Banyak orang yang masih bertanya-tanya mengenai pengertian dan dimana mendapatkan panduan SEO, serta apa saja yang bisa dilakukannya sampai-sampai ada kompetisi di kalangan para penggiat bisnis online.

Bagi banyak pebisnis yang biasa memasarkan produknya dengan cara online, SEO telah dianggap menjadi investasi jangka panjang yang memiliki biaya lebih murah dibandingkan teknik pemasaran lainnya, terutama bagi mereka yang sudah memiliki website.

Oleh sebab itulah, SEO sering juga disebut dengan optimasi website (meskipun sebenarnya optimasi website dan SEO itu sama sekali berbeda).

Melalui SEO, mereka bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak untuk masuk ke dalam website, melihat produk, membaca konten artikel, hingga pada akhirnya menjadi pembeli.

Tentu tidak semua pebisnis suka dengan cara ini.

Karena, dampak dari SEO akan sangat terasa (rata-rata) setelah 3 bulan kamu melakukan berbagai upaya optimasi website. Kemudian, jika ada salah-salah dalam penerapan SEO, bisa jadi website kamu justru hilang dari search engine.

Adapula yang sebaliknya, dampak SEO bisa langsung dirasakan meskipun baru sekitar 1 minggu melakukan optimasi.

Ada beberapa contoh yang bisa kamu lihat bersama-sama dampak dari SEO yang berikut ini.

Versi pertama ini yang butuh waktu sekitar 4 bulan.

Efek-SEO

Sedangkan, versi kedua hanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan.

Efek-SEO-Cepat

Tunggu dulu…

Pasti kamu sempat terlintas pikiran kenapa yang ditunjukkan adalah jumlah traffic yang masuk – bukan ranking keyword di halaman search engine menggunakan Google Search Console.

Jawabannya akan kamu temukan di bab lainnya.

Singkatnya, untuk apa kita berada di halaman 1 Google tapi sebenarnya tidak ada yang ingin mencari kata kunci tersebut dan tidak ada yang ingin mengunjungi website kamu?

SEO sangat aneh, kan?

Jangan khawatir!

Disini ada panduan gratis untuk kamu yang ingin belajar SEO dari awal yang benar-benar bisa diterapkan di website dengan minim kesalahan dan maksimal benefit.

Silahkan untuk memulai dari bab yang kamu butuhkan. Atau pelajari dari awal agar lebih paham.

  • Bab 1 – Apa itu SEO? (coming soon)
  • Bab 2 – Persiapan untuk Belajar SEO (coming soon)
  • Bab 3 – Riset Kata Kunci (coming soon)
  • Bab 4 – On-Page SEO (coming soon)
  • Bab 5 – Off-Page SEO (coming soon)
  • Bab 6 – Menulis Artikel SEO Friendly (coming soon)
  • Bab 7 – Mendapatkan Backlink Berkualitas (coming soon)
  • Bab 8 – Membuat Laporan Hasil Kerja SEO (coming soon)
  • Bab 9 – Update Algoritma Google Terbaru (coming soon)

Kenapa harus belajar SEO?

Ratusan juta orang di dunia menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi di internet melalui search engine, baik berupa informasi edukasi, produk, perbandingan, harga, hingga keabsahan sebuah produk.

Setidaknya ada puluhan juta orang yang bisa kita jadikan sebagai pelanggan pada produk yang kita jual melalui cara “jadilah yang nomor 1 di search engine, sajikan konten terbaik, dan arahkan mereka menjadi pembeli kita”.

Menang-di-Halaman-1-Google

Seperti yang iprice lakukan.

Angka ini akan terus bertambah seiring bertambahnya orang yang mulai menggunakan internet.

SEO sudah hadir sekitar 28 tahun yang lalu (bahkan, sebelum Google muncul) sebagai pendongkrak popularitas search engine di dunia internet. Meskipun belum seramai sekarang, nyatanya SEO pada jaman tersebut sudah bisa sebagai salah satu teknik pemasaran bisnis yang cukup ampuh.

Pasalnya, orang yang sudah mulai melek internet, mulai mencari informasi produk yang mereka inginkan melalui search engine dengan bantuan “keyword”.

Namun, seiring berjalannya waktu, dan semakin pintarnya search engine yang dibuat oleh perusahaan seperti Google dan Yahoo!, informasi yang tampil pada halaman pertama search engine semakin dikualifikasi secara ketat supaya mereka mampu menampilkan informasi yang paling relevan untuk usernya.

Pegiat SEO sering sebut hal ini dengan istilah algoritma search engine. Algoritma search engine yang masih saja ngga bisa digunakan sebagai pedoman terbaik.

Penting ngga penting kenapa SEO bisa muncul.

Bagaimana dengan kondisi sekarang? Apakah pentingnya SEO meningkat? Atau justru turun drastis? Kenapa saya sampai bikin panduan lengkap belajar SEO?

Internetlivestats.com mencatat di dalam software buatannya, pada tanggal 12 Agustus 2019, pukul 8 malam, ada sekitar 5 milliar orang mencari informasi di search engine buatan Google.

Sedangkan, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah mencatat pada tahun 2017 ada sekitar 143,26 juta o3rang menggunakan internet dari total populasi 262 juta orang di Indonesia.

Dari total pengguna internet tersebut, mereka memanfaatkannya di bidang ekonomi sebagai cara terpopuler mencari harga suatu produk, yaitu sekitar 45,14%. Sisanya, memanfaatkannya untuk membantu pekerjaan, informasi membeli, beli online, cari kerja, transaksi perbankan, dan jual online.

Pemanfaat-Internet-di-Bidang-Ekonomi

Trus, apa hubungannya?

Setelah memahami statistik tersebut lebih dalam, bisa disimpulkan bahwa pengguna internet di Indonesia sangat berpotensi membeli barang secara online, dan melakukan pemesanan sebuah layanan secara online.

Dengan data tersebut, kamu masih ragu untuk belajar SEO?

Kapan saya harus belajar SEO?

Kamu punya website? Punya! Maka, belajarlah dari sekarang!!! Tapi…..

…kalau website yang kamu bangun itu akan dijadikan sebagai sumber penghasilan untuk mencari uang, atau popularitas.

Siapa saja yang cenderung memiliki website untuk mencari uang dan popularitas (serta butuh belajar SEO)?

  1. Pemilik toko online
  2. Wirausaha / pemilik bisnis
  3. Marketer
  4. Agency
  5. Penjual produk dan jasa secara online
  6. Blogger profesional
  7. Website developer

Kamu salah satu dari mereka? Berarti kamu salah satu dari orang yang harus mulai belajar SEO dari sekarang melalui panduan SEO ini.

Saya bisa katakan seperti itu karena saya akan menjamin bahwa dengan belajar SEO (minimal dasar-dasarnya), kamu akan lebih tahu bagaimana cara untuk memikat calon pelanggan lebih banyak dan memenangkan kompetisi pasar.

Memenangkan kompetisi pasar melalui kata kunci yang sudah dioptimasi menggunakan teknik On-Page SEO dan Off-Page SEO di website yang sangat SEO & Human Friendly.

Baiklah, jika kamu sudah ngga sabar untuk melanjutkan panduan SEO yang lebih lengkap. Silahkan, download versi PDF (coming soon) atau baca masing-masing bab secara online.

  • Bab 1 – Apa itu SEO? (coming soon)
  • Bab 2 – Persiapan untuk Belajar SEO (coming soon)
  • Bab 3 – Riset Kata Kunci (coming soon)
  • Bab 4 – On-Page SEO (coming soon)
  • Bab 5 – Off-Page SEO (coming soon)
  • Bab 6 – Menulis Artikel SEO Friendly (coming soon)
  • Bab 7 – Mendapatkan Backlink Berkualitas (coming soon)
  • Bab 8 – Membuat Laporan Hasil Kerja SEO (coming soon)
  • Bab 9 – Update Algoritma Google Terbaru (coming soon)

Artikel ini pertama kali tayang di blog Rendy Andriyanto

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment