Kamu baru saja beli iPhone dan ingin mengetahui legalitas imei-nya agar aman digunakan untuk jangka panjang di Indonesia? Tepat sekali apa yang akan kamu lakukan, karena imei ini memang bisa mempengaruhi legalitas iPhone kamu.

Cara cek imei iPhone sangat mudah kamu lakukan hanya dengan melalui bantuan tombol dan koneksi internet untuk melakukan pengecekan secara langsung di website pemerintah Indonesia. Seperti yang sudah saya lakukan pada gambar di bawah ini.

cara cek imei iphone asli

Hasil di atas bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cari tahu kode IMEI iPhone terlebih dahulu

Sebelum kamu melakukan pengecekan di website, apakah sekarang kamu sudah hafal dengan kode imei yang tercantum atau terdaftarkan ke dalam iPhone milikmu sekarang ini?

Saya rasa hampir nggak ada orang yang bisa menghafalnya. Selain hanya digunakan satu kali seumur hidup, kode imei terdiri dari 15 digit angka yang sudah barang tentu sulit untuk dihafal.

Untuk itulah, kamu harus mengetahuinya terlebih dahulu melalui kombinasi angka berikut ini untuk mengetahui nomor atau kode imei iPhone-nya:

  1. Masuklah ke dalam aplikasi “Dial” atau “Phone” yang biasanya berfungsi untuk menelpon atau melihat kontak.
  2. Masukkan kombinasi angka dan simbol berikut: “*#06#” (tanpa tanda petik).
  3. Setelah itu, iPhone akan secara otomatis menampilkan 15 digit angka iPhone milikmu.

Jika kombinasi angka tersebut nggak bisa berjalan di iPhone milikmu, silahkan masuk ke dalam menu “Settings > General > About”, gulir ke bawah hingga kamu menemukan kode imei-nya.

Cek IMEI iPhone terdaftar resmi atau nggak

Setelah kamu mengetahui kode imei tersebut, salinlah ke dalam kertas atau gunakan tombol copy, kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Hubungkan iPhone milikmu ke koneksi internet.
  2. Buka situs Kementerian Perindustrian melalui alamat https://imei.kemenperin.go.id/.
  3. Masukkan kembali kode imei tersebut ke dalam kolom yang tersedia pada website tersebut.
  4. Klik tombol pencarian.
  5. Setelah itu, website Kemenperin akan secara otomatis mengambil informasi dan menampilkannya kepadamu untuk memberitahukan apakah imei tersebut terdaftar atau nggak.

Mudah, kan?

Memang semudah itu melakukan pengecekan legalitas imei di pemerintahan Indonesia. Hal yang harus kamu lakukan berikutnya adalah memastikan apakah iPhone kamu bisa mendapatkan jaringan seluler dari provider Indonesia.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan memasukkan kartu SIM ke dalam iPhone milikmu, dan tunggulah beberapa detik untuk mendapatkan sinyal / jaringan seluler.

iPhone milikmu benar-benar terdaftar jika bisa mendapatkan sinyal tersebut.

Apa sih fungsi IMEI?

Melakukan pengecekan imei memang mudah. Tapi, apakah kamu sudah tahu fungsi dari imei tersebut?

IMEI kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Untuk term smartphone, IMEI adalah kode produksi dari sebuah smartphone.

Setidaknya, ada 2 fungsi kenapa imei adalah kode penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli iPhone.

1. Memastikan kamu mendapatkan jaringan seluler dari provider di Indonesia

Kamu tinggal di Indonesia, kan?

Sudah tentu, iPhone kamu harus bisa mendapatkan sinyal atau jaringan seluler dari provider yang ada di Indonesia, seperti Telkomsel, Indosat, 3, XL ataupun yang lainnya.

Tanpa adanya imei resmi dan asli di dalam iPhone milikmu, kamu nggak akan bisa menggunakannya di Indonesia.

Oleh sebab itulah, jika kamu memang membeli iPhone untuk dipakai di negara Indonesia, pastikan kamu membeli iPhone asli dan memiliki imei yang terdaftar secara resmi.

2. Bantuan pelacakan yang lebih mudah ketika iPhone milikmu hilang

Siapa sangka, ternyata kode imei di dalam iPhone juga berfungsi sebagai alat bantu pelacakan jika terjadi sesuatu yang nggak kamu inginkan, misalnya hilang ataupun dicuri.

Karena, kode imei tersebut bisa kamu laporkan ke provider yang kamu gunakan untuk mempermudah pelacakan iPhone dan mematikan seluruh fungsi agar pencuri atau orang yang menemukannya nggak bisa menggunakan iPhone-mu sama sekali.

“iPhone kan punya fitur “Find My”. Kenapa butuh imei?,”

Memang betul iPhone punya fitur Find My, tapi setidaknya kode imei tersebut bisa mempercepat proses pelacakan sehingga kamu bisa sembari mengunci iPhone melalui aplikasi ini, kamu bisa melaporkannya ke pihak berwajib di negara Indonesia.

Ada cara cek imei iPhone lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment