Scribd merupakan salah satu situs web dan aplikasi mobile yang digunakan untuk saling berbagi tulisan atau karya, seperti dokumen, buku, suara, maupun majalah yang sudah diluncurkan sejak Mare 2007 lalu. Tidak terbatas apa saja yang bisa kamu temukan di dalamnya. Yang sering kita tahu, Scribd merupakan salah satu sumber terpercaya bagi para pelajar dan mahasiswa. Sumber terpercaya untuk dijadikan sebagai daftar pustaka skripsi atau makalah.

Semenjak 2013 lalu, akhirnya Scribd mengumumkan bahwa platform mereka dijadikan sebagai platform berbayar berkala apabila pengguna mereka ingin mengakses dokumen di sana secara penuh. Tapi, tahukah kamu bahwa sampai sekarang ini seluruh dokumen yang disimpan di Scribd masih bisa kamu download secara gratis tanpa login? Berikut ini cara download Scribd-nya.

Cara download Scribd di laptop

Dalam kesempatan ini, saya ingin membagikan tutorial download Scribd secara gratis tanpa login terlebih dahulu, apalagi berbayar.

1. Pertama, temukan terlebih dahulu dokumen di dalam Scribd yang ingin kamu baca. Usahakan untuk menggunakan versi web ya. Jadi, tidak bisa menggunakan versi mobile.

2. Kemudian, salin semua link URL dari dokumen tersebut yang berada di tab URL browser kamu seperti gambar di bawah ini.

pilih dokumen di Scribd

3. Jika sudah, masuklah ke dalam situs Scribd Download disini: https://docdownloader.com/. Masukkan link URL yang tadi kamu copy ke dalam kolom URL yang tersedia seperti gambar di bawah ini.

get link di Scribd

4. Tekan tombol “Get Link”, dan verifikasi bahwa kamu bukan robot pada kolom yang tersedia sesuai petunjuk yang disediakan.

download pdf Scribd

5. Tunggu beberapa detik. Jika sudah muncul tombol “Download PDF”, silahkan klik tombol tersebut.

klik untuk konversi ke PDF

6. Proses konversi URL dokumen Scribd tersebut ke dalam dokumen PDF membutuhkan waktu beberapa menit, sesuai dengan besarnya ukuran dokumen yang ingin didownload. Semakin kecil ukurannya, maka semakin cepat proses konversi tersebut.

7. Tunggu hingga muncul tombol “Continue” kembali. Lalu, tekan tombol tersebut seperti gambar di bawah ini.

klik untuk download Scribd

8. Selesai, sekarang kamu bisa mengakses dokumen tersebut dari Scribd secara offline tanpa harus membayar biaya langganan yang ditawarkan oleh mereka. Silahkan gunakan dokumen tersebut sebaik mungkin sesuai keinginan kamu. Jangan lupa untuk menyisipkan link URL dokumen Scribd tersebut ke dalam daftar pustaka kamu ya.

Cara download Scribd gratis di HP

Proses di bawah ini sebenarnya kurang lebih sama dengan apa yang seharusnya kamu lakukan di dalam PC. Perbedaannya, kali ini kamu harus menggunakan browser yang ada di HP kamu, entah itu Google Chrome, Opera, Firefox, Safari maupun browser lain yang kamu gunakan.

Silahkan ikuti langkah-langkah yang kurang lebih sama dengan yang di atas untuk download dokumen Scribd melalui HP.

Itulah dia 2 cara download Scribd melalui PC dan HP yang bisa kamu lakukan tanpa harus login dan bayar langganan terlebih dahulu. Sisanya, sebenarnya masih ada banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aksi yang sama. Namun, Docs Download sepertinya bagi saya sudah cukup buatmu.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment