Sebagai seorang mahasiswa dan juga penulis, membuat artikel serta skripsi haruslah terhindar dari plagiat yang terlalu besar dari sumber lain.

Seperti yang mahasiswa pada umumnya lakukan, maksimal skor plagiat membuat skripsi adalah 30%. Angka ini sudah menjadi standar yang digunakan oleh DIKTI.

1. Cara cek plagiat

Di dalam artikel ini, kamu bisa menemukan 3 aplikasi online yang bisa digunakan sebagai cara cek plagiat paling efektif sesuai dengan tulisan yang kamu buat.

1.1. Copyscape

Copyscape adalah aplikasi online yang bisa digunakan untuk cek skor plagiat artikel kamu dengan mudah.

Hanya dengan cara menaruh link artikel yang sudah dipublikasikan, secara otomatis Copyscape akan mencari dari berbagai sumber yang ada di internet.

copyscape aplikasi cek plagiat

Hingga muncul hasil akhir bahwa ada sekian banyak artikel di internet yang memiliki kalimat yang sama dengan artikel kamu. Itulah yang dianggap dengan plagiat oleh Copyscape.

hasil copyscape untuk cek plagiat

Sayangnya, Copyscape nggak bisa digunakan untuk artikel yang belum pernah dipublikasikan di internet, serta memiliki batas jumlah seberapa banyak kamu bisa cek plagiat dalam satu hari.

Untuk hasil yang lebih banyak dan bagus, kamu bisa menggunakan Copyscape versi premium dengan harga 3 cent per 200 kata, atau 4.95 dollar per bulan.

1.2. Small SEO Tools

Bagi para praktisi SEO Content dan Writer, Small SEO Tools adalah aplikasi cek plagiat yang sangat populer karena keakuratannya.

Setiap pekerjaan yang mereka lakukan, harus lolos plagiat menggunakan aplikasi ini.

Nggak hanya cek ketika artikel yang sudah tayang di internet, aplikasi cek plagiat online Small SEO Tools ini pun bisa kamu gunakan untuk dokumen yang belum dipublikasikan ke internet.

Di dalamnya, kamu bisa melihat fitur Copy and paste text, Upload a document , Choose from Dropbox/Google Drive, via Webpage URL, dan Exclude a Spesific URL.

cek plagiarisme dengan small seo tools

Sayangnya, untuk versi biasa ini, Small SEO Tools hanya bantu kamu cara cek plagiat artikel untuk maksimal 1.000 jumlah kata.

Belum bisa membantu banyak bagi yang ingin cek plagiat skripsi dan makalah -karena sudah pasti lebih dari 1.000 kata-.

Fitur lain yang ada di Small SEO Tools selain cek plagiat adalah cek grammar. Jadi, buat kamu yang lagi cek plagiat untuk artikel berbahasa Inggris, kamu bisa cek sekalian grammar di dalamnya.

1.3. Plagiarism Detector

Cara cek yang ketiga, bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi Plagiarism Detector.

Aplikasi yang dikembangkan secara premium untuk organisasi, dan kampus dalam mendeteksi seberapa besar persentase plagiat suatu makalah, artikel maupun skripsi.

Seperti yang saya lakukan pada skripsi saya pada waktu kuliah, hasil analisa Plagiarism Detector menunjukkan angka pada gambar di bawah ini.

hasil cek plagiat skripsi

Angka tersebut menunjukkan bahwa skripsi yang saya tulis, 97% asli tulisan saya sendiri tanpa copy-paste dari web/buku orang lain.

Gulir sampai ke bawah, kamu bisa menemukan bagian merah sebagai kalimat yang terdeteksi plagiat dari web, jurnal, makalah atau skripsi orang lain.

hasil plagiat dari plagiarism detector

Informasi tersebut dilengkap dengan dimana bagian kalimat tersebut berada. Gunakanlah informasi tersebut agar skripsi, makalah, dan artikel nggak terdeteksi plagiat.

2. Tips skripsi, makalah dan artikel terhindar plagiat

Seberapa besar persentase plagiat di skripsi kamu bisa mempengaruhi apakah kamu akan lolos atau enggak.

Tips di bawah ini sudah saya buktikan di skripsi saya yang akhirnya hanya menghasilkan 3% plagiat saja.

Mari baca lebih lanjut apa saja cara agar skripsi nggak plagiat.

2.1. Jangan copy-paste

Simpel? Tunggu dulu!

Kesalahan dari kebanyakan mahasiswa ketika mengerjakan skripsi adalah artikelnya copy-paste langsung dari website orang lain tanpa mengeditnya sama sekali.

Yang nggak mereka sadari adalah, merubahnya satu atau dua kalimat saja, akan membuat persentase plagiat skripsi kamu menurun.

Bila memang kalimat tersebut nggak bisa diubah karena suatu hal, maka gunakanlah kalimat aktif yang menyebutkan bahwa penulis di dalam jurnal, atau berita tersebut mengatakan apa yang ingin kamu kutip.

Berikut contoh penyalinan kalimat aktif seperti yang saya sebutkan.

Seperti yang disebutkan oleh Prof. A pada rapat Jurnal A, “Untuk pemulihan ekonomi nasional, terutama pada bidang kesehatan, kita harus menganggarkan uang sekitar Rp75 trilliun,”.

Dijamin, kalimat di atas nggak akan dianggap plagiat lagi.

2.2. Gunakan Notepad atau Wordcounter.net

Banyak dari mahasiswa pejuang skripsi yang menyalin sumber berasal dari internet, dan website jurnal. Tapi, mereka nggak tahu sebenarnya ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu agar nggak terdeteksi plagiat.

Misalnya, ketika kamu copy teks dari website A, dan paste langsung ke Word. Ternyata, pada saat ditempelkan ke dalam Ms. Word, ada bagian source code yang terbawa, seperti background, warna font, dan yang lainnya.

Oleh sebab itu, gunakalah Notepad atau Wordcounter.net untuk dijadikan sebagai tempat menghapus source tersebut.

Sehingga, alur copy-paste kamu akan menjadi “copy dari web A > paste ke Notepad/Wordcounter > copy dari Notepad/Wordcounter > paste ke Ms. Word”.

Dengan cara di atas, kamu bisa menghapus source code yang berasal dari website A.

2.3. Gunakan daftar pustaka atau catatan kaki

Langkah terakhir yang paling mudah agar terhindar dari plagiat adalah selalu masukkan sumber asli tulisan yang kamu ambil ke dalam daftar pustaka atau catatan kaki.

Cara ini sangat direkomendasikan, entah seberapa banyak kalimat yang kamu ambil. Karena, dengan daftar pustaka dan catatan kaki, kamu 90% terhindar plagiat.

2.4. Gunakan artikel spinner

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan tanpa harus mikir panjang adalah menggunakan artikel spinner.

Tips ini nggak saya rekomendasikan sama sekali. Karena, 3 cara di atas sudah terbukti oleh saya.

Berikut beberapa aplikasi artikel spinner tersebut:

Menggunakan artikel spinner, kamu bisa memasukkan sumber lebih dari 1 untuk ditulis ulang oleh robot dengan seefisien mungkin.

Namanya robot, pasti akan ada salah-salah sedikit pada hasilnya. Jadi, harap periksa ulang selesai kamu spinner artikel kamu.

Untuk hasil yang maksimal, masing-masing aplikasi artikel spinner di atas menawarkan versi pro (berbayar). Silahkan beli kalau kamu tertarik.

###

Itu dia 3 cara cek plagiat dilengkapi dengan langkah-langkah yang harus kamu lakukan agar skripsi dan artikel kamu nggak dianggap plagiat.

Ada cara cek plagiat lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment