaran, sehingga kamu paham akan kebiasaan kamu dalam keluarkan uang tiap satu bulan.

Kurangi aktivitas tidak penting untuk mengelola keuangan kamu

Kamu saat mahasiswa yang sudah terbiasa dimanja dengan orangtua untuk uang saku biasanya akan mengalami kesulitan pada saat harus kelola penghasilan sendiri dan orangtua sudah tidak lagi mau berikan uang saku. Memakai aplikasi pengatur keuangan akan bisa membuat kamu paham pada sisi bagian mana kamu cenderung boros.

Misalkan saja, kamu punya kebiasaan nongkrong dengan teman-teman untuk mencari hiburan menonton bioskop, maka kamu akan bisa mengetahuinya dari aplikasi yang kamu pakai. Hal ini bisa membuat kamu membatasi diri, agar lain kali mengurangi frekuensi dari nonton bioskop untuk bisa menabung.

Sekarang kamu sudah mengerti bukan bahwa mengatur finansial pribadi saat ini lebih mudah, terutama saat memakai aplikasi keuangan. Informasi ini bisa juga kamu sebarkan kepada teman atau keluarga yang juga memiliki permasalahan finansial yang sama.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment