Konten. Viral. Gaul. Informasi, dan masih banyak lagi alasan lainnya kenapa banyak orang yang membuat akun Instagram.

Sebaliknya, ada banyak alasan juga kenapa mulai banyak orang tertarik untuk menghapus akun Instagram mereka, seperti merasa nggak produktif, banyak informasi hoax, terlalu banyak konten yang menurutnya nggak pantas dilihat maupun alasan yang lainnya.

Tapi, disini saya nggak akan membahas mengenai dampak positif dan negatifnya dari penggunaan Instagram. Sudah ada banyak blog dan konten kreator lainnya yang membahas hal ini, terutama di dalam film The Social Dilemma.

Disini saya hanya akan memberikan informasi mengenai cara menghapus akun Instagram, terlepas dari apapun masalah kamu dan apapun alasan kamu kenapa ingin bebas dari sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia saat ini.

Cara menghapus akun Instagram

Akun IG bisa kamu hapus dengan 2 cara yang berbeda.

Pertama, menghapusnya secara permanen. Kedua, menonaktifkannya untuk sementara waktu.

Opsi menonaktifkannya sendiri merupakan suatu fitur yang menurut saya menarik. Karena, kamu dapat mengaktifkannya kembali setelah hapus akun IG untuk sementara waktu.

1. Backup data (foto/video) akun Instagram kamu terlebih dahulu

Sebelum kamu benar-benar ingin menghapus atau menonaktifkannya, ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu foto dan video yang sebelumnya kamu pernah posting di dalam akun tersebut.

Nggak semua kenangan harus dihapus, kan?

Oke, untuk membackupnya, kamu perlu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuklah ke dalam profil Instagram kamu.
  • Klik tombol “Option (tiga garis horizontal di kanan atas)”. Kemudian pilih menu “Settings” dengan icon gear.
  • Masuk ke dalam menu “Security” dan pilihlah menu “Download Data”.
  • Pastikan terlebih dahulu email yang tercantum sudah benar dan bisa kamu akses. Kemudian klik tombol “Request Download”.

Pada proses ini, Instagram membutuhkan waktu paling lama 1×48 jam (sekitar 2 hari 2 malam) untuk mengirimkan data backup yang kamu minta ke dalam email yang tadi tercantum.

Kamu nggak perlu khawatir untuk menunggu hingga 2 hari. Karena, proses penghapusan akun IG sudah bisa kamu lakukan meskipun data yang tadi kamu request belum masuk ke dalam email.

2. Tutup akun Instagram sementara waktu

Alih-alih nggak ingin akun Instagram benar-benar terhapus dan nggak bisa diakses kembali, kamu bisa menggunakan fitur penutupan akun Instagram sementara waktu, atau biasa disebut dengan menonaktifkannya.

Nggak ada batasan waktu sampai kapan kamu bisa menonaktifkannya selagi kamu masih punya akses email dan nomor HP yang terdaftar di akun tersebut.

Foto, video, komentar, hingga profil kamu nggak akan lagi bisa dilihat oleh orang lain. Tapi, akun tersebut masih bisa dibuka kembali dengan cara login ulang.

Oke, untuk kamu yang mau tahu cara tutup akun IG dengan cara ini, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Bukalah akun Instagram kamu menggunakan peramban (browser) yang ada di laptop ataupun HP. Karena, menonaktifkannya akun IG nggak bisa dilakukan melalui aplikasi Instagramnya langsung.
  • Masuklah ke dalam menu “Profile” kemudian klik tombol “Edit Profile”.
  • Gulir ke bawah, temukan dan klik tombol “Temporarily disable my account” atau “Nonaktifkan akun sementara”.
  • Pilihlah alasan kenapa kamu ingin menonaktifkan akun tersebut.
  • Masukkan password dan klik tombol “Temporarily disable my account” atau “Nonaktifkan akun sementara”.

Setelah kamu konfirmasi penutupan akun IG sementara tersebut, semua foto, video, profil dan konten apapun yang ada di dalamnya akan disembunyikan dan nggak akan ada orang lain yang bisa melihat sampai kamu login lagi.

3. Hapus akun Instagram permanen

Sudah nggak punya pilihan lain dan nggak mau menggunakan Instagram lagi menggunakan akun itu?

Meskipun sedikit kecewa dengan pilihanmu. Saya tetap memberi tahu cara menghapus akun Instagram secara permanen ini.

Ingat, setelah kamu hapus akun Instagram itu, kamu nggak bisa mendaftarkannya kembali menggunakan nama dan username yang sama. Ini adalah kebijakan yang ditetapkan oleh Instagram bersama Facebook untuk memastikan keamanan data dan privasi.

Kalau tekad kamu sudah bulat setelah melihat konsekuensinya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk hapus akun IG secara permanen:

  • Bukalah akun Instagram kamu menggunakan peramban (browser) yang ada di laptop ataupun HP. Karena, penghapusan akun IG nggak bisa dilakukan melalui aplikasi Instagramnya langsung.
  • Setelah kamu login, tambahkan tab baru dan masuklah ke dalam alamat berikut: https://instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
  • Pastikan lagi kamu sudah login ke dalam akun yang benar-benar ingin dihapus.
  • Pilihlah salah satu alasan kenapa kamu ingin hapus akun IG itu.
  • Masukkan password dan klik tombol “Permanently delete my account” atau “Hapus akun saya secara permanen”.

4. Hapus aplikasi Instagram

Kamu benar-benar ingin menghilang dari Instagram, kan? Kenapa nggak hapus aplikasinya juga?

Ohh, tunggu, tunggu. Kamu masih punya akun yang lain?

Jangan lupa follow akun Instagram dibalikmeja dan andriyanto.r_ juga, ya…

Itu dia 4 cara menghapus akun Instagram secara permanen maupun sementara. Langkah paling penting adalah membackup datanya terlebih dahulu. Jadi, pastikan langkah ini sudah kamu lakukan, ya.

Ada cara menghapus akun Instagram lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment