iPhone adalah salah satu gadget dari brand ternama dengan harga yang nggak murah. Versi terbaru yang dikeluarkan oleh Apple pada tahun 2020 bulan Juni adalah iPhone SE 2020 yang memiliki tenaga Bionic A13, sebuah chip dengan performa yang sangat mumpuni.

Tentu, semua orang nggak mau kehilangan iPhone milik pribadinya. Selain mahal, ada banyak kenangan dan data penting yang tersimpan di dalamnya. Untuk mengatasi dan menjadi solusinya, artikel ini akan membahas mengenai tutorial cara melacak iPhone dengan mudah dan cepat.

Cara melacak iPhone yang hilang atau dicuri

Berikut adalah cara melacak iPhone yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi FindMy, dan iCloud.

Melacak iPhone dengan FindMy melalui Komputer

Cara ini bisa kamu lakukan jika koneksi internet di iPhone kamu yang hilang masih aktif, dan aplikasi FindMy sudah pernah diaktifkan.

Dimana tempat mengaktifkan aplikasi FindMy? Masuklah ke dalam “settings > Apple ID > Find My” seperti pada gambar di bawah ini.

temukan-findmy-di-iphone

Lalu, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut ini untuk melacak iPhone yang hilang:

cara melacak iphone di komputer
  • Buka laptop kamu, dan masuklah ke dalam website iCloud melalui link berikut ini: https://www.icloud.com/find
  • Masukkan Apple ID dan password milik kamu. Lupa password Apple ID kamu? Cari tahu cara reset password Apple ID disini.
  • Klik menu “All Devices“, lalu pilih “iPhone” milik kamu. Kini, kamu bisa melihat lokasi iPhone kamu.
  • Gunakan tombol yang ada di sebelah kanan untuk beberapa fungsi berikut:
    • Play Sound: Mengirim alarm dan membunyikan alarm di iPhone. Sehingga, lebih mudah untuk ditemukan.
    • Lost Mode: Mengirim perintah untuk mengunci iPhone dan memasukkan pesan ke iPhone ketika ada yang menemukan. Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi iPhone kamu yang hilang dicuri.
    • Erase iPhone: Menghapus perangkat iPhone di dalam Apple ID kamu.
  • Ketika iPhone kamu yang hilang sudah terhubung dengan koneksi internet, maka secara otomatis iPhone akan terkunci dengan password yang sudah kamu buat melalui fitur FindMy tersebut.

Selain menggunakan komputer, kamu bisa menggunakan iPhone milik temanmu untuk membantu mencari iPhone kamu yang hilang menggunakan aplikasi FindMy. Langkah-langkahnya kurang lebih sama dengan yang di atas.

Jika menggunakan tombol “Play Sound” saja kamu bisa mendengar alarm pada iPhone kamu, segeralah cari. Itu berarti, iPhone berada di sekitar kamu.

Jika alarm nggak terdengar sama sekali, gunakanlah tombol “Lost Mode” untuk mengunci perangkat dan menghapus semua akun yang terhubung di iPhone kamu, seperti Apple Pay, DANA, iCloud, dan sosial media yang lainnya.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment