TikTok adalah aplikasi populer untuk membuat video pendek kreatif hingga pada akhirnya bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Konsep utama dari alasan kenapa TikTok bisa digunakan untuk mencari uang adalah konsep pemasaran influencer.

Konsep influencer bisa digunakan oleh beberapa perusahaan dan brand untuk mempengaruhi calon pengguna untuk menjadi pengguna.

Di dalam artikel ini, akan dibahas 6 tips dan cara mendapatkan uang dari TikTok melalui langkah-langkah berikut ini.

5 Tips Utama Membuat Akun TikTok yang Menarik

Sebelum mencari tahu tentang cara mendapatkan uang dari TikTok, alangkah baiknya untuk menyiapkan akunnya dengan baik terlebih dahulu.

1. Pilih Tipe Konten (Niche) dari Akun TikTok yang Akan Dibuat

Fundamental pertama ketika orang-orang ingin membuat akun TikTok sebagai platform untuk mendapatkan uang adalah pemilihan tipe konten yang akan dibuat sehari-hari.

Tipe konten ini akan menjadi keunikan tersendiri bagi akun TikTok tersebut agar mudah menarik perhatian perusahaan/brand untuk menempatkan iklan.

Beberapa tipe konten yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan adalah sebagai berikut:

  • Hiburan.
  • Traveling.
  • Kuliner.
  • Parenting.
  • Olahraga.
  • Seni.
  • Musik.
  • Fashion.
  • Kecantikan.
  • Finance.
  • dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cari dan pilihlah tipe konten yang ingin kamu buat. Karena, dengan tipe konten yang sudah dikonsepkan, kamu akan lebih mudah untuk tetap konsisten membuat konten setiap hari. Konten yang unik inilah yang akan menjadi pondasi utama berbagai topik yang akan dibuat setiap hari.

Tidak ada tipe konten yang paling bagus. Tapi, tipe konten yang paling direkomendasikan adalah tipe konten yang sesuai dengan hobi dan minat kamu sehari-hari.

Sering lihat kenapa banyak akun TikTok dengan followers tinggi selalu membuat konten setiap hari? Alasan utamanya karena semata-mata mereka membuat konten yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. Hingga pada akhirnya mereka akan tetap konsisten dengan persona brand yang sudah dibangun.

2. Konsisten Membuat Konten yang Ingin Dilihat Orang Lain

Akun TikTok yang mudah digunakan untuk mencari uang adalah akun TikTok yang punya banyak followers. Dan jumlah followers yang tinggi dipengaruhi oleh seberapa banyak konten yang bisa dinikmati oleh pengguna TikTok.

Semakin banyak kamu membuat konten yang ingin dilihat oleh orang lain, semakin tinggi juga angka followers kamu.

“Content is King”, dan TikTok adalah aplikasi untuk membuat konten dalam bentuk video pendek kreatif yang dikombinasikan dengan gaya yang lebih mudah untuk dipahami dan tidak membosankan.

Agar bisa menjadi pemberi pengaruh (influencer) di sosial media memang membutuhkan banyak usaha yang konsistem. Konten yang kamu buat sangat direkomendasikan untuk tetap segar, baru, menarik, unik, dan up-to-date.

3. Gunakan Akun Creators dan Siapkan Profile yang Menarik

gunakan akun creators di tiktok
Sumber gambar: Digital Information World

Pada dasarnya, TikTok memberikan 2 pilihan tipe akun yang bisa dipilih saat orang-orang baru mau membuat akun. 2 tipe akun tersebut adalah Creators dan Business.

Tipe akun Creators adalah tipe terbaik untuk mendapatkan uang dari TikTok. Banyak artis, influencer, selebgram dan public figure yang lebih memilih tipe akun Creators.

Kemudian, persiapkan profile akun kamu menjadi lebih menarik, agar cara mendapatkan uang dari TikTok lebih mudah karena foto profile, dan bio kamu menarik perhatian calon pengiklan dan followers.

Gunakan foto profile, dan bio yang sesuai dengan tipe konten yang sudah dipilih. Bila tipe konten yang dipilih adalah kuliner, usahakan untuk tetap relate dengan culinary.

4. Dapatkan Followers yang Banyak

Ingat akun TikTok dengan username Sandys.ss? Dia memiliki lebih dari 13 juta followers di TikTok. Sandys.ss membuat konten dengan tipe kehidupan sehari-hari dengan kemasan yang unik, sehingga memiliki kemampuan untuk mendapatkan banyak followers.

Tentu ini bukan jalan yang mudah. Tapi, Sandys.ss dirasa memiliki formula unik yang bisa dia terapkan hingga akhirnya mendapatkan banyak followers, mulai dari melihat kebutuhan pasar, memahami keinginan pengguna, upload video berkualitas dan tetap konsisten.

Followers akan menjadi metriks yang dilihat oleh calon pengiklan untuk melihat seberapa besar biaya yang mereka butuhkan untuk membayar akun kamu untuk upload video promosi calon pengiklan.

Berikut ini adalah beberapa jalan pendukung untuk mendapatkan follower TikTok yang lebih banyak:

  • Download dan share video TikTok yang sudah dibuat ke akun sosial media yang lain, seperti Instagram, Twitter, Facebook, Youtube dan lainnya.
  • Kirim video TikTok kamu melalui WhatsApp.
  • Promosikan melalui blog.

Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Tetaplah berusaha mendapatkan jalan lain untuk mendapatkan lebih banyak followers.

5. Cantumkan Kontak Kolaborasi di Bio

Ketika akunmu sudah konsisten membuat konten dan mempunyai banyak followers, deklarasikanlah bahwa akun tersebut tertarik untuk berkolaborasi membuat akun promosi bersama brand dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Inilah awalmula kamu bisa menjalankan cara mendapatkan uang dari TikTok. Cantumkanlah kontak berupa email atau WhatsApp di dalam bio agar mudah dihubungi oleh perusahaan calon pengiklan. Tapi, tetap waspadalah terhadap penipuan yang sering terjadi di dunia maya.

6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Perjalanan membuat akun TikTok menjadi lebih unik, kreatif dan punya banyak followers telah dijalani. Kini saatnya kamu mengetahui 6 cara mendapatkan uang dari TikTok yang paling populer dan efektif. Daftar ini menjadi jawaban dari pertanyaan banyak orang tentang apakah TikTok menghasilkan uang.

1. Jadi Influencer Marketing

contoh influencer marketing di tiktok
Sumber gambar: TikTok @2beha10ribu

Salah satu jalan untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan menjadikan akun tersebut sebagai media untuk meng-influence followers agar menggunakan produk atau brand yang sedang dipromosikan.

Konsep seperti sama halnya seperti media sosial yang lainnya, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Ada banyak brand di Indonesia yang tertarik untuk memulai pemasaran melalui media KOL (Key Opinion Leader).

Hal tersebut terjadi karena influencer dipercaya memiliki pengikut yang loyal, dan akan mengikuti apapun produk yang digunakan olehnya. Sehingga, brand berharap followersnya akan menggunakan produk atau jasa tersebut juga.

Harga untuk satu postingan video pendek KOL bersama influencer sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah. Mahal murahnya tergantung dari banyaknya followers yang dimiliki dan insight yang didapatkan selama pemilik akun TikTok membuat konten.

Insight disini artinya adalah jumlah likes, komentar, dan share.

2. Konten Bersponsor

Konsep konten bersponsor sebenarnya mirip dengan menjadi influencer marketing. Hanya saja, konten bersponsor memiliki sedikit usaha yang lebih besar, dimana sponsor dari produk yang diiklankan akan diselipkan ke dalam konten secara halus.

Sehingga, followers yang awam dengan dunia digital marketing akan tidak sadar bahwa akun yang diikuti ternyata sedang mempromosikan sebuah barang atau jasa. Tapi, mereka sadar bahwa akun yang diikutinya tersebut ternyata menggunakan produk A. Jadi, mereka akan percaya bahwa produk A adalah produk yang bagus untuk digunakan.

Menarik, bukan membuat konten bersponsor? Sama halnya seperti harga dari konten bersponsor. Satu campaign (konten) bisa dihargai jutaan Rupiah.

3. Menjadi Brand Ambassador (BA)

Berbeda dengan konsep influencer marketing dan konten bersponsor, brand ambassador (BA) jauh lebih menarik. Secara pengertian, brand ambassador adalah istilah pemasaran untuk seseorang atau grup yang dipekerjakan dengan dikontrak oleh sebuah perusahaan.

Setelah akun TikTok kamu berhasil menjadi BA dalam sebuah brand, maka semua peralatan produksi, dan properti akan dibiayai oleh perusahaan pengiklan dengan konsekuensi harus dengan label nama brand itu.

Karena bekerjasama secara kontrak, maka tanggung jawab kamu sebagai BA akan jauh lebih besar daripada cara mendapatkan uang dari TikTok yang pertama dan kedua.

Kamu bertanggung jawab untuk selalu mempromosikan, menggunakan, ataupun membawa produk dari pengiklan tersebut dimanapun kamu membuat konten (tergantung dari kontrak yang disetujui).

4. Buka Donasi

Cara yang keempat adalah dengan membuka donasi dari followers. Cara ini sangat terbukti efektif ketika cara pertama hingga ketiga tidak bisa digapai.

Ada banyak platform dan aplikasi yang bisa digunakan untuk seseorang membuka kesempatan followersnya mendonasikan sejumlah uang, seperti Saweria dan SociaBuzz.

Enaknya, jika kamu menggunakan buka donasi sebagai cara untuk mendapatkan uang dari TikTok, kamu tidak terikat dengan brand apapun dalam setiap membuat konten. Kreatifitasmu tidak akan terbatas dan terganggu dengan pemikiran tentang bagaimana cara menyelipkan sebuah produk dalam satu konten video pendek di TikTok.

Saat ini, cara buka donasi memang belum banyak dipakai oleh pengguna TikTok. Youtube, Facebook, dan Twitch lah yang punya paling banyak akun yang buka donasi. Tapi, bisa dipercaya bahwa buka donasi bisa menjadi salah satu alternatif jalan untuk mencari uang di internet.

5. Jual Produk atau Jasa

Ketika kamu memiliki banyak followers di TikTok, artinya kamu memiliki banyak pengikut loyal yang akan mengikuti apapun tingkah laku, keseharian, hingga produk yang kamu gunakan.

Ini adalah kesempatan bagimu untuk suatu saat membuat sebuah produk ataupun jasa dan memasarkannya melalui akun TikTok tersebut.

Salah satu akun TikTok dengan followers tinggi yang sudah membuktikan cara mendapatkan uang dari TikTok dengan menjual jasanya adalah Devon Rodriguez. Dia adalah seniman yang pintar menggambar sebuah objek dan setiap kontennya dipromosikan melalui TikTok.

6. Rilis Musik

Kamu tertarik untuk membuat tipe konten musik di TikTok? Punya skill dan suara bagus? Inilah kesempatan kamu untuk merilis sebuah lagu.

Kok bisa? Ya, fenomena TikTok saat ini sudah mencetak cukup banyak nama baru di industri musik. Artinya, ada banyak bakat yang karirnya sukses menjadi seorang musisi hanya karena mereka berhasil mempromosikan personal brand mereka sebagai musisi melalui TikTok.

Inilah salah satu alasan kenapa kamu harus memilih tipe konten (niche) terlebih dahulu sebelum mulai mencari uang melalui TikTok.

Kesimpulan

Akhirnya sudah sampai ke penghujung artikel cara mendapatkan uang dari TikTok. Melalui artikel ini, diharapkan kamu bisa dengan mudah membuat konsep TikTok seperti apa yang akan dibuat untuk mencari uang di internet.

Konsisten, dan jumlah followers akan kunci kesuksesan sebuah akun TikTok untuk mendapatkan banyak uang.

Proses ini memang terlihat cukup panjang dan melelahkan. Tapi, proses panjang ini akan menjadi menyenangkan dan membuahkan hasil sesuai yang diinginkan bila kamu selalu happy dan konsisten membuat konten.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment