Kunci sukses dari sebuah usaha rumahan dan bisnis online adalah memasarkan produk dengan strategi digital marketing yang dibuat dengan benar.

Strategi yang didapatkan dari buku digital marketing yang kaya akan ilmu, mampu menceritakan kisah yang menarik, menjangkau pelanggan yang tepat dan sukses melibatkan audiens ke dalam setiap cerita. Oleh sebab itulah, seorang product manager dan digital marketer perlu bekerja sama dengan erat.

Dari mana saja sumber bahan bacaan tersebut dibaca? Mari simak lebih lanjut artikel berikut ini.

7 Buku Digital Marketing Terbaik Saat Ini

Dalam melakukan riset artikel ini, saya menemukan sedikit buku digital marketing yang membahas topik-topik menarik. Buku yang berkaitan dengan tren terkini, mengingat bidang ilmu ini selalu berkembang dengan cepat.

Berikut ini adalah buku tentang digital marketing terbaik yang pernah saya temukan dan masih bisa kamu temukan di toko-toko buku terdekat maupun toko buku online.

1. Digital Marketing 4.0

buku digital marketing 4.0

Pertama-tama, buku dengan judul Digital Marketing 4.0 yang ditulis oleh Philip Kotler bersama dua rekan asal Indonesia, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. Dua orang yang sudah terkenal menjadi pakar digital marketing terbaik dari Indonesia.

Buku ini akan membahas tentang bagaimana perkembangan dunia digital marketing dari 1.0 ke 4.0 sesuai dengan tagline-nya “Moving from Traditional to Digital”.

Di dalamnya akan dibahas mengenai funneling digital marketing secara lengkap, mulai dari aware sampai ke advocate, yaitu dari orang mengenal sampai menjadi pelanggan loyal.

Tidak lepas dari itu, akan ada pembahasan yang lengkap tentang bagaimana pemasaran digital berubah diselipkan mengenai produk ke depannya.

Hampir tidak ada digital marketer yang tidak menyarankan buku ini untuk dibaca oleh siapapun yang baru mulai belajar digital marketing.

Informasi buku:

  • Judul: Digital Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital
  • Penulis: Philip Kotler, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan
  • Terbit: 17 November 2016 (versi orisinal bahasa Inggris)
  • Jumlah halaman: 208 halaman

2. Digital Marketing for Dummies

buku digital marketing for dummies

Rekomendasi kedua adalah buku dengan judul Digital Marketing for Dummies yang ditulis oleh Russ Henneberry dan Ryan Deiss tahun 2016.

Buku ini berisi lebih dari 300 halaman yang menjelaskan tentang customer journey, marketing planning, cara membuat website atau landing pages yang menarik, blogging atau content marketing, apa itu SEO (Search Engine Optimisation), SEM (Search Engine Marketing), social media, paid ads, email marketing dan data analytics.

Pembahasan yang sangat lengkap untuk satu buku bacaan. Di pertengahan bacaan, kamu akan menemukan pembahasan tentang bagaimana setiap kampanye pemasaran dijalankan memiliki resiko gagal yang sangat minim.

Informasi buku:

  • Judul: Digital Marketing for Dummies
  • Penulis: Ryan Deiss dan Russ Henneberry
  • Terbit: 27 Desember 2016
  • Jumlah halaman: 368 halaman

3. Contagious

buku digital marketing Contagious

Apa sih yang membuat suatu produk menjadi viral, populer dan dikenal banyak masyarakat? Jika kamu mengatakan hal tersebut hanya karena iklan yang masif, coba pikirkan ulang.

Dalam riset yang dilakukan oleh HubSpot, ada sekitar 64% dari 731 sampel orang menganggap iklan di digital sangat mengganggu dan lebih memilih untuk memblokirnya menggunakan berbagai antivirus terbaik di laptop.

Faktanya, lebih banyak orang yang acuh terhadap iklan, dan lebih memilih untuk mendengarkan rekomendasi dari teman terdekatnya.

Di dalam buku Contagious, kamu akan belajar bagaimana teknik spesifik yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa melalui konten dan informasi yang lebih mudah mempengaruhi audiens dan menjadi viral di sosial media.

Informasi buku:

  • Judul: Contagious: Why Things Catch On
  • Penulis: Jonah Berger
  • Terbit: 5 Maret 2013
  • Jumlah halaman: 256 halaman

4. Hacking Growth

buku digital marketing Hacking Growth

Hacking Growth adalah buku digital marketing yang ditulis langsung oleh pelopor growth hacking, sebuah metodologi terbaik untuk mengembangkan bisnis termasuk di dunia, khususnya Silicon Valley pada waktu itu. Dua orang tersebut adalah Sean Ellis dan Morgan Brown.

Sean Ellis merupakan orang yang telah membangun pertumbuhan beberapa startup sukses di dunia dari nol hingga IPO, seperti LogMein dan Uproar. Sedangkan, Morgan Brown adalah growth product manager dari Facebook yang membantu pemasaran FB lebih dari 15 tahun, tentu dengan berbagai terobosan menarik yang membuat FB sangat terkenal di dunia.

Buku Hacking Growth berfokus pada interaksi dari pelanggan, mulai dari cara menjangkau mereka, mempertahankan, melibatkan hingga menghasilkan uang dari mereka.

Informasi buku:

  • Judul: Hacking Growth: How Today’s Fastest-Growing Companies Drive Breakout Success
  • Penulis: Sean Ellis dan Morgan Brown
  • Terbit: 18 April 2017
  • Jumlah halaman: 344 halaman

5. The Age of Influence

buku digital marketing The Age of Influence

Produk dan pemasaran digital yang sukses adalah yang melibatkan percakapan audiens dan mampu membentuk influencer yang akan muncul di sosial media sebagai orang yang merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain tanpa tuntutan.

Hal ini terjadi karena sosial media telah bertransformasi menjadi channel yang punya otoritas dan pengaruh besar terhadap daya tarik dan konsumsi produk/jasa orang lain. Apalagi, ketika seseorang yang menggunakan produk/jasa yang kamu jual adalah orang yang punya banyak pengikut/followers.

Fenomena ini telah diriset dan ditulis oleh Neal Schaffer dalam buku tentang digital marketing berjudul The Age of Influence pada tahun 2020 lalu.

Nampaknya, buku ini telah menjadi panduan komprehensif bagi kamu yang ingin mengembangkan usaha dan memasarkan produk melalui strategi influencer yang efektif dan berkelanjutan.

Informasi buku:

  • Judul: The Age of Influence: The Power of Influencers to Elevate Your Brand
  • Penulis: Neal Schaffer
  • Terbit: 17 Maret 2020
  • Jumlah halaman: 288 halaman

6. Ogilvy In Advertising

buku digital marketing Ogilvy In Advertising

Ogilvy In Advertising adalah buku tentang periklanan yang diterbitkan oleh Ogilvy, sebuah agensi terkenal di dunia.

Buku ini mencakup segala hal tentan periklanan, mulai dari cara mendapatkan pekerjaan di bidang periklanan, menjalankan biro iklan, hingga beriklan di pasar luar negeri dan apa yang akan terjadi di masa depan dalam periklanan.

Setiap bab, kamu akan menemukan poin-poin penting yang realistis untuk diterapkan dan punya pengaruh besar dalam setiap action yang akan kamu lakukan.

Informasi buku:

  • Judul: Ogilvy on Advertising
  • Penulis: David Ogilvy
  • Terbit: 12 Maret 1985
  • Jumlah halaman: 224 halaman

7. Everybody Writes

buku digital marketing Everybody Writes

Setiap orang sebenarnya adalah penulis. Ketika kamu memiliki blog, maka kamu adalah blogger. Ketika kamu memiliki website, maka kamu adalah penerbit. Ketika kamu punya konten di sosial media, maka kamu adalah copywriter. Begitu juga seterusnya.

Hal ini membuktikan bahwa setiap komunikasi marketing di dunia serba digital ini, content marketing menjadi konten yang paling sering digunakan.

Ann Hadley, seorang penulis, digital marketer dan juga penulis terlaris di Wall Street Journal telah menginspirasi dan memberikan kita ide mengenai ilmu digital marketing, khususnya content, melalui buku Everybody Writes yang diterbitkan tahun 2014.

Di dalamnya, kamu akan menemukan inspirasi menarik tentang bagaimana menulis dapat menjadi seni yang dapat menarik perhatian pelanggan dan akhirnya loyal kepada kamu.

Informasi buku:

  • Judul: Everybody Writes: Your Go-To Guide to Creating Ridiculously Good Content
  • Penulis: Ann Hadley
  • Terbit: 15 September 2014
  • Jumlah halaman: 320 halaman

Buku adalah Jendela Dunia

Mana saja buku yang ingin kamu baca saat ini? Semuanya menarik untuk dibaca, bukan? Mulailah dari buku yang sekiranya bisa menyediakan informasi mengenai ilmu yang ingin kamu ketahui.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment