Bahasa Inggris adalah bahasa universal. Bahasa yang bisa digunakan di semua negara. Oleh karenanya, penting untuk menguasainya agar kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang asing yang bukan berasal dari Indonesia.

Bahkan, menurut saya bahasa Inggris bukan hanya sekedar menjadi alat bantu kita berkomunikasi dengan orang asing atau bule. Bahasa Inggris sudah menjadi seperti bahasa yang perlu dikuasai oleh siapapun di era digital yang perkembangannya sangat cepat.

Lihat gawai yang sekarang kita gunakan, cari tahu sumber informasi terpercaya dan akurat, baca dokumentasi & petunjuk dalam mengerjakan sesuatu. Hampir semuanya didasari dengan bahasa Inggris.

Saya, sebagai orang yang bekerja di bidang digital, ada peluang untuk bertemu dengan orang bule, dan selalu membaca sumber berita, artikel dan karya ilmiah sekarang menjadi perlu kerja keras untuk belajar bahasa yang satu ini.

Kurang lebih 3 tahun saya mempelajarinya. Meski belum terlalu fasih, setidaknya saya bisa diajak untuk ngobrol pakai bahasa Inggris tanpa harus miki lebih dari 5 detik untuk mencoba memahami apa yang lawan bicara saya katakan dan mengolah kalimat jawaban yang tepat.

Berikut ini rangkuman pengalaman saya selama 3 tahun menjadi daftar cara belajar bahasa Inggris otodidak:

1. Selalu Praktik Langsung dengan Orang Lain

Satu hal penting yang wajib diingat setiap hari ketika siapapun orangnya ingin tahu bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah “rutin mempraktikannya sehari-hari dengan lawan bicara“. Menurut saya, tips ini merupakan prioritas utama yang wajib dilakukan sehari-hari.

cara belajar bahasa inggris dengan mempraktikannya

Kenapa harus dilakukan setiap hari?

  • Dalam belajar bahasa apapun, praktik adalah nomor satu.
  • Teori mengenai grammar, sentence ataupun yang lainnya berada di urutan nomor kesekian. Bahkan, lebih efektif dipelajari saat praktik.
  • Kompetensi yang tidak diasah setiap hari akan cepat hilang/lupa.
  • Berupaya untuk percaya diri. Karena, tidak sedikit juga permasalahan orang ketika belajar bahasa Inggris adalah kurangnya rasa percaya diri.

4 poin itulah yang saya dapatkan ketika ingin belajar. Bahkan, saya rasa manfaat dan metode dari tips nomor 1 ini tidak bisa didapatkan dari aplikasi belajar bahasa Inggris manapun.

2. Membiasakan Pakai Pengaturan Bahasa Inggris di Semua Gadget

Sebenarnya, sub judul pada tips kedua ini lebih tepat jika menggunakan “membiasakan pakai bahasa Inggris pada setiap hal yang ditemui”. Kebetulan, gadget merupakan sesuatu yang sering saya temui, baca, dan lihat setiap hari. Jadi, saya atur semua gadget, mulai dari laptop, HP, dan TV dengan menggunakan pengaturan bahasa Inggris.

cara belajar bahasa inggris otodidak dengan mengatur semua gadget

Ada cukup banyak kosa kata baru yang saya temui ketika bermain dengan gadget saya, entah itu ketika membuka menu pengaturan, bermain di sosial media, atau pada saat menggunakan beberapa aplikasi yang digunakan untuk bekerja.

Paling umum, saya temukan beberapa kosa kata dari aplikasi Google Chrome. Karena, Google Chrome itu sendiri merupakan aplikasi yang harus ada di laptop saya untuk berselancar di internet dan membuka berbagai sumber informasi mengenai digital marketing di internet, yang tentunya berbahasa Inggris.

3. Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Subtitle

cara belajar bahasa inggris tercepat dengan nonton film tanpa subtitle

Menonton film adalah cara paling efektif untuk belajar bahasa asing. Banyak teman-teman di luar sana yang juga merekomendasikan tips ini. Tapi, menurut saya menonton film tidak akan menjadi cara paling efektif jika kamu masih menggunakan subtitle.

Kalau mau belajar ya belajar saja. Jangan tanggung dan setengah-tengah belajarnya. Subtitle justru akan membuat otak saya sendiri bingung mengolah setiap kata dan kalimat. Karena, pada saat yang sama saya harus mengolah subtitle yang sedang dibaca sekaligus mengolah tentang bagaimana pefalafannya (pronunciation).

Film apa yang paling efektif? Menurut saya, semua film yang sudah pernah kita tonton itu merupakan film yang paling efektif. Kenapa? Karena, fokus saya selama menonton film tersebut akan terfokus dengan niat saya untuk belajar bahasa, dan bukan untuk mempelajari alur ceritanya yang menarik.

4. Dengarkan Podcast Berbahasa Inggris

Poin utama dalam langkah yang ke-4 kurang lebih sama dengan nomor 3. Hanya saja, mendengarkan podcast berbahasa Inggris jauh lebih susah dibandingkan dengan menonton film, tentu karena tanpa adanya visual di dalam podcast.

Jangan khawatir meskipun podcast lebih sulit dibandingkan menonton film. Karena, hasilnya pun akan jauh berbeda, podcast akan membuat kamu jauh lebih cepat belajar berbahasa Inggris dibanginkan sebuah film.

5. Jangan Terlalu Mengandalkan Aplikasi Penerjemah

Adanya sebuah aplikasi di smartphone memang tujuannya untuk memudahkan seseorang dalam melakukan segala macam aktivitas. Tapi, bukan berarti semua aplikasi harus digunakan dalam berbagai kompetensi.

Contohnya saja Google Translate. Ini adalah aplikasi penerjemah yang fungsinya sangat bagus, tapi tujuan pemakaiannya akan menjadi buruk bila setiap kali kamu mendengar atau membaca kosa kata baru selalu dicari artinya lewat Google Translate.

Usahakan untuk selalu bertanya, “Excuse me. What is {word/sentence}” atau “Excuse me. What is the meaning of {word/sentence}“.

cara belajar bahasa inggris dengan bertanya

Atau gunakan saja Google Search untuk mencari makna dari kata dan kalimat yang baru pernah kamu temukan, seperti “What the meaning of {word/sentence}“.

cara belajar bahasa inggris dengan mencari tahu jawabannya

Kedua pertanyaan di atas jauh lebih mengasah kemampuan kamu daripada harus mengandalkan aplikasi penerjemah bahasa Inggris.

###

5 cara belajar bahasa Inggris otodidak di ataslah yang selalu saya gunakan sehari-hari sampai saat ini. Saya rasa langkah-langkah di atas terbukti efektif setidaknya untuk diri saya sendiri. Hasil masing-masing orang bisa berbeda sesuai dengan kedisiplinan dan kemampuannya.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment